Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Senang Belajar Matematika Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Soal-soal Latihan Pada Buku Siswa Tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan Semester 2 berikut ini kami bagikan untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas yang di berikan oleh Guru. Kunci jawaban yang kami bagikan ini merupakan kunci jawaban lengkap untuk semester 1 dan 2. Dan semua kunci jawaban ini sudah berdasarkan soal-soal yang ada pada Buku Siswa tematik Senang Belajar Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah banyak berbagi kunci jawaban untuk kelas 6, semua kunci jawaban tema sudah kami posting, terkahir kami memposting Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kurikulum 2013. Silahkan Anda lihat kunci jawabannya dan Anda juga bisa berbagi kunci jawaban dari buku tema tersebut kepada teman-teman Anda yang lainnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Kelas 6 merupakan kelas tinggi dimana pada kelas tinggi ini untuk mata pelajaran matematika tematik terpisah. Berbeda dengan kelas bawah dimana mata pelajaran matematika tergabung dengan buku tematik. Mata pelajaran matematika pada kelas 6 ini berjudul Senang Belajar Matematika. Dimana pada satu buku ini materi lengkap untuk semester 1 dan semester 2.

Kita tahu bahwa kebanyak Siswa kalau ditanya tentang mata pelajaran matematika ini pasti akan menjawab tidak suka. Kebanyakan Siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika ini sangat sulit. Namun sesulit-sulitnya mata pelajaran matematika harus Siswa ikuti dan pelajari. Pada mata pelajaran Senang Belajar Matematika ini ada beberapa materi ajar yang harus di ajarkan atau di sampaikan oleh seorang Guru kepada Siswanya.

Materi-materi tersebut juga terbagi menjadi beberapa bagian materi atau sub bagian. Nah beberapa materi yang akan di pelajari di kelas 6 pada mata pelajaran matematika ini antara lain Bilangan Bulat, Lingkaran, Bangun Ruang, Statistika. Materi tersebut di pelajari pada Semester 1 dan Semester 2. Semua kunci jawaban sudah kami bagikan lengkap untuk semua materi pada Buku Siswa, jadi silahkan Anda lihat dan gunakan sebagai jawaban sesuai dengan halaman yang sedang Anda kerjakan.

Baca juga:
Seorang guru akan menyampaikan materi ajar pada Siswanya, dimana pada akhir penyampaian biasanya Siswa akan di beri tugas oleh Guru sesuai dengan tugas-tugas yang ada pada Buku Siswa. Tugas-tugas ini kebanyakan mengerjakan soal-soal latihan. Setelah Siswa selesai mengerjakan tugas tersbut, maka kewajiban Guru untuk mengoreksinya. Dan dalam mengoreksi juga seorang Guru haruslah tahu mana jawaban yang tepat untuk tiap-tiap soalnya. Untuk itu, Guru juga bisa menggunakan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 ini sebagai kunci jawaban untuk nantinya mengoreksi tugas-tugas Siswanya.

Kunci Jawaban Buku Senang Belajar Matematika Kelas 6

Sudah kami jelaskan di atas, bahwa dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dan Siswa di Sekolah, seorang Siswa akan di tugaskan oleh Guru untuk mengerjakan berbagi tugas nantinya. Tugas-tugas ini bisa dikerjakan di Sekolah maupun di Rumah atau kita kenal dengan PR. Tugas-tugas tidak selalu mengerjakan soal-soal latihan saja, namun tugas-tugas bisa berupa, tugas kelompok, tugas berdiskusi, tugas mengamati, membuat laporan hasil pengamatan dan lainnya.

Seorang Siswa harus mengerjakan tugas tersebut jika ingin mendapatkan nilai tambahan. Bagi seorang Siswa bisa mendapatkan nilai yang bagus pada tugas-tugas yang di kerjakan, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Selain bangga, bisa mendapatkan nilai bagus tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi Siswa tersebut.

Kenapa tidak! Karena biasanya di akhir Semester dalam memberikan penilaian di raport, seorang akan mengkalkulasikan semua nilai yang di dapat Siswa tersebut dalam satu Semester. Nah termasuk nilai-nilai yang di peroleh Siswa dari mengerjakan tugas-tugas seperti ini. Maka dari itu mulailah peduli dengan nilai tugas-tugas harian Anda.

