Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 32, 33 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 32, 33 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4 Halaman 32, 33 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini dapat teman-teman jadikan solusi dalam menjawab semua soal-soal atau tugas yang ada. Yang mana tugas tersebut tak lama lagi harus segera dikumpulkan. Maka dari itu, gunakan jawaban ini agar tidak telat dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31. Jawaban-jawaban yang kami bagikan pada tiap postingan kami tentunya kami buat berdasarkan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa. Dan jawabannyapun kami jawab sesuai materi dan pemahaman kami.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 32, 33 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Menjawab dengan jawaban yang tepat adalah syarat untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas. Nah disini kami sudah berusaha memberikan jawaban yang tepat, namun jika teman-teman rasa masih ada jawaban yang kurang silahkan teman-teman tambahkan lagi ya. Dan jangan luap juga untuk dipelajari setiap jawabannya.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Materi-materi pada halaman 32, 33 ini membahas tentang keberagaman ekonomi. Jadi teman-teman nantinya akan mengidentifikasi keberagaman ekonomi termasuk perekonomian yang ada di lingkungan sekitar. Nah berikut ini kami sudah mengulas dan mempersiapkan materi, soal dan kunci jawabannya, silahkan teman-teman simak ya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 32, 33

Di era globalisasi ini banyak sekali barang-barang dari dalam dan luar negeri yang bisa kita temui. Masyakat bisa memilih barang-barang sesuai dengan keperluannya dan tingkat ekonominya. Tingkat ekonomi yang berbeda bisa disebut keberagaman ekonomi.

Ayo Berdiskusi
Sekarang amatilah di lingkunganmu, ceritakan keberagaman ekonomi yang ada disekitarmu.

Ceritakan kepada temanmu. Apakah hasil pengamatan kalian sama?
Sekarang diskusikan dalam kelompokmu.
Jawaban singkat:
Keberagaman ekonomi di tempat tinggal saya bervariasi dari mulai penjual makanan, baju, petani, pegawai negri, pedagang dipasar semua beraktifitas setiap hari.
Penjelasan lebih lanjut:
Berikut beberapa contoh kegiatan keberagaman ekonomi yang ada di sekitar saya :

1. Produksi
Dalam kegiatan produksi adalah sebuah kegiatan yang dimana untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi dan juga untuk menjadi barang jadi.
Contoh kegiatan produksi:
  • Seorang petani melakukan pengolahan sawah untuk menghasilkan padi.
2. Konsumen
Terdapat dua jenis konsumen yang dilakukan, yaitu secara pola penggunaan langsung dan pola penggunaan tidak langsung.

a. Pola penggunaan langsung
Pada pola penggunaan langsung adalah sebuah tindakan dimana langsung menggunakan barang dan juga jasa yang kemudian dapt dikonsumsi dan kemudian akan memberikan manfaat kepada konsumen.
Contoh pola penggunaan langsung:
  • Melakukan konsumsi terhadap makanan
b. Pola penggunaan tidak langsung
Pada pola penggunaan tidak langsung adalah membeli sebuah barang maupun jasa yang dikonsumsi untuk tidak memberikan manfaat yang dimana secara tidak langsung.
Contohnya pola penggunaan tidak langsung:
  • Membeli setrika yang dimana fungsinya untuk menyeterika, bukan untuk badan.
3. Distribusi
Distribusi adalah sebuah kegiatan untuk mengirimkan sebuah barang yang dimana berasal dari produsen atau produsen itu sendiri yang melakukan produksi barang dan kemudian dilakukan pendistribusian atau pengiriman barang kepada konsumen.

a. Distribusi tidak langsung
Pengertian dari distribusi tidak langsung adalah sebuah kegiatan yang dimana dapat diberikan kepada tangan konsumen itu sendiri tanpa melalui sebuah perantara.
Contoh distribusi tidak langsung:
  • Toko kelontong yang memjajakan perlengkapan rumah tangga dengan menggunakan mobil bak keliling desa.
b. Distribusi tidak langsung
Distribusi tidak langsung adalah sebuah kegiatan yang dimaan hasil produksi kemudian diberikan kepada konsumen itu sendiri dengan cara melalui adanya perantara, sebagaimana sebuah agen, pedagang pasar, dan juga pedagang eceran itu sendir
Contoh distribusi tidak langsung
  • Sebuah parbrik yang melakukan penjualan kayu ke berbagai negara.
Hal ketiga diatas adalah sebuah kegiatan ekonomi yang dimana dilakukan guna untuk melakukan pencapaian dalam mendapatkan barang maupun jasa untuk mendapatkan sebuah bentuk kemakmuran dalam sebuah kehidupan.
Mengapa ekonomi setiap orang beragam?
Ekonomi setiap orang beragam karena setiap orang memiliki tingkat pendapatan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki jumlah pendapatan yang berbeda-beda karena usaha dan pekerjaannya yang juga berbeda. Selain itu setiap orang juga memenuhi kebutuhan ekonominya dengan cara yang berbeda-beda dan tentunya kebutuhan yang dipenuhi tersebut juga berbeda. Setiap orang memiliki gaya hidup yang beragam, ada yang memenuhi kebutuhannya sesuai dengan pendapatannya, ada pula yang pengeluaran lebih besar daripada pendapatan atau sebaliknya. Hal tersebut yang menyebabkan setiap orang memiliki tingkat ekonomi yang beragam.
Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut?
1. Ketak geografis wilayah Indonesia.
2. Berupa negara kepualuan.
3. Mempunyai beragam suku bangsa.
Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini?
1.  Mau berteman dengan siapa saja.
2.  Jiwa sosial yang tinggi.
3.  Menerima perbedaan.
Setiap orang dilahirkan dengan perbedaan dari Tuhan, termasuk dalam hal ekonominya. Keterampilan, pendidikan, dan sikap akan memengaruhi kondisi perekonomian seseorang.

Kita harus saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda. Ketika keluarga kita cukup berada, janganlah sombong, bantulah yang membutuhkan. Jika keluarga kita masih kekurangan, jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu. Teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri.

Ceritakan tentang kondisi ekonomi keluargamu. Tulislah rencana-rencana yang akan kamu lakukan untuk menghadapi era globalisasi ini.
Kondisi ekonomi keluarga saya saat ini kurang baik, maka dari itu sayapun merencanakan untuk memulai membuka usaha kecil-kecilan membantu perekonomian keluarga.
Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 34, 35. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 32, 33 ini, kami yakin dengan adanya kunci jawaban seperti ini akan sangat memabantu teman-teman semua. Dan kami juga berharap dengan adanya kunci jawaban ini bisa menjadi solusi pada tiap tugas yang teman-teman kerjakan, karena disini kami berbagi untuk semua tugas di setiap temanya.

Seperti yang sudah kami sampaikan pada tiap postingan kami, kami berbagi kunci jawaban ini untuk membantu teman-teman menyelesaikan tugas sekolah. Dan kami berharap teman-teman juga dapat berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya dengan cara share artikel ini. Pertanyaan silahkan teman-teman sampaikan pada komentar atau contact kami, terima kasih.