Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 ini kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku siswa. Dengan kunci jawaban ini, adik-adik bisa mengerjakan soal-soal latihan yang menurut adik-adik cukup sulit untuk di jawab.

Pada artikel kami yang lalu, kami sudah banyak berbagi kunci jawaban untuk tema 3, terkahir yang kami posting adalah Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 171, 172. Kunci jawaban tersebut masih pada subtema 3. Mungkin juga adik-adik sudah melihatnya dan menjadikan alternatif jawaban pada tugas di subtema 3. Semoga nilai yang adik-adik dapat bagus.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa semua kunci jawaban ini kami buat berdasarkan materi dan soal-soal latihan yang ada pada Buku Siswa. Tak hanya kunci jawaban dari soal-soal latihan saja, namun kami juga disini berbagi jawaban dari tugas-tugas lainnya yang ada pada buku, seperti tugas laporan penelitian, laporan percobaan dan lainnya.

Lihat juga:
Dengan adanya Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 ini, tentu sedikit banyaknya akan membantu adik-adik dalam mengisi dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Namun kami menghimbau untuk tidak tergantung dengan kunci jawaban yang kami bagikan ini. Dan juga jadikan kunci jawaban yang kami bagikan ini sebagai bahan belajar di rumah untuk membekali diri dalam mengikuti ulangan harian dan ujian semester nantinya. Nah untuk melihat semua kunci jawaban di halaman tema 3 kelas 3, silahkan adik-adik lihat pada postingan kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi.

Materi pada halaman 177, 178 kali ini membahas tentang usaha bertani garam. Dimana nantinya adik-adik akan belajar bagaimana proses pembuatan garam oleh para petani. Sangat menarik buka? Dan pada akhir pembahasannya, akan ada soal-soal latihan yang harus di kerjakan oleh adik-adik. Kami sudah menyiapkan pembahasan materi dan kunci jawabannya, silahkan adik-adik lihat di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Setiap hari terjadi perubahan alam di sekitar kita. Perubahan wujud adalah contohnya.
Hujan terjadi karena perubahan wujud. Makanan menjadi nikmat karena adanya garam yang diperoleh dari perubahan wujud.
Perhatikan kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa melalui perubahan wujud di sekitar kita.
Dapatkah kamu mengamati peristiwa perubahan wujud dalam keseharian kita?

Ayo Membaca

Garam membuat masakan menjadi lezat. Makanan yang tidak diberi garam terasa hambar. Sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan garam. Mari baca wacana di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Bertani Garam

Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut.

Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantaipantai di daerah Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di alam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu. Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.
Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air laut yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen. Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus.
Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah-daerah.

Kamu telah membaca wacana di depan. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Bahan dasar pembuat garam adalah ...
a. pasir
b. air laut
c. air biasa
jawab:
Garam dihasilkan dari air laut (b)
2. Contoh daerah penghasil garam di Indonesia adalah ....
a. Pulau Kalimantan
b. Pulau Bali
c. Pulau Sulawesi
jawab:
Contoh daerah penghasil garam adalah di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara. (c)
3. Proses perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan garam adalah ....
a. menguap
b. membeku
c. mencair
jawab:
Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam. (a)
4. Pernyataan yang benar adalah ....
a. air menguap karena terkena sinar matahari
b. agar garam yang dihasilkan bersih, air laut harus ditambahkan setiap hari
c. agar kualitasnya bagus, garam harus dipanen saat musim penghujan
jawab:
Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap. (a)
5. Waktu yang diperlukan untuk memanen garam adalah ....
a. 210 hari
b. 210 minggu
c. 210 bulan
jawab:
Setelah sekitar 210 hari lapisan garam harus segera dipanen. (a)
Ayo Bercerita

Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan garam. Bantulah Siti menceritakan proses pembuatan garam. Buatlah bentuk cerita bergambar!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Silahkan adik-adik cek kembali jawaban di atas, jika memang masih terdapat jawaban yang keliru silahkan perbaiki dan sampaikan juga kepada kami. Nah untuk postingan kami selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban untuk kelas 3 tema 3 subtema 4 yaitu Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 181, 182 Kurikulum 2013 Revisi. kunci jawaban itupun kami buat berdasarkan materi-materi dan yang ada pada buku tematik siswa.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Kurikulum 2013 Revisi. Harapan kami, dengan kami berbagi kunci jawaban ini bisa sedikit membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas sekolah. Dan juga semoga nilai yang nantinya adik-adik dapat bisa bagus. Jangan lupa juga ya adik-adik untuk selalu semangat dalam belajarnnya, persiapkan diri untuk menghadapi ulangan harian maupun ujian semester.

Yuk adik-adik berbagi dengan teman lainnya untuk kunci jawaban ini, agar semakin banyak lagi yang terbantu dengan adanya kunci jawaban ini. Cara cukup share atau bagikan artikel ini ke teman kamu di sosial media atau group chat. Pertanyaan atau reques kunci jawaban, silahkan adik-adik sampaikan pada kami melalui komentar atau contact form, terima kasih.