Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku Halaman 63, 64, 65 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini kami bagikan semata-mata hanya untuk membantu teman-teman dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Dengan adanya kunci jawaban ini diharapkan teman-teman akan semakin giat dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah berbagi kumpula lengkap kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 1, terakhir yang kami posting adalah Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 61. Mungkin teman-teman juga sudah melihat kunci jawaban tersebut. Tak ada salahnya juga untuk teman-teman berbagi kunci jawaban tersebut kepada teman lainnya dengan cara share postingan tersebut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65 Kurikulum 2013

Kunci jawaban yang kami bagikan ini tentunya sudah berdasarkan soal-soal latihan atau tugas lainnya yang ada pada Buku Tematik Siswa kelas 6 Tema 5. Jadi silahkan teman-teman gunakan kunci jawaban ini dengan bijak. Dan berbagi juga pada teman lainnya, dengan share artikel ini ke teman-teman yang membutuhkan.

Lihat juga:
Dengan adanya kumpulan Kunci Jawaban Tematik ini, semoga akan memudahkan dan membantu teman-teman semuanya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, serta teman-teman lebih semangat lagi belajar mandiri di luar sekolah. Dan untuk melihat semua kunci jawaban untuk Tema 5 kelas 6 ini, teman-teman bisa melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Kurikulum 2013.

Materi dan soal-soal latihan pada halaman 63, 64, 65 pada Tema 5 Subtema 2 ini berkaitan dengan wirausaha yang ada di lingkungan sekitar. Teman-teman akan ditugaskan untuk mengamati dan menceritakan usaha-usaha yang ada di lingkungan sekitar. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat pada materi, soal dan kunci jawaban berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 63, 64, 65

Usaha apa saja yang ada di sekitarmu? Bagaimana usaha tersebut bermanfaat untuk dirimu dan orang lain di sekitarmu?

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65 Kurikulum 2013

Amati gambar dan tuliskan hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang kegiatan wirausaha pada gambar di atas dalam bentuk pertanyaan.
1. Usaha apa yang mereka jalani?
2. Bergerak dibidang apa usaha mereka?
3. Berasal dari manakah peralatan yang digunakan untuk usaha mereka?

Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan salah seorang teman. Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu.
Kesimpulan dari hasil diskusi:
Bahwa ada berbagai jenis wirausaha yang ada di sekitar kita. Dan wirausaha tersebut bergerak di banyak bidang. Serta setiap usaha yang ada akan berbeda peralatan yang digunakan untuk menunjang usaha tersebut. Dengan banyaknya wirausaha di sekitar kita, akan banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia, untuk menyerap tenaga kerja di sekitar kita.
Sebutkan usaha-usaha lain yang kamu temukan di lingkungan rumahmu.
Usaha yang ada di lingkungan rumahku adalah warung kelontong , warung makan, jasa cukur rambut, jasa cuci sepeda motor atau mobil, bengkel,  jasa fotokopi, jual aksesoris, jual sayur.
Apa manfaat yang kamu peroleh dari usaha-usaha tersebut?
Dengan adanya usaha-usaha yang berada di sekitar lingkunganku tentu akan banyak sekali manfaat yang di rasakan, anatar lain seperti:
Usaha fotocopy, dengan adanya usaha ini akan memudahkan kita saat ingin mengandakan dokumen, membeli ATK seperti alat tulis, kertas dan lainnya. Usaha cukur rambut, dengan adanya usaha ini tentunya kita akan lebih dekat untuk bercukur rambut, agar penampilan kita terlihat rapi. Usaha bengkel motor, manfaat yang dirasakan dengan adanya usaha ini adalah kita akan terbantu sekali misalkan ada kerusakan pada sepeda motor kita atau ingin sekedar melakukan perawan atau servis pada motor kita.
Perhatikan kembali gambar usaha fotokopi, pangkas rambut, dan bengkel sebelumnya.
Sumber daya dan peralatan apa saja yang digunakan dalam usaha-usaha di atas? Jelaskan.
  • Sumber daya yang digunakan dalam wirausaha di atas adalah manusia, merupakan orang-orang yang terliba dalam wirausaha.
  • Peralatan merupakan segala sesuatu  yang digunakan untuk menunjang jalannya usaha. Misal mesin fotocopy, mesin cukur, alat bengkel dan onderdil.
  • Cara kerja merupakan serangkaian langkah-langkah yang di ambil dalam menjalankan usaha, berupa keterampilan dan prosedur kerja.
Apakah seluruh sumber daya dan peralatan yang digunakan hanya berasal dari dalam negeri? Jelaskan.
Sumber daya yang digunakan tidak semuanya berasal dari alam negeri. Misalnya saja mesin fotocopy berasal dari luar negeri, mesin cukur, peralatan bengkel dan onderdil kendaraan bermotor berasal dari luar negeri.
Apakah ada peralatan yang didatangkan dari negara lain? Jelaskan.
Ada, seperti yang sudah di jelaskan di atas, contoh peralatan yang di datangkan dari negra lain adalah mesin fotocopy, alat cukur, peralatan bengkel, onderdil sepeda motor. Ini semua di datangkan dari luar negeri, karena memang di dalam negeri peralatan seperti ini tidak tersedia atau tidak di produksi. Dan memang sebagian peralatan tidak bisa di produksi di dalam negeri, karena merupakan hak dari prusahaan tertentu.
Dalam menjalankan roda perekonomian, suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Namun, diperlukan kerja sama dengan negara lain. Salah satu contohnya adalah kerja sama di antara negara-negara ASEAN.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65 Kurikulum 2013

Mari kita ambil contoh sederhana dari usaha yang terdapat pada gambar tadi, yaitu usaha pangkas rambut. Untuk menjalankan usaha tersebut, sumber daya yang digunakan bisa berasal dari dalam negeri, misalnya sumber daya manusia, kursi, dan meja. Namun, ada juga sumber daya yang berasal dari luar negeri, misalnya mesin cukur dan peralatan lainnya.

Begitu pula dengan usaha fotokopi dan bengkel. Sebagian sumber daya ada yang berasal dari dalam negeri, dan ada pula yang didatangkan dari luar negeri, seperti mesin fotokopi dan suku cadang untuk kendaraan bermotor.

Kegiatan mendatangkan atau memasukkan barang dagangan atau komoditas dari luar negeri disebut mengimpor.
Kegiatan mengirim barang dagangan atau komoditas ke luar negeri disebut mengekspor.

Nah itulah teman-teman pembahasan kunci jawaban yang dapat kami share ke teman-teman semua terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 63, 64, 65. Semoga nilai-nilai tugas teman-teman akan semakin bagus nantinya sehingga bisa membantu nilai akhir pada raport.

Pada artikel selanjutnya, teman-teman dapat melihat kunci jawaban untuk halaman berikutnya, yang juga tentunya semua kunci jawaban sudah berdasarkan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban berikutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 69, 70, 71, 72, 73.

Jangan lupa ya teman-teman untuk saling berbagi kunci jawaban ini pada yang lainnya dengan cara share artikel ini ke sosial media atau group chattingan Anda. Jika teman-teman memiliki pertanyaan, saran silahkan samapaikan pada kami ya.