Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 78, 79, 80 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Kelas 6 (VI) Semester 1 ini kami sediakan lengkap untuk teman-teman semua. Sebagai alternatif jawaban buat teman-teman dalam mengisi dan menyelesaikan soal-soal latihan pada buku pelajran yang mungkin bagi teman-teman soalnya cukup sulit untuk di selesaikan.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi kunci jawaban tema 4 kelas 6, terkahir yang kami posting adalah Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 75, 76. Mungkin kunci jawaban sudah teman-teman lihat dan mungkin saja hasil yang di dapat dari tugas sebelumnya bagus, kami berharap seperti itu, jadi apa yang kami bagikan pada blog ini bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80

Tema 4 ini merupakan tema yang di pelajari pada semester 1, yang mana setelah selesai mempelajari materi pada tema ini, teman-teman akan melanjutkan kek tema berikutnya, yaitu tema 5. Yang mana tema 5 menjadi tema terkahir yang di pelajari pada semester 1. Nah kunci jawaban yang kami bagikan ini bisa juga teman-teman manfaatkan untuk bahan belajar. Karena belajar dari soal-soal latihan yang sudah ada kunci jawaban seperti ini akan lebih mudah. Jadi sialhkan teman-teman manfaatkan soal-soal ini.

Lihat juga:
Kami selalu menyampaikan pada setiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 ini tidak lain hanya untuk membantu teman-teman semua dalam menyelesaikan tugas sekolah, yang mungkin ada sebagian kunci jawabannya sulit di cari pada buku pelajaran. Tidak hanya kunci jawaban dari soal-soal latihan saja, namun kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas lainnya, seperti hasil laporan, pengamatan, contoh poster dan lainnya. Untuk melihat kunci jawaban dari tugas-tugas pada tema 4 kelas 6, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6.

Materi tematik kurikulum 2013, seperti yang sudah kita tahu, pelajarannya akan berkaitan satu sama lain. Tak terkecuali dengan materi pada halaman 78, 79, 80 ini. Materi yang akan teman-teman pelajari ialah tentang volume suatu bangun ruang gabungan. Materi ini sudah teman-teman pelajari sebelumnya, namun disini lebih mengingatkan kembali. Dan berikut ini silahkan teman-teman simak saja pembahasannya yang sudah kami siapkan untuk teman-teman.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80

Ayo Mencoba

Globalisasi membawa manfaat sehingga kita bisa mengenal mainan dari negara lain seperti rubik. Masih ingatkan kamu dengan mainan rubik? Mainan gabungan dari kubus-kubus.
Jika ada dua rubik digabungkan bisakah kamu menemukan volumenya?

Sekarang, kamu akan melakukan eksplorasi menemukan volume gabungan.

Alat dan bahan yang diperlukan:
  • Dua bangun kubus berukuran sama dan balok dengan ukuran seperti gambar.
  • Satu kantung pasir

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80

Ikuti langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
  • Masukkan pasir ke dalam Bangun 1 hingga penuh.
  • Masukkan pasir ke dalam Bangun 2 hingga penuh.
  • Pindahkan pasir dari Bangun 1 dan Bangun 2 ke dalam Bangun 3.
Apakah semua pasir dari Bangun 1 dan Bangun 2 dapat mengisi ruang di dalam Bangun 3? Apakah terdapat sisa pasir yang tidak dapat masuk ke dalam Bangun 3? Jelaskan.
Ya, semua pasir masuk ke Bangun 3 tanpa sisa karena jumlah volume Bangun 1 dengan Bangun 2 sama dengan volume Bangun 3.
Lakukan sebaliknya. Pindahkan pasir dari bangun 3 ke bangun 1 dan 2.
Apakah semua pasir dari Bangun 3 dapat mengisi ruang di dalam Bangun 1 dan 2? Apakah terdapat sisa pasir yang tidak dapat masuk ke dalam Bangun 1 dan 2? Jelaskan.
Ya, semua pasir masuk ke dalam Bangun 1 dan 2 tanpa sisa karena volume Bangun 3 sama dengan jumlah volume Bangun 1 dengan Bangun 2.
Jika kamu perhatikan dengan saksama, Bangun 3 dibuat dengan menggabungkan Bangun 1 dan Bangun 2 (digabungkan pada sisi FGCBBangun 1 dan sisi EHDA-Bangun 2).

Berdasarkan kegiatan yang kamu lakukan tadi, bagaimana hubungan antara volume 1, 2, dan 3?
Volume bangun 3 merupakan gabungan volume bangun 1 dan volume bangun 2.
Bangun 1 = Bangun 2 = ½ x Bangun 3
Bangun 3 = 2 x Bangun 1 = 2 x Bangun 2
Mari kita buktikan hubungan volume antara Bangun 1, Bangun 2, dan Bangun 3 dengan menghitungnya.

Hitunglah volume Bangun 1.
Volume = s² = 6² = 216 cm³
Hitunglah volume Bangun 2.
Volume = s² = 6² = 216 cm³
Hitunglah volume Bangun 3.
Volume = p x l x t =  12 x 6 x 6 = 432 cm²
Apa hubungan antara volume ketiga bangun tersebut?
Volume bangun 3 sama dengan volume gabungan dari bangun 1 dan bangun 2.
VB1 = VB2 = ½ VB3
VB3 = 2 VB1 = 2 VB2
Berdasarkan kegiatanmu tadi, dapat disimpulkan bahwa:
Volume bangun gabungan merupakan jumlah dari volume bangun-bangun pembentuknya.
Sekarang, coba kamu tunjukkan cara menemukan volume bangun ruang gabungan dengan cara yang berbeda. Berpikirlah dengan kreatif ya.
Cara menemukan volume bangun ruang gabungan adalah menghitung salah satu volume bangun terlebih dahulu kemudian ditambah dengan volume bangun yang lainnya.
Volume 1 + Volume 2 = Volume Gabungan.
Untuk postingan kami berikutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya. Untuk melihat kunci jawabannya silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 80, 81, 82. Kunci jawaban tersebut juga kami buat berdasarkan materi-materi pada buku pelajaran, jadi silahkan teman-teman gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah.

Sekian ulasan dari kami terkait Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80 Kurikulum 2013 Revisi. Jadikan kunci jawaban yang kami bagikan di atas sebagai bahan belajar teman-teman. Untuk mendalami materi pelajaran, guna mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian, maupun ulangan semester. Dengan itu mudah-mudahan nilai yang teman-teman dapat akan jauh lebih bagus lagi.

Kunci jawaban di atas tentunya akan memudahkan teman-teman yang sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah. Namun kami juga mengajak teman-teman untuk saling berbagi kunci jawaban ini kepada teman sekelas lainnya. Caranya tinggal share postingan ini ke mereka. Dan seandainya teman-teman ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui komentar ya, terima kasih.