Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 78, 81 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 78, 81 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku Halaman 78, 81 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi teman-teman semuanya dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang harus segera dikumpulkan kepada guru. Dan juga semoga dengan kunci jawaban ini nilai yang teman-teman dapatkan juga akan semakin bagus.

Pada postingan kami sebelum ini, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 74. Yang dapat teman-teman lihat juga serta teman-teman juga bisa berbagi kunci jawaban tersebut kepada teman lainnya dengan cara share artikelnya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 78, 81 Kurikulum 2013

Kami disini berbagi kumpulan lengkap kunci jawaban untuk semua kelas. Kunci jawaban yang kami bagikan sudah berdasarkan soal-soal latihan pada buku pelajaran. Bukan hanya tugas dari soal-soal latihan saja, namun kami disini juga berbagi jawaban dari tugas lainnya, seperti hasil laporan percobaan, contoh karya dan lainnya.

Lihat juga:
Dengan adanya kumpulan Kunci Jawaban Tematik ini, semoga akan memudahkan dan membantu teman-teman semuanya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, serta teman-teman lebih semangat lagi belajar mandiri di luar sekolah. Dan untuk melihat semua kunci jawaban untuk Tema 5 kelas 6 ini, teman-teman bisa melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Kurikulum 2013.

Untuk materi dan soal-soal pada halaman 78, 81 ini berkaitan dengan poster. Dimana nantinya teman-teman akan di hadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan seputar poster. Namun tentu teman-teman pasti masih ingat, karena materi tentang poster ini sudah dipelajari pada halaman sebelumnya. Nah silahkan teman-teman lihat langsung materi, soal dan kunci jawabannya berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 78, 81

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster.

Ayo, kita mengenal poster sebagai bagian dari reklame.

Ayo Mengamati
Amati poster berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 78, 81 Kurikulum 2013

Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok

1. Bagaimana pendapatmu tentang poster tersebut? Jelaskan!
Menurut pendapat saya tentang poster tersebut adalah poster tersebut sangat menarik sekali, dibuat dengan kreativitas dan dipadukan dengan motif seni menambah kecocokan dengan tema yang disampaikan serta pemilihan warna yang bagus pula.
2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster?
Keterampilan yang di perlukan untuk membuat poster adalah keterampilan menggambar, menulis, dan dibtuhkan kreativitas.
3. Bisakah kamu menduga langkah-langkah cara membuat poster tersebut? Jelaskan.
  • Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster tersebut ialah menyiapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna.
  • Selanjutnya membuat garis mendatar, garis ini untuk menulis judul poster pada bagian atas dan bawah.
  • Lalu membuat judul sesuai tema poster, dan menambahkan catatan kaki pada bagian bawah judul poster.
  • Kemudian baru mulai menggambar, mengisi bagian tenagh psoter, menggambar sesuai dengan motif yang dirancangkan.
  • Langkah terakhir adalah mulai mewarnai poster dengan warna yang sudah di tentukan sesuai dengan tema.
Ayo Berkreasi
Kamu telah mengamati contoh poster pameran batik dan gerabah Nusantara. Sekarang, kamu akan membuat poster tentang pameran seni tradisional yang disesuaikan dengan budaya daerahmu.
Namun sebelumnya, perhatikan langkah-langkah dalam mendesain poster pada halaman 79.

Sekarang, saatnya kamu merancang poster dengan menggunakan tangan.
Tuliskan rencanamu terlebih dahulu pada kolom berikut berdasarkan langkah-langkah di atas.
Rencana membuat poster
Tema poster : Seni Tradisional Budaya Bali
Renca dimulai dari pemilihan tema dengan judul tema poster yaitu Seni Tradisional Bali. Setelah memilih tema, selanjutnya menyiapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Setelah itu mulai membuat garis mendatar untuk nantinya digunakan sebagai garis membuat judul poster. Setelah judul selesai di tulis, kemudian mulai untuk menggambar poster pada babgian tengah kertas. Membuat motif sesuai dengan tema poster. Setelah selesai membuat motif dan rancangan, baru masuk ke tahap akhir, yaitu mulai mewarnai poster dengan warna yang sudah di pilih sesuai dengan tema.
Berikut ini adalah contoh dari hasil posternya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 78, 81 Kurikulum 2013

Gambar di atas merupakan gambar ilustrasi dari tugas yang dibuat. Teman-teman bisa menyesuaikan poster dengan seni tradisional di daerah teman-teman, selamat mencoba.

Diskusikan rencana yang telah kamu buat dalam kelompok. Mintalah saran dari teman-temanmu agar poster tersebut lebih menarik.
Kamu akan melanjutkan pembuatan poster di pertemuan berikutnya.

Sekian kunci jawaban yang dapat kami bagikan untuk teman-teman semua terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 78, 81. Semoga dengan adanya kunci jawaban ini nilai yang teman-teman dapatkan pada tugas-tugas sekolah akan semakin baik lagi.

Pada artikel selanjutnya, teman-teman dapat melihat kunci jawaban untuk halaman berikutnya, yang juga tentunya semua kunci jawaban sudah berdasarkan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban berikutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 83, 84, 86.

Jangan lupa untuk berbagi kunci jawaban ini kepada teman-teman yang lainnya ya, dengan itu akan ada banyak lagi teman-teman yang terbantu. Bagikan artikel ini ke teman-teman lainnya, dan jika ada pertanyaan atau saran silahkan sampaikan pada kami, terima kasih.