Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 5 Halaman 38, 39, 40 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan dan mengerjakan tugas-tugas yang di berika oleh guru. Dimana tugas tersebut tak alam lagi harus di selesaikan.

Sebelumnya kami juga sudah berbagi kunci jawaban untuk kelas 6 tema 4 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 34, 35. Yang mana kunci jawaban tersebut mungkin sudah teman-teman lihat dan gunakan untuk mengisi soal-soal latihan pada halaman sebelumnya. Dan kami berharap nilai yang di dapat teman-teman akan lebih baik tentunya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Sudah menjadi tugas teman-teman untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dan mengumpulkannya kepada guru. Nah dari tugas inilah guru bisa menila kemampuan teman-teman semua. Apa sudah memahami materi ajar atau belum. Dan dari nilai ini juga nantinya dapat membantu nilai pada akhir semester. Maka dari itu gunakan waktu dan kerjakan tugas dengan maksimal.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Pada materi kali ini dihalaman 38, 39, 40, teman-teman akan membahas atau mempelajari tentang batik Indonesia di era globalisasi, serta keja samanya. Nah setelah mempelajari materi, nantinya teman-teman akan mengerjakan soal-soal latihan. Kami sudah menyiapkan materi dan soal-soal latihan serta kunci jawabannya berikut ini silahkan teman-teman simak ya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 38, 39, 40

Di era globalisasi ini, Indonesia memegang peran yang sangat penting. Kebudayaan Indonesia yang mendunia membuat Indonesia semakin dikenal. Apa dampaknya bagi warga Indonesia? Ayo kita pelajari bersama.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Ayo Berlatih
Secara berpasangan, tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan.

Tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Apa tujuan awal pembuatan batik?
Tujuan awal pembuatan batik adalah dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara.
2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.
Yang saya ketahui tentang motif batik Indonesia adalah motif batik dibedakan berdasarkan area pembuatannya, yaitu batik pesisir dan batik pedalaman. Motif batik memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan.
3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?
Upaya yang dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional adalah
  • Dengan mengikuti pameran seni tradisonal yang diadakan di luar negeri.
  • Memberikan batik sebagai tanda mata kepada tokoh dunia yang berkunjung ke Indonesia.
  • Membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.
4. Tulis komentarmu setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia.
Komentar saya setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu warisan budaya Indonesia adalah sangat bangga dengan pengakuan tersebut dan ingin mempelajari dan meneruskan warisan budaya Indonesia agar terus berkembang dan tidak hilang begitu saja.
5. Tulis simpulanmu menggunakan 3 kalimat tentang bacaan tadi.
1. Batik merupakan warisan leluhur kita yang wajib dilestarikan.
2. Peminat batik indonesia diantaranya turis atau wisatawan asing manca negara yang menggunakan batik Indonesia.
3. Batik dari jaman ke jaman semakin berkembang pesat di seluruh dunia.
6. Jelaskan arti kata ‘mendunia’ pada teks tadi.
Ari kata mendunia adalah
Terkenal, menyebar ke seluruh dunia.
7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?
Kerja sama yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara adalah kerjasama dibidang budaya, seperti contoh belum lama ini pemerintah Indonesia melakukan presentasi batik di pameran kamboja.
8. Apa manfaat yang dirasakan ketika batik semakin dikenal?
Memiliki rasa bangga, karena batik merupakan khas dari daerah tertentu yang berasal dari khasnya indonesia. Batik juga adalah salah satu bahan yang populer dinegara tetangga ataupun negara kita. Jika populernya batik semakin meningkat maka negara kita akan dicap sebagai negara yang mempunyai karya-karya yang sangat bagus dan dinilai dengan negara bercap Internasional/ berkreativitas.
Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Jawab:
Kerja sama dalam kebudayaan:

  • Meningkatkan kerja sama menanggulangi perkembangan jumlah penduduk di wilayah ASEN.
  • Meningkatkan kerja sama pencegahan dan penyalahgunaan nark*tika.
  • Memperkenalkan negara-negara anggota melalui sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
  • Mengadakan pekan film dan Festival Film.
  • Menyelenggarakan Festival Seni.
Manfaat bagi Indonesia:
  • Dengan kerja sama dibidang ini Indonesia akan mendapatkan manfaatnya yaitu bisa menanggulangi perkembahan jumlah penduduk, jika suatu saat jumlah penduduk di Indonesia sudah terlalu besar.
  • Dengan adanya kerja sama seperti ini manfaat bagi Indonesia akan sangat banyak sekali, terutama dalam pemberantasan jaringan nark*tika.
  • Kerja sama ini akan memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan Indonesia untuk studi ke luar negeri, dari sini Indonesia bisa belajar sistem pendidikan luar.
  • Kerja sama di bidang film atau festival film seperti ini akan memberikan manfaat Indonesia memperkenalkan film-film Indonesia ke luar negeri serta juga bisa memperkenalkan budaya, produk yang dimasukan pada unsur film tersebut.
  • Dengan melakukan kerja sama di bidang festival seni seperti ini Indonesia bisa memperkenalkan banyak kesenial tradisional maupun kebudayaan kepada luar negeri sehingga akan menambah daya tarik orang luar untuk berkunjung dan mempelajari kebudayaan Indonesia.
Di era globalisasi ini kita harus tetap mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Kebudayaan apa yang ada di tempat tinggalmu?
Untuk jawaban ini teman-teman dapat menuliskan kebudayaan pada masing-masing daerah. Sebagai contoh kami berikan salah satu kebudayaan yang ada di daerah tempat tingggal:
Kebudayaan Sunatan Masal.
Bagaimana perasaanmu jika kebudayaan tersebut dikenal oleh dunia?
Jika kebudayaan tersebut oleh dunia tentunya akan menjadi suatu kebanggan buat kami masyarakat yang ada di daerah tersebut.
Apa dampak yang kamu dan warga tempat tinggalmu rasakan jika warga dunia mengakui kebudayaan itu?
Dampak yang di rasakan oleh kami dan warga lainnya dengan terkenalnya kebudayaan tersebut atau diakuinya kebudayaan tersebut tentu akan berdampak kepada kunjungan masyarakat luar yang akan antusias dalam menyaksikan kebudayaan tersebut. Dengan banyaknya pengunjung, masyarakat setempat bisa memanfaatkan menjadi sebuah bisnis, misalnya berjualan, membuat cendera mata dan lain sebagainya.
Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 41. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 38, 39, 40. Semoga dengan kami berbagi kunci jawaban seperti ini teman-teman bisa terbantu dalam mengerjakan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Yang mana tugasnya akan dikumpulkan segera kapada guru masing-masing.

Silahkan teman-teman bagikan kunci jawaban ini kepada teman lainnya jika memang dirasa bisa membantu teman lainnya. Dengan itu akan ada banyak yang terbantu dalam mengerjakan tugas dan bisa mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Jika teman-teman memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact ya, terima kasih.