Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 75, 76 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Kelas 6 (VI) Semester 1 ini kami share untuk memudahkan teman-teman dalam menyelesaikan semua tugas-tugas sekolah yang kemungkinan dari soal-soalnya sudah untuk menemukan jawabannya. Dan kami berharap jawaban ini bisa memabantu meningkatkan nilai teman-teman dalam tugas harian.

Pada artikel kami yang lalu, kami sudah berbagi juga kunci jawaban untuk tema 4 kelas 6 ini, yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 72, 73. Kami rasa teman-teman juga sudah melihatnya dan menjadikan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal latihan yang ada. Jika iya, jangan lupa untuk berbagi juga pada teman sekelas lainnya dengan cara bagikan postingan ini ke mereka.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76

Selain mengerjakan tugas-tugas sekolah seperti ini. Kami juga menghimbau kepada teman-tema semua untuk selalu memanfaatkan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah. Karena belajar dengan kunci jawaban seperti ini akan memudahkan teman-teman dalam memahami materi yang ada. Jadi jangan sia-siakan waktu teman-teman. Gunakan dengan sebaik mungkin, semoga saja pada saat ulangan harian maupun ulangan semester, nilai yang teman-teman dapat bisa lebih baik lagi.

Lihat juga:
Kami selalu menyampaikan pada setiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 ini tidak lain hanya untuk membantu teman-teman semua dalam menyelesaikan tugas sekolah, yang mungkin ada sebagian kunci jawabannya sulit di cari pada buku pelajaran. Tidak hanya kunci jawaban dari soal-soal latihan saja, namun kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas lainnya, seperti hasil laporan, pengamatan, contoh poster dan lainnya. Untuk melihat kunci jawaban dari tugas-tugas pada tema 4 kelas 6, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6.

Di halaman 75, 76 ini masih terkait dengan materi globalisasi, namun kali ini teman-teman akan menyimak dan membaca sebuah bacaan yang berjudul globalisasi, bermanfaat atau tidak?. Pada akhir materi, seperti biasam teman-teman akan di tugaskan untuk menjawab dan megerjakan soal-soal latihan. Yep, seperti biasa, kami sudah mempersiapkan materi, soal-soal dan kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat langsung ya, di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76

Apakah globalisasi selalu memberikan manfaat yang positif? Apa sikap yang harus kita kembangkan untuk menyikapi era globalisasi ini?

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.

Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.

Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76

Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda-mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!

Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa saja dampak positif dari globalisasi?
Berikut ini merupakan beberapa dampak positif dari globalisasi:
  • Sistem pemerintahan semakin terbuka dan demokratis
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri
  • Meningkatkan produktivitas kerja masyarakat
  • Mendorong peningkatan gerak sosial masyarakat
2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?
Ada beberapa dampak negatif dari globalisasi, diantaranya:
  • Memudarnya rasa nasionalisme
  • Memudarnya rasa cinta terhadap produk-produk dalam negeri
  • Munculnya kesenjangan ekonomi
  • Memudarnya nilai-nilai sosial masyarakat
  • Munculnya benturan budaya
3. Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?
Karena dengan masuknya budaya asing di era globalisasi seperti ini dapat mempengaruhi budaya bangsa. Budaya asing ini dapat diadopsi menggantikan budaya asal atau melebur dan berpadu menghasilkan budaya baru dalam proses akulturasi.
4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?
Globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita karena di era globalisasi rentan kebudayaan negatif masuk yang tidak bagus untuk di ikuti.
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?
Yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globalisasi adalah memiliki pendirian kuat, dapat memilah yang baik dan benar, mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa, dan belajar dengan rajin agar tidak mudah terjerumus kedalam budaya yang negatif.
6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76

Memegang teguh nilai luhur bangsa. Itulah yang harus kita lakukan di era globalisasi ini.

Untuk postingan kami berikutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya. Untuk melihat kunci jawabannya silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 78, 79, 80. Kunci jawaban tersebut juga kami buat berdasarkan materi-materi pada buku pelajaran, jadi silahkan teman-teman gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah.

Oke teman-teman, cukup sampai disini pembahasan kami terkait Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76 Kurikulum 2013 Revisi. Pelajari juga ya teman-teman kunci jawaban yang kami bagikan tersebut, karena dengan teman-teman belajar, akan ada materi yang diingat nantinya. Jadi pas waktu ulangan teman-teman bisa mengerjakan soal-soal tanpa harus menyontek teman lainnya. Dan kami berharap juga teman-teman bisa berbagi ke teman sekelas lainnya.

Teman-teman jangan lupa juga ya untuk berbagi kepada teman sekelas lainnya kunci-kunci jawaban ini. Agar mereka juga bisa terbantu dalam mengerjakan atau mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku siswa atau buku pelajaran. Dan misalkan teman-teman ada pertanyaan atau ingin reques kunci jawaban lainnya yang belum ada di blog ini, silahkan sampaikan pada kami melalui laman contact, atau komentar langsung ya.