Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 84, 85 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Kelas 6 (VI) Semester 1 ini kami ulas dan bagikan semata-mata untuk memudahkan teman-teman dalam mengerjakan semua tugas-tugas atau soal-soal yang ada pada buku pelajaran. Dan dengan adanya kunci jawaban seperti ini, semoga bisa juga menjadi bahan belajar teman-teman. Sehingga saat ulangan teman-teman sudah memiliki persiapan untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

Nah sebelumnya teman-teman, kami juga sudah berbagi kunci jawaban yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 80, 81, 82. Mungkin saja kunci jawaban tersebut sudah teman-teman lihat. Jika benar, jangan lupa juga untuk berbagi kunci jawaban tersebut kepada teman sekelas lainnya yang juga membutuhkan kunci jawaban ini untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Agar mereka juga bisa merasakan manfaat dari kunci jawaban ini. Selain itu kunci jawaban ini bisa teman-teman jadikan bahan belajar di rumah juga.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85

Semua kunci jawaban ini kami siapkan untuk teman-teman semua yang sedang sibuk-sibuknya mengerjakan soal-soal latihan pada buku pelajaran atau buku siswa tematik. Karena kami juga tahu di buku tematik kurikulum 2013 ini, memang sebagian kunci jawaban tidak ada jawabannya pada materi di buku. Teman-teman harus mandiri mencari jawaban di luar buku. Maka dari itu, kami disini berbagi kunci jawaban, semoga saja dengan jawaban yang kami bagikan ini dapat menghemat waktu teman-teman dalam mencari jawaban.

Lihat juga:
Kami selalu menyampaikan pada setiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 ini tidak lain hanya untuk membantu teman-teman semua dalam menyelesaikan tugas sekolah, yang mungkin ada sebagian kunci jawabannya sulit di cari pada buku pelajaran. Tidak hanya kunci jawaban dari soal-soal latihan saja, namun kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas lainnya, seperti hasil laporan, pengamatan, contoh poster dan lainnya. Untuk melihat kunci jawaban dari tugas-tugas pada tema 4 kelas 6, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6.

Materi yang akan teman-teman pelajari kali ini cukup sensitif sekali. Mungkin teman-teman sudah pernah mendengarnya, namun belum pernah membahas topik ini lebih dalam lagi. Ya, N*rkoba, teman-teman akan mengulas pembahasnya pada halaman 84, 85 ini. Teman-teman akan membaca dan menyimak sebuah bacaan dan mengerjakan soal-soal latihan pada akhir materi, silahkan di lihat materi, soal-soal, dan kunci jawabannya berikut ini ya teman-teman.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85

Era Globalisasi membawa dampak positif dan negatif bagi suatu negara. Bagaimana Negara Indonesia menyikapi dampakdampak negatif yang ditimbulkan? Apakah ada kerjasama dengan negara lain dalam mengatasinya?

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut.

Masyarakat ASEAN Bebas N*rkoba

Era globalisasi memberi kemudahan masyarakat dalam hal komunikasi dan transportasi. Seakan menjadikan dunia tanpa batas. Hal ini juga meningkatkan peredaran dan perdagangan N*rkoba di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85

Meningkatkannya kejahahatan N*rkoba akan mengancam keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia bekerja sama dengan negaranegara ASEAN menyusun langkah-langkah dalam mencapai “ASEAN Drug Free 2015”. Semua negara saling menukar informasi dalam hal rehabilitasi, pencegahan, dan penegakan hukum tentang masalah N*rkoba.

(diolah dari berbagai sumber)

Diskusikan pertanyaan berikut.

1. Apa itu N*rkoba?
N*rkoba adalah singkatan darin*rkotika dan ob*t/ bahan berbahaya. Selain "N*rkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah N*pza yang merupakan singkatan dari n*rkotika, psik*tropik*, dan zat ad!ktif.
2. Mengapa peredaran N*rkoba semakin meluas?
Karena semakin banyaknya pecandu N*rkoba dan semakin banyaknya pengedar N*rkoba yang belum tertangkap pihak yang berwenang.
3. Apa dampak penggunaan N*rkoba bagi pengguna?
Dampaknya sangat buruk, bahkan yang terburuk dapat menyebabkan kematian. Dan bisa terserang virus HIV.
4. Apa dampak penggunaan N*rkoba bagi keluarga pengguna?
Memalukan keluarga, dikucilkan masyarakat, dan membebani keluarga karena pengguna akan meminta bahkan m*ncuri uang demi membeli N*rkoba.  Apabila pengguna terserang HIV Keluarga sekitar rawan akan tertular.
5. Apa dampak penggunaan N*rkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna?
Masyarakat dapat ikut terpengaruh untuk mencoba N*rkoba, masyarakat bisa terancam ketika pengguna mengemudikan kendaraan di bawah pengaruh N*rkoba (kecelakaan), dan meningkatkan kasus pencurian akibat pengguna melakukan segala cara untuk membeli N*rkoba.
6. Apa dampak penggunaan N*rkoba bagi bangsa Indonesia?
Indonesia akan kehilangan penerus bangsa, Indonesia memiliki generasi penerus yang tidak bermutu, meningkatnya kasus kriminal, dan bahkan bangsa Indonesia bisa hancur.
7. Mengapa negara-negara ASEAN merencanakan “ASEAN Dr*g Free 2015”?
Untuk mewujudkan kawasan Asia Tenggara yang bebas N*rkoba.
8. Apa saja peran Indonesia untuk mewujudkan ASEAN Dr*g Free 2015?
Membuat undang-undang tentang hukum penyalahgunaan N*rkoba, mengadakan sosialisasi bahaya N*rkoba ke sekolah maupun ke masyarakat, dan menggiatkan upaya BNN dalam memberantas korupsi.
9. Mengapa peran Indonesia dalam mewujudkan ASEAN Dr*g Free 2015 sangat penting?
Karena, pada dasarnya Indonesia dan negara-negara ASEAN harus bekerja sama agar tujuan tersebut terwujud. Indonesia termasuk salah satu pasar perdagangan N*rkoba sehingga pencegahan serta pemberantasan sangatlah penting.
10. Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penggunaan N*rkoba?
Kita harus benar-benar menolak N*rkoba, tidak ingin memakai N*rkoba meski untuk coba-coba, dan merasa takut dampak negatif N*rkoba.
11. Bagimana kalian menyikapi, jika ada orang yang menawarkan N*rkoba kepada kalian?
Menolaknya dengan tegas.
Presentasikan hasilmu di depan kelas.

Untuk postingan kami berikutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya. Untuk melihat kunci jawabannya silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 86. Kunci jawaban tersebut juga kami buat berdasarkan materi-materi pada buku pelajaran, jadi silahkan teman-teman gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah.

Cukup sampai disini ya teman-teman ulasan kami terkait Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 84, 85 Kurikulum 2013 Revisi. Semoga kunci jawaban di atas bisa menjadi solusi untuk teman-teman semua dalam mengisi soal-soal latihan yang sulit di cari jawabannya. Dan dengan ini semoga nilai yang di dapat juga akan lebih bagus lagi, sehingga teman-teman lebih semangat juga dalam belajarnya.

Kunci jawaban di atas memang akan membantu teman-teman dalam mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku siswa atau buku pelajaran. Apalagi jika soal-soalnya cukup sulit, teman-teman bisa belajar juga dari kunci jawabannya. Kami juga mengajak teman-teman untuk bisa berbagi kepada teman sekelas lainnnya, yang juga sangat membutuhkan kunci jawaban seperti ini, oke teman-teman, terima kasih.