Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145 Kurikulum 2013 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 3 Perubahan Wujud Benda Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan ini kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal yang ada pada buku siswa. Kunci jawaban ini bisa dijadikan jawaban untuk menyelesaikan soal-soal yang ada.

Sebelumnya kami juga sudah berbagi untuk adik-adik semua kunci jawaban tema 3 kelas 3 yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 137. Mungkin adik-adik juga sudah melihatnya dan menjadikan alternatif jawaban. Semoga saja nilai yang adik-adik dapatkan bagus, sehingga bisa berguna untuk menambah nilai akhir semester pada nilai raport.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145

Tugas-tugas seperti ini harus adik-adik kerjakan dan kumpulkan, kalau tidak adik-adik bisa dihukum guru, dan nilainya bisa kosong. Sayang bukan jika hal itu terjadi, karena kesempatan tidak akan datang lagi, dan nilai-nilai yang di peroleh sudah di catat oleh guru. Maka dari itu, gunakan kesempatan yang ada, manfaatkan kunci jawaban ini juga untuk belajar mandiri di rumah. Mempersiapkan diri untuk mengikuti ulangan harian atau ulangan semester yang tak lama lagi akan di laksanakan.

Lihat juga:
Kami sangat senang jika pada akhirnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 yang kami bagikan pada blog ini bisa membantu adik-adik semua dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Selain itu semoga nilai yang didapat dari tugas ini akan lebih bagus lagi dari nilai tugas sebelumnya. Dan kamipun selalu mengingatkan adik-adik untuk selalu semangat dalam belajar agar nantinya punya persiapan ketika akan ulangan harian atau ulangan semester. Adik-adik bisa melihat semua kunci jawaban dari tugas-tugas pada buku tema 3 kelas 3 ini di artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Di Halaman 142, 144, 145 ini adik-adik akan melakukan sebuah percobaan, dimana pada akhir percobaan adik-adik akan di tugaskan untuk membuat beberapa pertanyaan terkait percobaan yang sudah dilakukan. Kami sudah mengulas sebuah pembahasannya berikut ini, silahkan disimak ya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145

Ayo Mencoba
Ke Mana Perginya Air? Pernahkah kamu mencuci baju? Atau membantu ibu cuci baju. Coba perhatikan apa yang terjadi saat baju basah dijemur di bawah terik matahari.
Ternyata, baju yang basah lama-kelamaan mengering.
Mengapa hal ini dapat terjadi? Ayo, diskusikan bersama temanmu!

Lakukan percobaan di bawah ini!
Alat dan Bahan
1. 2 buah piring kecil
2. Air
3. Gelas ukur

Langkah Percobaan
1. Isi dua buah piring kecil dengan air. Tiap-tiap piring diisi air sebanyak 100 mililiter.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145

2. Letakkan satu piring di bawah terik matahari. Satu piring lagi di dalam ruangan yang gelap. Ruangan yang tidak terkena terik matahari.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145

3. Biarkan selama tiga jam.
4. Perhatikan air dari tiap-tiap piring.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145

Bertanyalah kepada gurumu tentang percobaan yang kamu lakukan! Buatlah tiga pertanyaan.
Temukan jawabannya melalui kegiatan diskusi bersama di kelas!

1. Mengapa satu piring ditempatkan di bawah terik matahari sedangkan yang lainnya diletakan di ruangan yang gelap?
Piring diletakan di bawah terik matahari supaya terkena panas sinar matahari. Panas matahari yang menyebabkan terjadinya penguapan.
2. Mengapa air yang diletakan di bawah terik matahari berkurang?
Air yang diletakan di bawah terik matahari jumlahnya berkurang karena menguap.
3. Peristiwa apa yang terjadi pada percobaan tersebut?
Peristiwa yang terjadi pada percobaan adalah penguapan yaitu perubahan wujud dari cair (air) menjadi gas (uap air).
Ayo Mengamati
Menguap merupakan peristiwa perubahan wujud. Wujud dari cair menjadi gas. Peristiwa ini disebabkan oleh pemanasan. Contoh peristiwa menguap adalah baju basah yang dijemur lamakelamaan mengering. Air dalam baju menguap karena terkena panas matahari.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145

Bagaimana dengan percobaan yang kamu lakukan?
Adakah peristiwa menguap yang terjadi? Isilah jawabanmu pada tempat yang tersedia!

Tuliskan hasil pengamatanmu selama percobaan berlangsung!
Air yang diletakan di bawah terik matahari setelah tiga jam jumlahnya berkurang, sementara air yang diletakan di ruangan yang gelap tidak berubah (tetap).

Pada percobaan yang dilakukan terjadi atau tidak terjadi penguapan.
Pada percobaan tersebut terjadi penguapan karena jumlah air yang diletakan di bawah terik matahari jumlahnya berkurang.
Kamu sudah mempelajari proses perubahan wujud benda. Hubungkanlah kata yang tersedia dengan arti yang tepat!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145
Pada postingan kami selanjutnya, kami masih mengulas dan berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3. Dimana kunci jawaban tersebut kami buat berdasarkan materi-materi ajar yang ada pada buku pelajaran atau buku siswa. Tak hanya tugas-tugas dari soal-soal latihan saja, namun kamipun disini berbagi tugas-tugas lainnya yang bisa teman-teman jadikan jawaban untuk mengerjakan tugas sekolah. Nah silah teman-teman lihat langsung untuk kunci jawaban pada halaman berikutnya di artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 149, 150.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 142, 144, 145 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Kami berharap juga adik-adik bisa ikut serta untuk membagikan postingan ini kepada teman-teman sekelas yang juga sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dan kemungkinan juga mereka sedang kesulitas dalam menjawab soal-soal yang ada. Untuk itu tidak ada salahnya adik-adik bagikan artikel ini ke mereka. Kalau misalkan adik-adik ada pertanyaan, atau ingin reques soal-soal sialahkan sampaikan pada kami melalui laman contact atau komentar di bawah ini, terima kasih.