Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 2 Wujud Benda Pembelajaran 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan disini bisa menjadi bantuan atau solusi dalam mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku siswa. Kami sangat berharap sekali adik-adik terbantu dengan adanya kunci jawaban ini.

Sebelumnya kami sudah memposting juga kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 98, 99. Kunci jawaban tersebut kami buat untuk adik-adik semua yang saat ini sedang sibuknya mengerjakan tugas sekolah. Dengan ini semoga saja nilai yang di dapat akan jauh lebih baik lagi.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103 Buku Tematik Kurikulum 2013

Menjawab dengan jawaban yang tepat adalah syarat untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus pada setiap tugas. Nah disini kami sudah berusaha memberikan jawaban yang tepat, namun jika adik-adik rasa masih ada jawaban yang kurang silahkan adik-adik tambahkan lagi ya. Dan jangan luap juga untuk dipelajari setiap jawabannya.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami buat dan bagikan pada blog ini tak hanya kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja. Namun pada buku siswa juga terdapat jenis tugas lainnya, seperti hasil laporan pengamatan, membuat suatu karya, tugas pengamatan dan lain sebagainya. Tapi tenang saja, kami juga disini berbagi alternatif jawaban dari tugas-tugas tersebut. Dan jika adik-adik ingin melihat semua halaman dari soal-soal latihan yang ada pada tema 3 di kelas 3 ini, silahkan buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Pada materi kali ini adik-adik akan mempelajari macam-macam timbangan dan dilanjutkan mencari berat suatu benda dengan timbangan tersebut. Materi ini akan sangat menarik sekali untuk adik-adik pelajari. Dan di akhir materi tentunya akan ada soal-soal latihan yang akan adik-adik selesaikan. Kami sudah menyiapkan soal-soal dan kunci jawabannya, silahkan lihat saja pembahasannya di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103

Ayo Berlatih

Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya.
Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat.

Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103

Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!
  • Timbangan digunakan untuk menimbang berat, namun timbangan dirancang untuk kegunaan tertentu
  • Timbangan beras digunakan untuk menimbang benda-benda yang memiliki berat lebih dari satu kuintal misalnya beras satu karung.
  • Timbangan badan digunakan untuk mengukur berat badan seseorang.
  • Timbangan kue digunakan menimbang bahan-bahan makanan yang kecil.
  • Timbangan gantung digunakan untuk menimbang bayi di Posyandu.
  • Timbangan warung digunakan untuk menimbang barang yang dijual.
  • Neraca digunakan untuk menimbang benda (emas) dengan ketelitian hingga miligram.
Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103

Apakah satuan berat pada alat tersebut?
Diskusikan bersama adik-adikmu!
Kilogram (kg)
Perhatikan gambar berikut! Lani akan menentukan massa benda. Bantulah Lani memilih alat untuk menimbang yang sesuai!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103

Ayo Mencoba

Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahanbahan yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas.

Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)?
LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar. Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.
Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!
  • 1 kg = 10 ons
  • 1 kg = 1000 gram
  • 1 kg = 10 ons
  • 1 ons= 100 gram
  • 1 hg = 1 ons
  • 1 kwintal = 100 kg
  • 1 pon = 5 ons
  • 1 ton = 1000 kg
  • 1 ton = 10 kuintal
Gurumu sedang menjelaskan cara membaca timbangan. Perhatikan penjelasan gurumu!
Bantulah Lani cara membaca timbangan kue!
Gunakan satuan kilogram (kg) dan gram.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103

Di atas merupakan kunci jawaban untuk tugas di Halaman 101, 103. Dan kami juga tentunya sudah memposting kelanjutan dari kunci jawaban ini untuk halaman berikutnya, nah silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Halaman 106, 107. Kunci jawaban tersebutpun kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku pelajaran siswa. Namun kami juga menyarankan untuk selalu mengecek kembali kunci jawaban yang ada, dan mencocokan ke soalnya, apakah sudah sesuai atau belum.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 101, 103 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Seperti yang sudah kami sampaikan pada tiap postingan kami, kami berbagi kunci jawaban ini bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah. Dan kami berharap adik-adik juga dapat berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya dengan cara share artikel ini. Pertanyaan silahkan adik-adik sampaikan pada komentar atau contact kami, terima kasih.