Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 19, 20, 21 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 19, 20, 21 – Kunci jawaban buku tematik siswa kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah pembelajaran 3 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 berikut ini kami share buat adik-adik yang sekrang ini sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dengan adanya kunci jawaban ini, semoga adik-adik bisa menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga telah memposting kunci jawaban tema 4 kelas 3, yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 16, 17. Kunci jawaban tersebut dapat adik-adik lihat juga untuk digunakan sebagai alternatif jawaban. Atau mungkin sudah dilihat pada tugas sebelumnya. Semoga saja nilai yang adik-adik dapat dari tugas tersebut bagus, sehingga bisa menjadi nilai tambah pada nilai raport nantinya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 19, 20, 21

Perlu adik-adik ketahui, bahwa semua kunci jawaban yang kami bagikan ini merupakan alternatif jawaban. Memang kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah sesuai dengan soal-soal latihan atau pertanyaan yang ada. Namun kami juga menyarankan untuk di amati kembali jawabannya, apakah sudah sesuai dengan perintah atau arahan guru atau belum.

Lihat juga:
Kami membuat Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 ini mengacu pada materi-materi dan soal-soal latihan pada buku siswa. Buku siswa disini ialah buku tematik kurikulum 2013 revisi. Tak hanya kunci jawaban untuk soal-soal latihan saja, namun kita tahu bahwa pada buku siswa juga terdapat berbagai tugas lainnya, seperti laporan hasil pengamatan, menuliskan cerita, melengkapi tabel, membuat karya, dan lainnya. Nah kamipun disini juga berbagi alternatif jawaban untuk tugas tersebut. Untuk melihat semua kunci jawaban pada halaman Tema 4 Kelas 3 ini, silahkan adik-adik buka postingan kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi.

Untuk materi pada halaman 19, 20, 21 kali ini adik-adik akan membaca sebuah teks yang berjudul “Memiliki Tubuh Sehat” dimana nantinya pada akhir materi akan ada pertanyaan-pertanyaan yang harus adik-adik jawab. Seperti biasanya, kami disini sudah membuat kunci jawaban untuk soal-soal latihan tersebut yang nantinya bisa adik-adik gunakan untuk mengisi soal-soal tersebut. Nah langsung saja silahkan adik-adik lihat pembahasannya di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 19, 20, 21

Ayo Membaca

Setiap anak berhak memiliki tubuh sehat. Apa itu tubuh sehat?
Apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tubuh sehat?

Berdiskusilah dengan teman-temanmu!
Lalu bacalah teks berikut dengan nyaring!

Ciri anak sehat dapat dilihat dari segi fisik, psikis, dan sosialisasinya seperti sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal. Kalau dari segi psikis, anak yang sehat itu jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, perasaan bertambah peka dan kemauan bersosialisasinya baik. Sedangkan, dari segi sosialisasi, anak semestinya tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Beberapa hal yang harus dilakukan agar memiliki tubuh sehatt, antara lain sebagai berikut:
  • Istirahat yang cukup. Penuhi kebutuhan istirahat dan tidur harian normalnya sebanyak 6-8 jam/hari untuk orang dewasa.
  • Olahraga yang tetatur. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.
  • Perbanyak makan buah dan sayur. Buah-buahan dan sayur sayuran mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang berguna untuk tubuh. 
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Mandi teratur, cuci tangan sebelum makan, dan menjaga kebersihan lingkungan di dalam dan sekitar rumah juga harus diperhatikan.
Memiliki Tubuh Sehat

Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. Tubuh yang sehat membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit.

Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak yang sakit menjadi lemah sehingga susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 19, 20, 21

Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban kita semua. Apa yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Amati teks di atas!
Temukan masalah pada teks!
Garis bawahi cara penyelesaiannya.
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh.
Cara penyelesaianya yaitu, pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.
Ayo Menulis
Amati kembali teks di atas! Jawablah pertanyaan berikut!

1. Masalah apa yang dihadapi anak-anak berdasarkan teks di atas?
Menjaga Kesehatan Tubuh.
2. Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks!
  • Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur.
  • Kedua, istirahat yang cukup.
  • Ketiga, rajinlah berolahraga.
  • Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.
Ayo Berlatih
Bacalah di dalam hati!

Semua orang wajib menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya dengan sarapan. Sarapan baik untuk kesehatan tubuh. Ada yang biasa sarapan nasi, ubi, roti atau kentang. Bagaimana dengan kebiasaan sarapan di rumahmu?

Tuliskan makanan yang biasa kamu makan saat sarapan!
Nasi, Sayur, Roti, dan Bubur.
Pada postingan kami berikutnya, kami masih melanjutkan berbagi kunci jawaban Tema 4 Kelas 3 Subtema 1 untuk halaman berikutnya. Nah silahkan adik-adik lihat dan buka postingan kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 22, 23 Kurikulum 2013. Kami membuat kunci jawaban ini berdasarkan materi dan soal yang ada pada buku pelajaran. Dengan adanya kunci jawaban pastinya adik-adik akan terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun kami selalu menghimbau untuk adik-adik semangat dalam belajar.

Sekian ya adik-adik Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 19, 20, 21 Kurikulum 2013 Revisi ini. Harapan kami adik-adik dapat terbantu dengan kunci jawaban yang kami bagikan ini. Dan kami mengajak adik-adik untuk giat dalam belajar, dengan mempelajari soal-soal ini akan lebih efektif ketimbang membaca semua materi pada buku.

Jangan lupa ya adik-adik untuk turut dalam membagikan kunci jawaban ini, terutama pada teman sekelas lainnya. Agar dengan adanya kunci jawaban ini mereka juga bisa terbantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Caranya cukup adik-adik share saja kunci jawaban ini kepada mereka. Misalkan adik-adik memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan saja pada kami melalui komentar dan halaman kontak, terima kasih.