Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini bisa teman-teman gunakan untuk mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Dengan adanya kunci jawaban inisemoga teman-teman lebih semangat lagi dalam belajar dan bisa mendapatkan nilai lebih bagus lagi di sekolah.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65. Yang juga harus teman-teman lihat, karena tugas tersebut juga pastinya akan teman-teman kerjakan. Dan jangan lupa untuk berbagai pada teman lainnya, dengan share artikelnya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Kurikulum 2013

Semua kunci jawaban yang kami bagikan ini tentunya sudah berdasarkan soal-soal latihan dan tugas-tugas lainnya yang ada pada Buku Siswa. Jadi teman-teman tidak usah ragu untuk menggunakan kunci jawaban ini menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Silahkan dipakai, dan jangan lupa untuk share kunci jawabannya pada teman lainnya.

Lihat juga:
Dengan adanya kumpulan Kunci Jawaban Tematik ini, semoga akan memudahkan dan membantu teman-teman semuanya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, serta teman-teman lebih semangat lagi belajar mandiri di luar sekolah. Dan untuk melihat semua kunci jawaban untuk Tema 5 kelas 6 ini, teman-teman bisa melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Kurikulum 2013.

Untuk tugas pada halaman 69, 70, 71, 72, 73 ini materinya masih tentang wirausaha. Dimana pada materi kali ini akan dikesahkan kesuksesan seorang wirausaha. Kemudian di akhir materi teman-teman akan mengerjakan tugas. Nah untuk lebihjelasnya, silahkan teman-teman lihat langsung materi, soal-soal latihan dan kunci jawabannya di bawah ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 69, 70, 71, 72, 73

Ayo Membaca
Baca teks berikut dalam hati.

Kerajinan batik dan gerabah Kasongan adalah dua contoh wirausaha yang telah mengekspor produk ke luar negeri, khususnya ke negara-negara ASEAN.

Ekspor Batik Terus Meningkat


Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk batik hingga 2019 mencapai US$1,5 miliar (sekitar Rp22,07 triliun).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor produk batik cenderung meningkat setiap tahun. Pada Periode Januari-April 2015, nilai ekspor mencapai US$81,8 juta (sekitar Rp1,2 triliun).

Ekspor pada 2014 mencapai US$340 juta (sekitar Rp5 triliun). Jumlah itu meningkat 17% jika dibandingkan dengan ekspor 2013.

Batik Indonesia sudah diekspor ke berbagai negara ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura. Selain itu juga ke negara Amerika, Eropa, dan Australia.

Kasongan Bantul Ekspor Gerabah
Miliaran Rupiah per bulan

Kalangan perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu mengekspor berbagai macam kerajinan. Ekspor tersebut mencapai 80 kontainer per bulan atau setara dengan sekitar 6 miliar rupiah.

Berbagai kerajinan gerabah yang diekspor itu meliputi guci yang dibalut dengan kerang dan kaca, patung, hiasan luar ruangan dengan berbagai model, dan motif kembangannya.


Sentra kerajinan Kasongan memiliki ratusan perajin yang tersebar di lima pedusunan, dengan sekitar 200 perajin kualitas ekspor, termasuk lima perajin skala besar.

Pada periode 2008 sampai 2010 ekspor kerajinan memang cenderung turun, terutama ke Amerika dan Eropa, namun mulai 2011 dan setelahnya ekspor mulai meningkat bahkan mulai merambah ke Australia dan sebagian Asia.
  • Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?
  • Apakah kamu juga mengetahui komoditas yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia?
Carilah informasi untuk menjawab pertanyaan di atas. Laporkan informasi yang kamu temukan secara tertulis.
Presentasikan hasilnya pada pertemuan selanjutnya.
Jawab:
  • Komoditas lain yang di ekspor Indonesia ke berbagai negara ASEAN adalah Prduk Makanan, Kayu, Tekstil, Produk Berbahan Kulit, Komputer, Optik, serta Barang Elektroni, Getah karet, dan Biji Kopi dan Kopi.
  • Komoditas yang di impor dari berbagai negara ASEAN ke Indonesia adalah Beras, Jagung, Kedelai, Biji Gandum dan Meslin, Tepung Terigu, Gula Pasir, Gula Tebu, Daging Sejenis Lembu, Jenis Lembu, Daging Ayam, dan lainnya.
Ayo Membaca
Perhatikan gambar berikut. Apakah ada usaha yang menjual benda-benda berikut di sekitar tempat tinggalmu?

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Kurikulum 2013

Amati gambar di atas.
Apakah kamu bisa memprediksi yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet.
Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Kurikulum 2013

Buktikan prediksimu dengan melakukan percobaan.
Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan percobaan untuk mengetahui benda-benda magnetis dan nonmagnetis di sekitarmu.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Kurikulum 2013

Tulislah laporan percobaan pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73 Kurikulum 2013

Presentasikan hasil percobaan dalam kelompok.

Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis

Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis
Alat dan bahan :
- Magnet
- Pensil
- Peniti
- Karet gelang
- Paku
- Penjepit kertas
- Sisir
- Gunting
- Batu
- kayu
- Daun
- Kertas
- Kaca

Langkah-langkah :
1. Ambil magnet
2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian
3. Amati apa yang terjadi
4. Catat hasil pengamatan pada tabel
Hasil Percobaan :
1. Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan kaca tidak bisa ditarik oleh magnet.
2. Peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting dapat ditarik oleh magnet.

Kesimpulan :
Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan kaca termasuk benda nonmagnetis karena tidak bisa ditarik oleh magnet, sedangkan peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting termasuk benda magnetis karena dapat ditarik oleh magnet.
Tugas di rumah
Lakukan percobaan dengan benda-benda yang ada di sekitar rumahmu.
Tulislah laporan berdasarkan percobaan.

Nah itulah teman-teman kunci jawaban yang bisa kami bagikan terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73. Kerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru. Dengan itu semoga nantinya nilai yang di dapatpun bisa bagus dan bisa menambah nilai akhir di raport.

Pada artikel selanjutnya, teman-teman dapat melihat kunci jawaban untuk halaman berikutnya, yang juga tentunya semua kunci jawaban sudah berdasarkan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban berikutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 74.

Nah teman-teman semua, jangan lupa ya di bagikan atau share kunci jawaban ini dengan cara bagikan postingan ini ke teman-teman yang membutuhkan agar semakin banyak yang terbantu dengan adanya kunci jawaban ini. Jika teman-teman ada pertanyaan atau ingin reques kunci jawaban silahkan sampaikan pada kami ya, terima kasih.