Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 4 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan secara gratis untuk adik-adik bisa di jadikan bantuan untuk menyelesaikan semua tugas sekolah. Karena semua jawaban yang kami buat ini sudah berdasarkan materi-materi pada buku siswa atau buku pelajaran.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 subtema 2, yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 84, 85, 86. Dengan kunci jawaban tersebut kami yakin adik-adik akan sangat dimudahkan dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan semoga saja nilai yang di dapatpun akan semakin bagus lagi ya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90

Tugas-tugas yang diberikan oleh guru sudah menjadi tanggung jawab adik-adik untuk menyelesaikannya dan mengumpulkannya kepada guru. Maka dari itu, kami himbau untuk adik-adik selesaikan tugas tersebut, kerjakan dengan mengisi soal-soal tersebut dengan kunci jawaban yang kami bagikan ini. Dan jika dan jika ada kunci jawaban yang belum sesuai silahkan di tambahkan saja.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami buat dan bagikan pada blog ini tak hanya kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja. Namun pada buku siswa juga terdapat jenis tugas lainnya, seperti hasil laporan pengamatan, membuat suatu karya, tugas pengamatan dan lain sebagainya. Tapi tenang saja, kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas-tugas tersebut. Dan jika adik-adik ingin melihat semua halaman dari soal-soal latihan yang ada pada tema 3 di kelas 3 ini, silahkan adik-adik buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Jika pada materi yang lalu adik-adik sudah belajar tentang benda padat. Kali ini di halaman 89, 90 adik-adik akan mempelajari benda cair. Nah disini juga adik-adik akan melakukan percobaan dan menulis hasil atau jawaban dari percobaan tersebut. Nah kamipun disini sudah menyiapkan jawabannya, silahkan lihat pembahasannya berikut ini ya adik-adik.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90

Ayo Mencoba

Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup
oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.
Air adalah benda cair yang sering ditemui.
Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair.
Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?
Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.

Mengetahui Sifat Benda Cair
  • Lakukan secara berkelompok.
  • Alat dan Bahan
1. Air dan minyak goreng
2. Ember
3. Gelas
4. Kantong plastik
  • Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?
Benda cair mempunyai sifat
  • Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
  • Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
Ayo Bercerita
Kamu telah melakukan percobaan di atas.
Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair.
Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan  untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.
Di atas merupakan kunci jawaban untuk tugas di Halaman 89, 90. Dan kami juga tentunya sudah memposting kelanjutan dari kunci jawaban ini untuk halaman berikutnya, nah silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 93. Kunci jawaban tersebutpun kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku pelajaran siswa. Namun kami juga menyarankan untuk selalu mengecek kembali kunci jawaban yang ada, dan mencocokan ke soalnya, apakah sudah sesuai atau belum.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 89, 90 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Kami berharap adik-adik juga ikut serta dalam berbagi kunci jawaban ini pada teman lainnya ya, dengan cara share atau bagikan artikel atau postingan ini ke sosial media agar teman-teman lain yang sekelas bisa terbantu juga. Dan jika ada pertanyaan atau reques kunci jawaban lainnya, silahkan sampaikan pada kami melalalui kolom komentar atau contact ya, terim kasih.