Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 188, 189 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 188, 189 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan ini, silahkan adik-adik lihat dan jika kunci jawabannya sesuai atau benar, maka silahkan gunakan sebagai alternatif jawaban untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 subtema 4, yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 186, 187. Kami berharap kunci jawaban tersebut membantu adik-adik untuk mendapatkan nilai yang bagus, sehingga dari nilai tersebut, bisa membantu mendorong nilai pada akhir semester nantinya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 188, 189

Memang dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru menjadi tanggung jawab adik-adik semua. Dengan mengerjakan tugas-tugas artinya adik-adik sudah melaksanakan tugas sebagai seorang siswa. Selain itu, tugas-tugas ini nantinya akan dinilai oleh guru. Nilai inilah nantinya yang bisa menjadi nilai tambahan pada akhir semester. Maka dari itu jangan abaikan tugas-tugas sekolah, kerjakan semaksimal mungkin.

Lihat juga:
Dengan adanya Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 ini, tentu sedikit banyaknya akan membantu adik-adik dalam mengisi dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun kami menghimbau untuk tidak tergantung dengan kunci jawaban yang kami bagikan ini. Dan juga jadikan kunci jawaban yang kami bagikan ini sebagai bahan belajar di rumah untuk membekali diri dalam mengikuti ulangan harian dan ujian semester nantinya. Nah untuk melihat semua kunci jawaban di halaman tema 3 kelas 3, silahkan adik-adik lihat pada postingan kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi.

Untuk materi pada halaman 188, 189 ini adik-adik akan mempelajari tentang sikap dalam kelompok maupun keluarga. Nah nantinya di akhir materi adik-adik akan mengidentifikasi sikap dari kelompok maupun keluarga masing-masing. Kami sudah menyiapkan pembahasan soal dan kunci jawabannya, silahkan adik-adik simak berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 188, 189

Ayo Berdiskusi

Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali.
Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tentunya juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.
Namun, keberagaman tidak seharusnya menimbulkan permasalahan dalam Negara ini. Sebaliknya, keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama seperti semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita datang dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan dapat dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, sikap bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan peran yang beragam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Penerapan di sekolah maupun di lingkungan sekitar, sikap bersatu dapat dilakukan dengan cara saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya, tidak merendahkan adat istiadat lain, dan menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya.
Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan
contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!
Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.
Contoh sikap bersatu :
  • Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. 
  • Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  • Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  • Tidak merendahkan adat istiadat lain. 
  • Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.
Ayo Mengamati

Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu.
Berilah tanda centang (√ ) pada gambar berikut!
Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 188, 189

Silahkan adik-adik cek kembali jawaban di atas, jika memang masih terdapat jawaban yang keliru silahkan perbaiki dan sampaikan juga kepada kami. Nah untuk postingan kami selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban untuk kelas 3 tema 3 subtema 4 yaitu Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 190 Kurikulum 2013 Revisi. kunci jawaban itupun kami buat berdasarkan materi-materi dan yang ada pada buku tematik siswa.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 188, 189 Kurikulum 2013 Revisi. Harapan kami, dengan kami berbagi kunci jawaban ini bisa sedikit membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan juga semoga nilai yang nantinya adik-adik dapat bisa bagus. Jangan lupa juga ya adik-adik untuk selalu semangat dalam belajarnnya, persiapkan diri untuk menghadapi ulangan harian maupun ujian semester.

Kami juga berharap adik-adik dapat berbagi kunci jawaban ini dengan teman lainnya, agar lebih banyak lagi yang terbantu dengan adanya kunci jawaban ini. Dan jika adik-adik memiliki pertanyaan terkait konten pada situs ini silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau contact form, terima kasih.