Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan pada kesempatan ini bisa menjadi alternatif adik-adik semua untuk mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Kunci jawaban yang kami bagikan ini kami buat berdasarkan materi-materi yang di bahas pada buku siswa.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 subtema 1, yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 55, 56. Mungkin adik-adik sudah melihatnya dan menjadikan jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang akan segera di kumpulkan kepada guru. Kami berharap nilai yang adik-adik dapat bisa bagus, begitupun untuk tugas kali ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62

Untuk kelas 3 ini, pada semester 1 ada 4 tema yang harus di tuntaskan dan di pelajari oleh adik-adik semuanya. Dan tema 3 ini merupakan kelanjutan dari tema 2, setelah ini masih ada 1 tema lagi, yaitu tema 4. Pada setiap akhir kegiatan penyampaian materi ajar, biasanya adik-adik akan mengerjakan soal-soal latihan maupun tugas lainnya pada buku siswa. Nilai-nilai dari tugas harian seperti ini akan menjadi nilai tambah buat adik-adik nantinya. Nilai dari tugas-tugas seperti ini akan di tambahkan pada akhir semester ke nilai raport.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami buat dan bagikan pada blog ini tak hanya kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja. Namun pada buku siswa juga terdapat jenis tugas lainnya, seperti hasil laporan pengamatan, membuat suatu karya, tugas pengamatan dan lain sebagainya. Tapi tenang saja, kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas-tugas tersebut. Dan jika adik-adik ingin melihat semua halaman dari soal-soal latihan yang ada pada tema 3 di kelas 3 ini, silahkan adik-adik buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Di halaman 61, 62 ini adik-adik akan mempelajari materi tentang wujud benda. Wujud benda ini di antaranya ada tiga yaitu, benda padat, cair dan gas. Nah disini adik-adik akan di tugaskan mengamati gambar dan lingkungan sekitar serta mengerjakan soal-soal latihan. Nah kami sudah mempersiapkan materi, soal-soal dan kunci jawabannya berikut ini, silahkan adik-adik lihat langsung.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya.
Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia.
Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam.
Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.
Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Ayo Membaca

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62

Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap.
Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62

Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62

Ayo Mencoba

Amati lingkungan sekolahmu. Kamu tentu dapat menemukan benda padat, cair, dan gas. Tuliskan benda-benda tersebut dalam kotak berikut!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu.
Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Benda dikelompokkan ke dalam tiga wujud. Tuliskan ketiga wujud benda tersebut!
  • Benda cair, contohnya: air, susu, kecap maupun sirup.
  • Benda padat, contohnya: kayu, batu, besi.
  • Benda gas, contohnya: o2. co2, dan N2O.
2. Tuliskan dua contoh benda padat di sekitarmu!
Dua contoh benda padat yang ada di sekitarku yaitu:
  • Kayu
  • keramik
3. Tuliskan dua contoh benda cair di sekitarmu!
Dua contoh benda cair yang ada di sekitarku yaitu:
  • Air
  • Susu
4. Tuliskan dua contoh benda gas di sekitarmu!
Dua contoh benda gas yang ada di sekitarku yaitu:
  • Udara
  • Oksigen 
Di atas merupakan kunci jawaban untuk tugas di halaman 61, 62. Dan kami juga tentunya sudah memposting kelanjutan dari kunci jawaban ini untuk halaman berikutnya, nah silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 65, 66, 67. Kunci jawaban tersebutpun kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku pelajaran siswa. Namun kami juga menyarankan untuk selalu mengecek kembali kunci jawaban yang ada, dan mencocokan ke soalnya, apakah sudah sesuai atau belum.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 61, 62 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Luangkan sedikit waktu ya adik-adik untuk berbagi kunci jawaban ini ke teman-teman sekelas lainnya, agar mereka juga bisa terbantu dengan adanya kunci jawaban seperti ini. Caranya mudah kok, cukup share atau bagikan saja kunci jawaban ini ke mereka. Nah misalkan adik-adik punya pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact form kami ya, terima kasih.