Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81, 82, 83 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81, 82, 83 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami share ini bisa membantu adik-adik dalam mengisi dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang akan segera di kumpulkan. Nah silahkan adik-adik lihat langsung di bawah ini untuk pembahasannya ya.

Sebelumnya kamipun sudah berbagi kunci jawaban tema 3 kelas 3 , yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 80. Mungkin adik-adik sudah melihatnya dan menjadikan jawaban untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang akan segera di kumpulkan kepada guru. Kami berharap nilai yang adik-adik dapat bisa bagus, begitupun untuk tugas kali ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81, 82, 83

Dari tugas-tugas seperti inilah seorang guru dapat menilai kemampuan adik-adik dalam memahami materi-materi ajar yang sudah di pelajari di sekolah. Maka dari itu kerjakan tugas-tugas ini dengan baik dan berikan jawaban yang terbaik pula agar hasil yang di dapatpun akan baik. Sehingga akan mendorong nilai adik-adik, yang nantinya bisa saja adik-adik akan menjadi juara kelas.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami buat dan bagikan pada blog ini tak hanya kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja. Namun pada buku siswa juga terdapat jenis tugas lainnya, seperti hasil laporan pengamatan, membuat suatu karya, tugas pengamatan dan lain sebagainya. Tapi tenang saja, kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas-tugas tersebut. Dan jika adik-adik ingin melihat semua halaman dari soal-soal latihan yang ada pada tema 3 di kelas 3 ini, silahkan adik-adik buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Di Halaman 81, 82, 83 ini adik-adik akan mempelajari materi tentang sifat-sifat benda padat dan akan melakukan percobaan langsung. Setelah melakukan percobaan adik-adik akan menyajikan jawabannya. Nah kamipun disini sudah menyiapkan jawaban dari percobaannya, silahkan adik-adik lihat di bawah ini ya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81, 82, 83

Ayo Mengamati

Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa bendabenda tersebut digolongkan sebagai benda padat?

Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!

Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan  pengamatan.
Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.

Mengetahui Sifat Benda Padat
  • Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.
  • Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik
  • Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
2. Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81, 82, 83

Kamu telah melakukan percobaan. Hasil percobaanmu telah diperoleh. Dapatkah kamu
Menyimpulkan sifat benda padat?
Benda padat mempunyai sifat:
  • Bentuk benda padat tetap/ tidak dipengaruhi wadahnya;
  • Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat.
Apakah hasil pengamatanmu sama dengan hasil percobaanmu?
Iya, hasil pengamatan yang saya lakukan sebelumnya sama dengan hasil percobaan yang telah saya lakukan.
Di atas merupakan kunci jawaban untuk tugas di Halaman 81, 82, 83. Dan kami juga tentunya sudah memposting kelanjutan dari kunci jawaban ini untuk halaman berikutnya, nah silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 84, 85, 86. Kunci jawaban tersebutpun kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku pelajaran siswa. Namun kami juga menyarankan untuk selalu mengecek kembali kunci jawaban yang ada, dan mencocokan ke soalnya, apakah sudah sesuai atau belum.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 81, 82, 83 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Bantu ya adik-adik untuk membagikan kunci jawaban ini kepada teman lainnya, agar dengan itu akan tambah banyak lagi yang terbantu dengan adanya kunci jawaban seperti ini. Dan dari tugas-tugas yang di kumpulkan semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Nah untuk pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact ya, terima kasih.