Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 ini kami buat berdasarkan materi-materi pada buku siswa atau buku pelajaran. Dibuat berdasarka kemampuan sendiri, yang mudah-mudahan jawaban ini sudah tepat.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 subtema 2, yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 65, 66, 67. Yang mungkin adik-adik sendiri sudah melihatnya dan dijadikan jawaban untuk mengerjakan tugas sebelumnya. Semoga nilai yang di dapatpun bagus ya adik-adik.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76

Tugas-tugas yang diberikan oleh guru sudah menjadi tanggung jawab adik-adik semuanya untuk mengerjakan dan mengumpulkannya. Dari tugas yang di kumpulkan inilah seorang guru dapat meilai kemampuan dan pemahaman adik-adik semua terhadap materi ajar yang sudah di pelajari. Dan nilai yang di dapatpun dijadikan nilai tambahan untuk nanti di tambahkan pada nilai akhir semester di raport, jadi jangan adik-adik sia-siakan tugas ini, kerjakan dan kumpulkan.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami buat dan bagikan pada blog ini tak hanya kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja. Namun pada buku siswa juga terdapat jenis tugas lainnya, seperti hasil laporan pengamatan, membuat suatu karya, tugas pengamatan dan lain sebagainya. Tapi tenang saja, kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas-tugas tersebut. Dan jika adik-adik ingin melihat semua halaman dari soal-soal latihan yang ada pada tema 3 di kelas 3 ini, silahkan buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Di Halaman 75, 76 ini adik-adik akan mempelajari materi tentang volume benda. Nah untuk materi ini sebenarnya sudah di pelajari juga pada halaman sebelumnya, jadi sekarang adik-adik hanya tinggal melanjutkan saja. Dan disini kamipun sudah menyiapkan kunci jawabannya, silahkan! Adik-adik bisa melihatnya pada pembahasan di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76

Ayo Mengamati

Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?
Volume benda adalah penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek.
Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.
Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76

Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.
Pelajarilah tentang volume benda! Lakukan percobaan berikut bersama teman dalam kelompokmu!
Alat dan Bahan
1.  Gelas ukur
2.  Benda padat yang dapat dimasukkan ke dalam gelas ukur
3.  Air
4.  Balon(2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
a. Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.
b. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda padat!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76

c. Apa yang terjadi sebelum dan setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur? Tuliskanpengamatanmu!
  • Terjadi sebelum benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur adalah adalah volume air sesuai dengan ukuran pada gelas.
  • Terjadi setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur adalah volume di dalam gelas air meningkat dengan penambahan volume benda pada volume air. 
d. Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan hingga 600 mililiter. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda cair!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76
e. Apa yang terjadi sebelum dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu!
Sebelum air di tambahkan kedalam gelas, volume air masih tetap atau tidak berubah. Dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas volume air bertambah.
f. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda gas!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76

g. Apa yang terjadi sebelum dan setelah udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan pengamatanmu!
Sebelum balon ditiupkan udara, keadaan balon masih tetap tidak ada perubahan apapun. Dan setelah balon ditiupkan, udarapun masuk ke dalam ruang balon sehingga mengubah bentuk balon menjadi besar.
Kamu telah melaksanakan percobaan di atas! Coba lengkapi kalimat di bawah ini!
Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda mati. Benda mempunyai tiga
wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume).
Di atas merupakan kunci jawaban untuk tugas di Halaman 75, 76. Dan kami juga tentunya sudah memposting kelanjutan dari kunci jawaban ini untuk halaman berikutnya, nah silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 80. Kunci jawaban tersebutpun kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku pelajaran siswa. Namun kami juga menyarankan untuk selalu mengecek kembali kunci jawaban yang ada, dan mencocokan ke soalnya, apakah sudah sesuai atau belum.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 75, 76 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Jika menurut adik-adik dengan adanya kunci jawaban ini bisa membantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, bantu juga kami untuk berbagi kunci jawaban kepada yang lainnya yang juga membutuhkan kunci jawaban seperti ini. Jika ada pertanyaan terkait kunci jawaban ini, silahkan sampaikan pada kami melalui laman contact, atau tinggalkan komentar langsung, terima kasih.