Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 48, 49 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 48, 49 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 5 Halaman 48, 49 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru yang kami share ini silahkan teman-teman jadikan alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal yang ada pada buku siswa atau buku pelajaran. Dan semoga nilai yang di dapatpun akan lebih baik lagi.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47 yang mungkin sudah pernah teman-teman lihat dan gunakan untuk  menyelesaikan tugas sekolah. Jangan lupa untuk berbagi kepada teman lainnya yang juga membutuhkan kunci jawaban seperti ini.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 48, 49 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Mengerjakan tugas-tugas Sekolah yang diberikan oleh Guru sudah menjadi tanggung jawab teman-teman semua. Tugas yang diberikan akan menjadi salah satu penilaian Guru untuk menilai pemahaman teman-teman terkait materi yang telah diajarkan. Dan juga kami menghimbau untuk teman-teman pelajari kunci jawaban ini, agar nantinya pemahaman materi akan lebih mendalam dan ada persiapan untuk mengikuti ulangan harian atau ulangan akhir semester.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Di halaman 48, 49 ini mata pelajaran yang akan teman-teman pelajari ialah tematik bahasa Indonesia. Dimana teman-teman nantinya akan membaca dan menyimak sebuah dialog dan pada kahir materi teman-teman akan di tugaskan untuk menilai karakter dari masing-masing tokoh pada dialog tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langsung materi, soal-soal dan kunci jawabannya berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 48, 49

Di era globalisasi ini tentu saja kita perlu memiliki sikap percaya diri. Meskipun kita tidak memiliki beragam benda elektronik, kita tetap harus percaya diri! Simaklah kisah berikut !

Ayo Berdiskusi

Mainkan teks drama sederhana berikut di depan kelas.

Lani adalah siswa kelas 5 SD Nusantara. Ia dikenal sebagai anak yang pintar dan rajin membaca. Ia juga rajin sekolah dan selalu menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu. Nilai-nilai ulangannya selalu berada di atas rata-rata nilai teman-teman di kelas. Selain itu, ia juga sangat ramah, ceria, dan suka membantu teman-teman yang mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah.

Hingga pada suatu hari, Lani sedang memakan bekal sekolahnya di kantin sekolah, Beni datang mendekatinya.

Beni :
Lani, kuemu tampak enak, sini aku mau kuemu.

Lani :
Ini setengah saja ya, karena aku lapar, tadi pagi aku bangun kesiangan jadi tidak sempat sarapan.

Beni :
Sini bagi... pokoknya kau harus berikan kuemu! Lihat tuh baju seragammu sangat kumal, sepatumu juga sobek. Berikan kuemu!!

Lani tertegun mendengar perkataan Beni. Ia baru menyadari, bahwa dirinya memang hanya seorang anak miskin penjaja kue keliling. Ayahnya pekerja serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Lani memandangi sepatunya yang tampak mulai menganga, juga seragam sekolahnya yang tidak lagi terlihat warna aslinya.

Sejak hari itu, Lani kemudian menjadi anak yang pemurung, ia tampak selalu sedih dan tidak lagi bersemangat untuk pergi ke sekolah.

Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman dalam satu kelompok kecil.

1. Bagaimana karakter tokoh Lani dan Beni?
Karakter Lani adalah ceria, ramah dan murah hati. Sayangnya ia mudah berkecil hati, minder dan tidak percaya diri meski ia murid yang sangat cerdas. Sedangkan karakter Beni adalah egois, sombong dan angkuh dan tidak segan menghina kekurangan orang lain.
2. Bagaimana sikap Beni kepada Lani? Apa yang seharusnya Beni lakukan? Jelaskan dan berikan alasan!
Sikap beni kepada lani tidak terpuji, ia memaksakan kehendaknya dan kemudian menghina kekurangan Lani.
Yang seharusnya Beni lakukan adalah meminta dengan sopan apabila ia ingin mencoba kue milik Lani. Saat Lani hanya menyanggupi sepotong kue saja, Beni harusnya menyetujui dan berterima kasih sebab Lani sudah berkenan memberinya kue. Bukan malah egois meminta semua kue dan kemudian menghina Lani.
3. Bagaimana sikap Lani setelah Beni menghinanya? Apa yang sebaiknya Lani lakukan? Jelaskan dan berikan alasan!
Sikap Lani setelah dihina oleh Beni adalah berubah menjadi pemurung (padahal awalnya ia ceria), ia menjadi siswa yang minder dan berkecil hati karena kondisi ekonominya dan tidak lagi bersemangat untuk pergi ke sekolah. Yang sebaiknya Lani lakukan adalah tidak berkecil hati dan minder, ia harus fokus pada kelebihan yang ia miliki sebab ia siswa cerdas, rajin dan disiplin. Semua kelebihan yang ia miliki belum tentu dimiliki juga oleh siswa lainnya. Meskipun Lani kekurangan namun kelebihannya di sekolah membuat ia unggul dari siswa lain.
Tuliskan jawabanmu berdasarkan hasil diskusi kelompok. Kalian bisa saling berbagi jawaban dengan teman dari kelompok lain.

Diskusikan hasil akhir bersama guru di kelas.

Kita diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan dengan bakat serta potensi yang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan dan perbedaan ekonomi tersebut hendaknya tidak menjadi sumber perpecahan. Perbedaan tersebut juga tidak perlu mempengaruhi rasa percaya diri.

Terus berusaha, kenali potensi diri, kembangkan bakat yang dimiliki untuk menutupi kekurangan diri, serta selalu tampil percaya diri.

Hidup saling menghargai dan saling membantu tentunya akan menjadi modal untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kita.

Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 48, 49. Jangan lupa ya teman-teman untuk mempelajari kunci jawaban di atas yang sudah kami bagikan untuk teman-teman semunya. Dengan mempelajari soal-soal di atas, teman-teman akan siap dalam materi jika sewaktu-waktu ada ulangan harian atau ulangan akhir semester.

Setelah menyelesaikan tugas-tugas teman-teman jangan lupa juga ya untuk berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya yang pastinya juga sangat terbantu jika kunci jawaban ini bisa merka lihat. nah bantu kami dengan cara share atau bagikan artikel ini ke mereka ya. Untuk pertanyaan atau reques kunci jawaban silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact form, terima kasih.