Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 3 Halaman 25, 26 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini kami bagikan tidak lain hanya untuk membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolah. Yang mungkin pada soalnya ada yang sulit di jawab semoga dengan kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman ya.

Pada artikel sebelum ini, kami juga sudah berbagi banyak kunci jawaban dan terkahir kami memposting Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 19, 20 yang mungkin kunci jawaban itu sudah teman-teman lihat dan jadikan jawaban juga untuk menyelesaikan tugas sekolah. Semoga saja nilai yang diperoleh bisa maksimal.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kita tahu teman-teman bahwa tugas-tugas yang diberikan oleh guru sudah menjadi kewajiban dan keharusan teman-teman untuk dikerjakan dan dikumpulkan. Maka dari itu kerjakan setiap tugas yang di berikan oleh guru, karen dari tugas-tugas seperti inilah seorang guru bisa menilai kemampuan teman-teman semua. Dan juga nilai yang di dapat bisa menolong nilai akhir nantinya.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Materi dan soal-soal latihan pada halaman 25, 26 ini membahas tentang listrik di era globalisasi. Nantinya teman-teman akan membaca dan menyimak sebuah bacaan. Nah di akhir materi teman-teman akan mengerjakan atau menyelesaikan soal-soal latihan berkaitan dengan materi tersebut. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak materi, soal dan kunci jawabannya berikut ini ya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 25, 26

Di era globalisasi sekarang ini, tentunya kita sering menyaksikan olahraga bela diri Pencak Silat ditayangkan dalam acara-acara televisi. Bagaimana energi listrik dari pembangkit listrik bisa sampai ke rumah kita?

Ayo Membaca
Amati gambar berikut dengan teliti dan baca teks pejelasan dalam hati.

Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik?
Jenis sumber daya alam yg bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik adalah:
  • Bahan bakar minyak, pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU)
  • Angin, pada pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB)
  • Air, pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
  • Cahaya matahari, pada pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)
  • Unsur radioaktif, pada pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)
  • Panas bumi, pada pembangkit listrik tenaga panas bumi (geotermal)
2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?
Fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik untuk transmisi arus listrik bertegangan tinggi dari pembangkit listrik.
3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
Agar tegangan nya stabil sat disalurkan supaya tidak konslet.
4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.
Bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi diberbagai bidang yang didukung oleh peran listrik, sebagai sumber energi.
Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Jawaban:
Paragraf 1:

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.
paragraf 2:
Listrik dapat Dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yg tersedia di alam.
paragraf 3:
Dengan adanya listrik,kini masyarakat dapqt mengakses informasi yg berasal dari berbagai belahan dunia.
Ayo Menulis
Kamu telah memahami proses menyalurkan energi listrik dengan sistem transmisinya.

Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.

Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.
Penemu sistem transmisi adalah Nikola Tesla

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 27, 28. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26. Semoga saja, dengan kami berbagi kunci jawaban seperti ini, tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru dapat teman-teman selesaikan tepat waktu. Dan juga tentunya semoga teman-teman bisa mendapatkan nilai terbaik pada tugas kali ini.

Kami berharap juga tentunya teman-teman dapat berbagi kunci jawaban ini kepada teman sekelas lainnya, dengan cara share atau bagikan artikel ini kepada mereka. Agar semakin banyak lagi yang terbantu dengan adanya kunci jawaban ini. Pertanyaan atau sekedar ingin reques soal, silahkan sampaikan pada kami ya, melalui komentar atau halaman contact, terima kasih.