Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 ini bisa menjadi solusi dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas adik-adik yang akan segera di kumpulkan ke guru. Kami membuat kunci jawaban ini sudah berdasarkan materi yang ada, jadi silahkan di lihat langsung.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 subtema 2, yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 93. Kunci jawaban itu juga kami sajikan untuk adik-adik berdasarkan materi pada buku paket atau buku siswa. Dan juga silahkan adik-adik bagikan pada teman sekelas lainnya dengan share artikelnya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97 Buku Tematik Kurikulum 2013

Sudah menjadi tugas adik-adik semuanya untuk menyelesaikan soal-soal ini dan mengumpulkannya kepada guru. Dimana setelah dikumpulkan tugas tersebut akan dikoreksi dan dinilai sesuai dengan benar yang di dapat. Nah nilai inilah yang menjadi tolak ukur guru untuk melihat kemampuan adik-adik dalam mempelajari materi. Maka dari itu, kerjakan dengan maksimal semua tugas yang ada, semoga nilai yang di dapatpun akan maksimal atau bagus.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami buat dan bagikan pada blog ini tak hanya kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja. Namun pada buku siswa juga terdapat jenis tugas lainnya, seperti hasil laporan pengamatan, membuat suatu karya, tugas pengamatan dan lain sebagainya. Tapi tenang saja, kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas-tugas tersebut. Dan jika adik-adik ingin melihat semua halaman dari soal-soal latihan yang ada pada tema 3 di kelas 3 ini, silahkan adik-adik buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Di Halaman 95, 97 ini adik-adik akan mempelajari materi tentang benda gas, ini melanjutkan materi pada halaman sebelumnya. Dan sama seperti materi sebelumnya untuk pembahsan yang sama, disini adik-adik akan melakukan percobaan, dimana pada akhir percobaannya adik-adik akan menulis hasil laporannya. Nah kami sudah menyiapkan semuanya, jadi silahkan di jadikan acuan saja untuk menyelesaukan tugas tersebut.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97

Ayo Mengamati

Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair?
Benda juga dapat berwujud gas.
Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara.
Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Percobaan 1.
Mengetahui Sifat Benda Gas
  • Lakukan secara berkelompok.
  • Alat dan Bahan
1. Kantong plastik bening
2. Balon
  • Langkah-Langkah Percobaan
1. Tiuplah balon sampai mengembang. Ikatlah mulut balon dengan karet.
2. Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Ikatlah mulut plastik dengan karet.
3. Amatilah bentuk balon dan kantong plastik tersebut. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik tersebut?

Lengkapi tabel berikut! Berilah tanda centang ( √ ) jika sesuai dengan sifat udara yang kamu amati!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97

Dari hasil percobaanmu, simpulkan sifat benda gas!
Benda gas mempunyai sifat
Benda gas bentuknya berubah sesuai tempatnya
Percobaan 2.
  • Lakukan secara berkelompok.
  • Alat dan Bahan
1. Benang secukupnya
2. Balon 2 Buah
3. Sebatang lidi atau kayu tipis
  • Langkah-Langkah Percobaan
1. Tiupkan udara ke dalam dua buah balon.
2. Tiupkan sampai kedua balon sama besar.
3. Ikat setiap balon dengan benang. Sisakan benang dengan panjang secukupnya.
4. Pada setiap ujung lidi atau kayu gantungkan satu buah balon yang telah terisi udara. Usahakan posisi lidi atau kayu tetap mendatar.
5. Perlahan-lahan, tusuklah sebuah balon yang berisi udara. Perhatikan udara yang keluar dari tempat yang ditusuk.
6. Letakkan tanganmu di dekat tempat keluarnya udara. Apakah yang terjadi?

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97

Apakah yang terjadi setelah satu balon ditusuk?
Tuliskan jawabanmu!
Yang terjadi setelah balon di tusuk adalah balon akan mengempas karena udara yang ada di dalam balon keluar melalui lubang.

Simpulkanlah sifat benda gas.
Benda gas mempunyai sifat
Benda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah
Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:
  • Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya).
  • Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.
Ayo Menulis

Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!
Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!
Benda gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya, dan benda gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Contoh benda gas yang dapat ditemui dalam keseharian diantaranya adalah asap kendaraan, awan, dan uap air.
Di atas merupakan kunci jawaban untuk tugas di Halaman 95, 97. Dan kami juga tentunya sudah memposting kelanjutan dari kunci jawaban ini untuk halaman berikutnya, nah silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 98, 99. Kunci jawaban tersebutpun kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku pelajaran siswa. Namun kami juga menyarankan untuk selalu mengecek kembali kunci jawaban yang ada, dan mencocokan ke soalnya, apakah sudah sesuai atau belum.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 95, 97 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Kalau adik-adik merasa dengan adanya kunci jawaban ini, adik-adik tertolong dalam menyelesaikan tugas sekolah, kami ingin adik-adik juga turut berbagi kunci jawaban ini pada teman-teman lainnya dengan share artikelnya. Nah untuk pertanyaan atau reques soal-soal , silahkan sampaikan pada kami ya.