Nah untuk itulah kami disini berbagi kunci-kunci jawaban dari tugas-tugas yang ada pada Buku Siswa, semoga dengan adanya kunci jawaban ini nilai yang Anda dapat juga akan semakin bagus. Berikut ini silahkan Anda lihat kumpulan kunci jawabannya untuk semua Subtema yang ada. Lihat dan pilih sesuai dengan halaman yang sedang Anda kerjakan.

Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 (Bilangan Bulat)

Untuk materi pertama yang dipelajari oleh Siswa pada Buku Senang Belajar Matematika Kelas 6 ini adalah tentang Bilangan Bulat. Materi Bilangan Bulat ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian materi. Nah berikut ini silahkan Anda lihat kunci jawaban dari masing-masing materinya.

A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi membaca dan menulis lambang bilangan bulat:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 10, 11, 12
B. Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 17, 18
C. Operasi Hitung Bilangan Bulat
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi operasi bilangan bulat:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 35, 36
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 42, 43
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 49
D. Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi menyelesaikan masalah sehari-hari dengan bilangan bulat:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 52, 53
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 56, 57, 58

Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 (Lingkaran)

Untuk materi selanjutnya yang dipelajari oleh Siswa pada Buku Senang Belajar Matematika Kelas 6 ini adalah tentang Lingkaran. Materi Lingkaran ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian materi. Nah berikut ini silahkan Anda lihat kunci jawaban dari masing-masing materinya.

A. Hal-hal yang Berkaitan dengan Lingkaran
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi hal-hal yang berkaitan dengan lingkaran:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 67, 68
B. Keliling Lingkaran
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi keliling lingkaran:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 75, 75, 77
C. Luas Lingkaran
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi luas lingkaran:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 82, 83

Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 (Bangun Ruang)

Untuk materi selanjutnya yang dipelajari oleh Siswa pada Buku Senang Belajar Matematika Kelas 6 ini adalah tentang Bangun Ruang. Materi Bangun Ruang ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian materi. Nah berikut ini silahkan Anda lihat kunci jawaban dari masing-masing materinya.

A. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi membaca dan menulis lambang bilangan bulat:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 91, 92
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 95
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 98, 99
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 102
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 105
B. Luas Permukaan Bangun Ruang
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi luas permukaan bangun ruang:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 109, 110
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 113
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 117, 118
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 121, 122
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 126, 127
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 131, 132
C. Volume Bangun Ruang
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi volume bangun ruang:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 136
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 139
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 142, 143
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 147, 148, 149
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 153, 154
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 157, 158
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 161, 162

Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 (Statistika)

Untuk materi terakhir yang dipelajari oleh Siswa pada Buku Senang Belajar Matematika Kelas 6 ini adalah tentang statistika. Materi statistika ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian materi. Nah berikut ini silahkan Anda lihat kunci jawaban dari masing-masing materinya.

A. Modus (Data yang Sering Muncul)
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi modus : data yang sering muncul:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 171
B. Median (Nilai Tengah)
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi median (nilai tengah):
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 177
C. Mean (Nilai Rata-rata)
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi mean (nilai rata-rata):
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 182, 183
D. Nilai yang Tepat Mewakili Modus, Median dan Mean
Berikut ini merupakan kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 materi nilai yang tepat mewakili modus, median dan mean:
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 188
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 190, 191, 192, 193
  • Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 193, 194, 195 196, 197, 198
Kami akan segera mengupdate kunci jawaban di atas jika masih ada yang belum tersedia, mohon untuk Anda bisa bersabar. Itulah kunci jawaban buku tematik Senang Belajar Matematika. Dan untuk melihat kunci jawaban kelas 3 silahkan Anda lihat pada postingan kami Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Kurikulum 2013.

Sekian postingan kami terkait Kunci Jawaban Buku Tematik Senang Belajar Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013. Kami berharap semoga kunci jawaban ini bisa membantu Anda dalam mengerjakan soal-soal latihan pada Buku Siswa.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ada yang ingin Anda reques, silahkan sampaikan pada kami melalui kolom komentar atau melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin membalas pertanyaan Anda. Dan jangan lupa juga untuk saling berbagi kunci jawaban ini pada teman Anda yang lainnya dengan cara share artikel ini ke sosial media Anda, terima kasih.