Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 5 Halaman 46, 47 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru kami yakin dengan kunci jawaban ini teman-teman akan terbantu. Dan dengan jawaban ini kami yakin teman-teman bisa mendapatkan nilai yang jauh lebih bagus. Karena semua jawaban ini kami buat berdasarkan materi pada buku.

Sebelumnya kami juga sudah berbagi kunci jawaban tema 4 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 42. Teman-teman mungkin sudah melihatnya atau belum melihatnya. Yang pasti jika soal-soal latihan di halaman tersebut masih dikumpulkan, silahkan teman-teman gunakan jawabnnya. Dan jangan lupa untuk berbagi kunci jawaban tersebut pada teman lainnya yang sama kelasnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Guru akan sangat senang jika teman-teman bisa mendapatkan nilai yang bagus pada tugas yang diberikan. Bukan hanya guru, namun orang tua juga akan sangat bangga. Nilai ini juga akan sangat membantu teman-teman dalam menaikkan nilai akhir semester di raport. Nilai-nilai dari tugas-tugas ini akan di kalkulasikan pada akhir semester.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Untuk materi-materi dan sola-soal latihan pada halaman 46, 47 ini teman-teman akan membahas atau mempelajari tentang Llistrik, kenapa materi lampu dan lainnya. Materi inipun sudah di pelajari pada halaman sebelumnya. Dan di akhir materi teman-teman akan mengerjakan soal-soal latihan. Untuk melihat materi, soal-soal latihan dan kunci jawabannya silahkan teman-teman simak pembahasannya di bawah ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 46, 47

Di era globalisasi sekarang ini, tentunya kita sering menyaksikan olahraga bela diri silat ditayangkan dalam acara-acara televisi. Namun, terkadang listrik di rumah tiba-tiba mati, atau yang biasa kita kenal dengan mati lampu. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Ayo Membaca
Amati gambar berikut dengan teliti, dan baca teks eksplanasi di bawahnya dalam hati.

Mengapa Mati Lampu?

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?
Topik atau gagasan utama pada bacaan diatas adalah peranan listrik sebagai sumber energi.
2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga?
Penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga kerumah warga adalah ketidaksiapan pembangkit listrik dan gangguan transmisi yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan listrik sehingga menyebabkan kabel dan komponen listrik lainnya rusak.
3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?
Cara mencegah terjadinya mati lampu yaitu membantu menjag komponen listrik agar tetap terpelihara dengan baik, dan menggunkan listrik dengan bijak.
Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman untuk mendapatkan jawaban
yang tepat dan lengkap.

Ayo Menulis
Tuliskan informasi tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut.
Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Paragraf 1
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.  Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan.

Paragraf 2
Penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga yaitu Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

Paragraf 3
Sebagai pengguna listrik dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu.
Kamu dapat membuat ilustrasi gambar sesuai dengan isi informasi pada setiap halamannya.
Setelah selesai, kamu dapat saling menceritakan isi gambar berserimu kepada teman-teman di kelas.

Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 48, 49. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47. Harapan kami dan teman-teman juga tentunya. Dari tugas-tugas yang dikumpulkan teman-teman bisa mendapatkan nilai terbaik, sehingga nantinya bisa membantu teman-teman dalam meningkatkan nilai di raport.

Yuk teman-teman, jangan lupa juga ya untuk berbagi kunci jawaban ini kepada teman-teman lainnya dengan cara bagikan artikel ini ke mereka. Agar semakin banyak lagi yang merasakan manfaat dari kunci jawaban ini. Naj jika teman-teman ada pertanyaan seputar konten pada blog ini silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact kami ya.