Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4 Halaman 30, 31 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru yang kami bagikan ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas Sekolah yang diberikan oleh Guru. Kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 27, 28. Pada setiap kunci jawaban tentunya kami jawab atau buat berdasarkan materi-materu yang ada pada buku pelajaran. Dan semoga kunci jawaban pada halaman sebelumnya dapat membantu teman-teman semuanya. Dan nilai yang di dapatpun jauh lebih bagus dari tugas sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Dalam mengerjakan tugas-tugas seperti ini teman-teman juga harus tahu sedikit banyaknya dengan materi pembahasan. Karena jika sewaktu guru menanyakan kembali jawaban teman-teman dan teman-teman tidak bisa menjawabnya akan menjadi masalah. Maka dari itu, kami juga berharap teman-teman dapat belajar dari jawaban yang kami bagikan ini.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Materi pada halaman 30, 31 ini masih membahas tentang globalisasi, dimana sebelumnya juga sudah teman-teman pelajari. Dan disini teman-teman akan menyimak dan membaca sebuah cerita. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan soal-soal latihan. Nah berikut telah kami siapkan materi, soal dan kunci jawabannya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 30, 31

Globalisasi membuat dunia tanpa batas. Kita bisa berkomunikasi dengan teman-teman kita di tempat yang berbeda. Apakah ada contoh lain dari era globalisasi yang kamu rasakan?

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan membaca nyaring.

Globalisasi: Dunia tanpa Batas

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Globalisasi. Sebuah kata yang sering kita dengar dalam berbagai topik percakapan. Sebuah kata
yang sering kita baca di surat kabar atau majalah. Apa arti globalisasi? Globalisasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses ‘mendunia’. Seluruh bangsa dan negara di muka bumi ini semakin terhubung satu dengan yang lain. Seakan tidak terpisah lagi oleh batas wilayahnya. Era globalisasi ini seakan “Dunia tanpa Batas”.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara.

Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi.

Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat dan keluarga. Kita bisa menelpon atau mengirim email kepada teman-teman kita yang jauh. Kita merasakan seolah-olah tidak ada lagi batasan satu tempat dengan tempat lain di era globalisasi ini.

Diskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan berikut.

1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Dunia tanpa Batas” pada bacaan di atas? Jelaskan.
Maksud ungkapan “Dunia tanpa Batas” pada bacaan adalah bahwa semua penduduk di bumi saat ini dengan mudah terhubung dengan penduduk lainnya meski terpisah jauh. Keterhubungan ini membuat dunia seolah tanpa batas sebab dalam hitungan detik arus informasi dari belahan dunia satu bisa sampai pada belahan dunia lainnya.
2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
Globalisasi adalah proses dimana orang-orang dan negara-negara di dunia semakin saling terkait satu sama lain, sehingga saling memerlukan dan saling mempengaruhi, dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan budaya.
Contoh globalisasi adalah masuknya cara berpakaian, jenis makanan, dan media seperti film serta lagu, dari negara-negara lain.
3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
Dalam terjadi dan berlangsungnya globalisasi ada dampak yang ditimbulkan dari era globalisasi. Dampak globalisasi terbagi dua yaitu dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi.
Dampak Positif :
  • Komunikasi yang semakin cepat dan mudah.
  • Meningkatnya taraf hidup dari masyarakat.
  • Mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
Dampak Negatif :
  • Timbulnya sikap yang ala kebarat-baratan.
  • Munculnya sikap individualisme.
  • Budaya bangsa akan terkikis karena terpengaruh dengan budaya asing.
4. Gambarkan secara visual bahwa globalisasi membuat dunia tanpa batas.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Penjelasan Gambar:
Gambar memiliki makna bahwa Globalisasi menjadikan dunia seakan-akan menjadi tanpa batas. Dengan berkembangnya telekomunikasi, teknologi, transportasi, serta munculnya internet menjadikan orang dari berbagai belahan dunia dapat berinteraksi sosial secara cepat dan langsung. Selain itu setiap informasi dapat kita ketahui secara langsung tanpa harus datang ke lokasi tersebut. Dalam hal ini, Globalisasi menjadikan dunia seakan-akan tidak memiliki batasan lagi.
Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 32, 33. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31. Seperti yang selalu kami sampaikan pada tiap postingan kami, kami selalu berharap semoga teman-teman bisa mendapatkan nilai terbaik pada tiap tugas yang dikumpulkan kepada guru. Sehingga nilai tersebut dapat menolong teman-teman pada nilai raport nantinya.

Kami mengajak teman-teman untuk turut berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya dengan cara share artikel ini. Dengan itu akan ada banyak lagi teman sekelas yang terbantu dalam mengerjakan soal-soal latihan atau tugas sekolah. Pertanyaan teman-teman silahkan sampaikan pada kami langsung di komentar atau contact kami ya, terima kasih, dan selamat belajar ya teman-teman.