Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 41 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 41 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 5 Halaman 41 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru yang kami bagikan ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas Sekolah yang diberikan oleh Guru. Kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 yang mana kunci jawaban tersebut tentunya kami buat berdasarkan materi dan soal-soal yang ada pada buku siswa atau buku pelajaran. Jadi jangan ragu untuk teman-teman gunakan mengisi soal-soal yang ada.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 41 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Mengerjakan tugas-tugas sekolah, mengumpulkannya kepada guru sudah menjadi kewajiban teman-teman. Nilai yang di peroleh dari tugas-tugas ini akan dikalkulasikan guru pada akhir semester untuk nantinya di tambahkan ke nilai ulangan akhir semester. Maka dari itu kerjakan dengan benar, pilih jawaban yang tepat, pelajari juga jawabannya. Agar nilai yang di dapat bisa membantu nilai kahir.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Pada halaman 41 ini teman-teman akan mempelajari materi cara membuat poster. Nah materi ini sudah di pelajari juga pada tema dan halaman sebelumnya. Jadi tentunya teman-teman sudah paham dan mudah untuk di mengerti. Nah berikut kami ulas materi, soal dan kunci jawaban atau contoh posternya yang bisa teman-teman jadikan acuan atau jawaban dalam mengerjakan tugas nantinya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 41

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 41 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Jawaban:
Kerja sama dalam kebudayaan:

  • Meningkatkan kerja sama menanggulangi perkembangan jumlah penduduk di wilayah ASEN.
  • Meningkatkan kerja sama pencegahan dan penyalahgunaan nark*tika.
  • Memperkenalkan negara-negara anggota melalui sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
  • Mengadakan pekan film dan Festival Film.
  • Menyelenggarakan Festival Seni.
Manfaat bagi Indonesia:
  • Dengan kerja sama dibidang ini Indonesia akan mendapatkan manfaatnya yaitu bisa menanggulangi perkembahan jumlah penduduk, jika suatu saat jumlah penduduk di Indonesia sudah terlalu besar.
  • Dengan adanya kerja sama seperti ini manfaat bagi Indonesia akan sangat banyak sekali, terutama dalam pemberantasan jaringan nark*tika.
  • Kerja sama ini akan memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan Indonesia untuk studi ke luar negeri, dari sini Indonesia bisa belajar sistem pendidikan luar.
  • Kerja sama di bidang film atau festival film seperti ini akan memberikan manfaat Indonesia memperkenalkan film-film Indonesia ke luar negeri serta juga bisa memperkenalkan budaya, produk yang dimasukan pada unsur film tersebut.
  • Dengan melakukan kerja sama di bidang festival seni seperti ini Indonesia bisa memperkenalkan banyak kesenial tradisional maupun kebudayaan kepada luar negeri sehingga akan menambah daya tarik orang luar untuk berkunjung dan mempelajari kebudayaan Indonesia.
Di era globalisasi ini kita harus tetap mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Kebudayaan apa yang ada di tempat tinggalmu?
Untuk jawaban ini teman-teman dapat menuliskan kebudayaan pada masing-masing daerah. Sebagai contoh kami berikan salah satu kebudayaan yang ada di daerah tempat tingggal:
Kebudayaan Sunatan Masal.
Bagaimana perasaanmu jika kebudayaan tersebut dikenal oleh dunia?
Jika kebudayaan tersebut oleh dunia tentunya akan menjadi suatu kebanggan buat kami masyarakat yang ada di daerah tersebut.
Apa dampak yang kamu dan warga tempat tinggalmu rasakan jika warga dunia mengakui kebudayaan itu?
Dampak yang di rasakan oleh kami dan warga lainnya dengan terkenalnya kebudayaan tersebut atau diakuinya kebudayaan tersebut tentu akan berdampak kepada kunjungan masyarakat luar yang akan antusias dalam menyaksikan kebudayaan tersebut. Dengan banyaknya pengunjung, masyarakat setempat bisa memanfaatkan menjadi sebuah bisnis, misalnya berjualan, membuat cendera mata dan lain sebagainya.
Ayo Berkreasi
Buatlah poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat tinggalmu.
Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan mengenal kebudayaan daerahmu.
Jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Diskusikan terlebih dahulu langkah-langkah membuat poster.
Mintalah pendapat temanmu tentang poster yang kamu buat.
Pembahasan:
Langkah-langkah dalam membuat poster yaitu:
  • Tentukan subjek yang akan di jadikan poster.
  • Merumuskan pesan yang akan di sampaikan.
  • Menyusun kalimat yang jelas & singkat.
  • Memilih kata-kata dan gambar yang menarik dan mudah di ingat.
  • Menuliskannya dengan huruf besar dan paduan warna yang menarik.
Contoh Poster:

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 41 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 41 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Era globalisasi memberikan kesempatan kepada semua orang untuk terus mengembangkan dirinya. Era ini memberikan kesempatan yang seluasluasnya.

Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 42. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 41. Kami tentunya berharap semoga setelah teman-teman menyelesaikan tugas-tugas tersebut dan mengumpulkannya kepada guru. Nilai yang teman-teman dapatkanpun bagus, sehingga bisa menoling nilai akhir semester yang ada di raport teman-teman.

Setelah mengerjakan tugas-tugas teman-teman kami berharap teman-teman juga dapat berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya dengan cara share artikel ini ke mereka di sosial media atau group chat. Jika teman-teman ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kami melalui kolom komentar atau contact, terima kasih.