Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4 Halaman 34, 35 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru yang kami posting ini, bisa teman-teman jadikan jawaban atau isian dalam mengerjakan soal-soal latihan. Maka dari itu silahkan selesaikan tugas dengan kunci jawaban yang sudah kami bagikan ini ya teman-teman.

Pada artikel kami yang lalu, kami sudah banyak berbagi kunci jawaban, dan terkahir yang kami bagikan yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 32, 33 yang juga mungkin sudah teman-teman lihat dan kerjakan. Kami berharap kunci jawaban tersebut bisa menjadikan nilai teman-teman semakin bagus lagi.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kami selalu mengingatkan teman-teman semuanya pada tiap postingan kami, untuk selalu mengerjakan tugas-tugas sekolah. Karena nilai yang di dapat pada tiap tugas harian, nantinya nilai ini akan sangat membantu untuk ditambahkan pada nilai akhir di raport. Maka dari itu, kerjakan dengan maksimal, tambahkan wajaban jika pada jawaban kami ini masih ada yang kurang. Pelajari juga jawabannya agar nantinya ada persiapan untuk mengikuti ulangan semester atau harian.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Di halaman 34, 35 untuk tema 4 pada kelas 6 ini teman-teman akan mempelajari diagonal bangun ruang. Dimana materi ini mengaitkan dengan materi sebelumnya. Dan juga materi ini sebelumnya sudah di pelajari pada halaman sebelumnya, jadi teman-teman lebih kepada mengulang atau mengingatkan kembali. Nah berikut ini silahkan teman-teman simak ya pembahasannya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 34, 35

Di era globalisasi dibutuhkan keterampilan dan kemampuan yang baik. Terus tingkatkan dirimu ya. Kamu pasti siap menghadapi era globalisasi.
Adakah barang-barang yang merupakan pengaruh dari era globalisasi di sekitarmu?
Iya ada, contohnya Kulkas, Air Conditioner, Dispenser dan lainnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Telepon genggam merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Coba perhatikan kardus pembungkusnya. Apa bentuknya?
Setelah memperhatikan bentuk dari kardus pembungkus Telepon genggam tersebut, bentuk kardusnya adalah bangun ruang balok.
Bisakah kamu menunjukkan diagonal bidangnya?
Sudutu diagonalnya adalah dari sudut kiri bawah ke arah sudut kanan atas. Dan sudut kiri atas ke sudut kanan bawah.
Ayo Mencoba
Kamu akan bekerja secara berpasangan untuk menemukan diagonal bidang dan diagonal ruang kubus.

Alat-alat yang dibutuhkan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut.
  • Gunting
  • Lem
  • Alat tulis
  • Spidol
  • Double tape/selotip/lem
Bahan-bahan
  • Lidi atau tusuk sate atau sedotan
  • Benang kasur
  • Kalender bekas
Ambillah kerangka kubus yang sudah kamu buat pada pertemuan kedua.

Bagaimana cara menemukan diagonal bidang pada kubus?
Cara menemukan diagonal bidang kubus adalah dengan cara menarik dari sudut satu ke sudut lainnya, misal dari sudut C tari ke sudut A. Begitulah cara menemukan garis diagonal bisang pada kubus.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Perhatikan bidang ABCD.
Ikatkan ujung benang wol pada sudut A
Tarik ujung lainnya pada sudut C.
Benang dari A-C adalah merupakan diagonal bidang.
Ada berapa diagonal bidang yang terdapat pada kubus? Jelaskan jawabanmu. Tulislah namanya pada kotak berikut.
Kubus adalah bangun ruang yang terdiri dari 6 buah bidang yang kongruen dan berbentuk persegi.
Kubus memiliki 12 rusuk yang sama panjang dan 8 buah titik sudut.
Diagonal bidang adalah garis yang menyilang pada salah satu bidang kubus atau garis yang menghubungkan dua buah titik sudut yang berhadapan dalam satu bidang).

Untuk menentukan jumlah unsur-unsur pada kubus perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH pada gambar.

Banyak diagonal bidang pada kubus ABCD.EFGH yaitu ada 12 diagonal bidang yaitu:
  • Pada bidang alas : AC dan BD
  • Pada bidang atas : EG dan HF
  • Pada bidang depan : AF dan EB
  • Pada bidang belakang : CH dan DG
  • Pada bidang samping kanan : CF dan BG
  • Pada bidang samping kiri : ED dan AH
Bagaimana cara menemukan diagonal ruang pada kubus?
Cara menemukan diagonal ruang pada kubus adalah dengan menarik garis dari sudut A-G, B-H, D-F, dan C-F.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Diagonal ruang pada kubus tersebut adalah garis AG, BH, DF, dan CE.
Jika kita tarik benang dari A ke G dan A ke C, maka akan dihasilkan bangun datar baru. Tahukah kamu apa nama bangun datar tersebut?
Ada berapa diagonal ruang yang terdapat pada kubus? Jelaskan jawabanmu.
Tulis namanya pada kotak berikut.
Nama dari bangun ruang tersebur adalah Bangun Ruang Persegi.
Banyak diagonal ruang pada kubus ada 4 diagonal, yaitu: ABCD.EFGH.
Diagonal ruangnya adalah AG,EC,BH,FD.
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus. Buatlah beberapa sketsa yang menunjukkan proses kamu mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kertas berpetak berikut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Tulis simpulanmu tentang sketsa yang telah dibuat.
Diagonal bidang adalah ruas garis yang menghubungkan antara dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu sisi atau bidang dalam kubus. diagonal bidang apabila digambarkan akan membentuk garis yang membelah sisi persegi dalam suatu kubus hingga membentuk dua potongan segitiga yang saling berhadapan.

Sedangkan diagonal ruang adalah ruas garis yang menghubungkan antara dua titik sudut yang saling berhadapan dengan dua sisi yang berhadapan dalam suatu ruang kubus.
Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 38, 39, 40. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Nah itulah teman-teman artikel yang dapat kami ulas terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35. Jangan lupa untuk belajar juga dari kunci jawaban yang kami bagikan ini. Agar nantinya jika di tanya guru dari jawaban yang sudah dibuat teman-teman dapat menjawabnya. Dengan belajar tetunya teman-teman juga dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan akhir semester maupun ulangan harian.

Yuk teman-teman, jangan hanya fokus mengerjakan tugas saja, namun luangkan waktu untuk berbagi pada teman lainnya, teman sekelas yang juga membutuhkan kunci jawaban ini. Silahkan teman-teman share ke mereka lewat sosial media atau gorup. Jika teman-teman ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact, terima kasih.