Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14 – Kunci jawaban buku tematik siswa kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 berikut ini silahkan adik-adik gunakan sebagai alternatif jawaban untuk mengisi soal-soal latihan yang ada.

Pada artikel kami sebelumnya, kamipun telah berbagi kunci jawaban untuk tema 4 kelas 3, yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 5, 6. Dengan kami berbagi kunci jawaban tersebut, tentunya tugas-tugas sekolah yang akan adik-adik kerjakan akan terbantu. Kami berharap nilai yang adik-adik dapat dari tugas tersebut akan lebih bagus lagi dari nilai-nilai sebelumnya. Dengan demikian nilai yang bagus akan membantu nilai akhir di raport nantinya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14

Semua kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran kelas 3 tema 4. Jadi silahkan adik-adik gunakan untuk menjawab soal-soal latihan pada Buku Siswa. Dan semoga nantinya dengan kunci jawaban ini nilai yang di dapat adik-adikpun akan semakin bagus lagi dari sebelumnya.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 yang kami bagikan pada blog ini dibuat sebagai alternatif jawaban dari soal-soal latihan pada buku siswa Kurikulum 2013 revisi. Jika jawaban yang kami bagikan ini menurut adik-adik masih ada kesalahan atau kekurangan silahkan adik-adik perbaiki atau bisa melaporkan kepada kami agar nantinya kami perbaiki di blog ini. Kami berbagi kunci jawaban Tema 4 ini kengkap untuk 4 Subtema Pembelajaran. Adik-adik bisa mencari dan melihat semua kunci jawaban untuk Tema 4 Kelas 3 ini pada postingan kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3.

Salah satu materi yang akan adik-adik pelajari kali ini ialah menyimak sebauh bacaan yang berjudul “Bersyukur Memiliki Pakaian”. Setelah adik-adik membaca bacaan tersebut, pada akhir kegiatan akan ada soal-soal latihan yang harus di kerjakan oleh adik-adik. Nah kami sudah mempersiapkan kunci jawabannya untuk memudahkan adik-adik dalam mengerjakan tugas kali ini. Nah berikut ini silahkan adik-adik lihat saja pembahasannya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14

Ayo Mengamati

Apa yang kamu lihat pada gambar di bawah ini?
Bagaimana jika kamu menghadapi situasi itu?

Diskusikan dengan teman-temanmu!
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14
Pembahasan:
Kita tidak bisa menghadapi keadaan alam jika mereka tidak memiliki pakaian. Pakaian digunakan manusia untuk melindungi tubuhnya dari berbagai macam gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya. Pakaian dapat melindungi tubuh dari gesekan kulit dengan benda lain, cuaca dingin, hujan, terik matahari, gangguan serangga, kotoran dan debu serta hal-hal lainnya.

Jika kita hidup tanpa pakaian tentunya akan kurang nyaman. Misalnya saja saat hujan kita tidak berpakaian tentu tubuh akan kedinginan. Saat matahari terik jika kita tidak berpakaian tentu tubuh akan kepanasan. Demikian juga saat malam hari jika kita tidak berpakaian tubuh akan kedinginan

Manusia memang berbeda dengan binatang. Manusia tidak memiliki penutup badan seperti bulu tebal atau kulit tebal. Oleh karena itu manusia, dengan kecerdasannya, menciptakan pakaian untuk melindungi tubuhnya dari sengatan panas dan juga cuaca dingin. Selain itu berpakaian juga dapat melindungi tubuh kita dari debu dan gangguan binatang, khususnya serangga seperti tungau (kutu busuk) yang dapat menyebabkan gatal di kulit.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!

Bersyukur Memiliki Pakaian

Manusia wajib melindungi tubuhnya. Siti juga selalu melindungi tubuhnya. Ia selalu melindungi tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang rapi. Memiliki pakaian adalah hak setiap orang. Siti mendapat pakaian dari orang tuanya. Siti memiliki berbagai pakaian untuk dipakainya sehari-hari.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14
Siti memiliki pakaian untuk bermain dan untuk tidur. Siti juga memiliki seragam sekolah. Pakaian Siti selalu bersih dan rapi.
Pakaian membuat Siti merasa nyaman. Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara dingin dan panas
matahari. Pakaian juga dapat menjaga Siti dari gangguan serangga.

Siti bersyukur memiliki pakaian. Siti menjalankan kewajiban terhadap pakaian dengan baik. Siti selalu mengenakan pakaian dengan hati-hati. Siti menjaga pakaiannya agar tidak cepat kotor dan rusak. Ia mengenakan pakaian sesuai kebutuhan.
Siti juga berpakaian sesuai kebiasaan yang berlaku di tempat tinggalnya. Tidak lupa Siti juga mencuci bajunya bila kotor.

Ayo Menulis
Amati kembali teks di atas!
Tulislah kewajiban dan hak dalam berpakaian!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14

Ayo Bercerita

Kamu sudah mengetahui kewajiban dan hak tentang pakaian.
Sekarang ceritakanlah bagaimana pengalamanmu merawat pakaian!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14
Ayo Mencoba

Amati masalah berikut ini!
Tuliskan saran-saranmu!

1. Udin minta dibelikan baju baru. Di lemari, baju Udin masih banyak dan masih bagus.
Sebaiknya udin tidak minta dibelikan baju baru karena Udin masih memiliki banyak baju yang bagus.
2. Rok Dayu robek karena digunakan bermain lompat tali.
Seharusnya Dayu berhati-hati saat bermain lompat tali karena saat bermain kita juga harus menjaga pakaian kita dengan hati-hati.
3. Beni ingin bermain dengan tetangganya. Ia masih mengenakan seragam sekolah.
Sebaiknya Beni mengganti seragam sekolah dengan pakaian bermain karena seragam sekolah digunakan untuk ke sekolah.
4. Pulang sekolah Lani sangat lelah. Ia tidur siang tanpa berganti baju.
Sebaiknya Lani mengganti baju seragam sekolah dengan baju tidur karena baju sekolah akan kusut jika digunakan untuk tidur.
Contoh Kalimat Saran
Edo pulang kehujanan. Baju seragamnya basah kuyup. Sebaiknya Edo segera pulang dan mandi. Seharusnya Edo menunggu sampai hujan reda.
Kunci jawaban Kelas 3 Tema 4 Subtema 1 ini masih kami lanjutkan di postingan berikutnya. Jadi bagi adik-adik yang ingin melihat kunci jawaban untuk soal-soal latihan di halaman berikutnya silahkan buka dan lihat postingan kami Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 3 Halaman 16, 17. Kami membuat kunci jawaban tersebut tentunya sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Nah itulah adik-adik yang dapat kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 12, 14 Kurikulum 2013 Revisi ini. Semoga nilai dari tugas kali ini yang adik-adik dapatkan bisa lebih bagus lagi dari tugas sebelumnnya. Selalu semangat ya dalam belajar, persiapkan diri untuk ulangan harian, dan ulangan semesternya.

Kami berharap adik-adik dapat berbagi kunci jawaban ini kepada teman-teman sekelas lainnya, agar mereka juga bisa terbantu dalam menyelesaikan tugasnya. Caranya cukup adik-adik share saja postingan ini ke mereka, entah itu melalui sosial medi atau group WA. Dan misalkan adik-adik punya pertanyaan pada kami, silahkan sampaikan melalui komentar atau halaman kontak, terima kasih.