Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10, 11 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10, 11 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 1 jenis-jenis pekerjaan kegiatan pembelajaran 1 Halaman 10, 11 kurikulum 2013 revisi semester 1 yang kami share berikut ini kami buat berdasarkan materi dan soal yang ada. Jadi teman-teman tidak usah ragu, silahkan gunakan kunci jawaban ini untuk menyelesaikan atau mengerjakan tugas sekolah.

Pada postingan kami sebelumnya, kami juga telah membagikan kunci jawaban untuk Tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 7, 8. Mungkin saja kunci jawaban tersebut sudah teman-teman lihat dan di jadikan jawaban untuk menyelesaikan tugas pada halaman sebemunnya. Kami berharap nilai yang teman-teman dapatkan juga akan jauh lebih bagus lagi dari tugas sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10, 11

Kunci jawaban yang kami bagikan disini tidak hanya untuk tugas soal-soal latihan saja, namun kami juga berbagi jawaban untuk jenis tugas lainnya. Kunci Jawaban Kelas 4 yang kami bagikan ini tentunya kami buat berdasarkan pemahaman kami terkait materi dan soal yang ada pada buku siswa atau buku pelajaran. Maka dari itu silahkan teman-teman jadikan sebagai alternatif jawaban. Nah untuk melihat semua kunci jawaban untuk tema 4 ini silahkan teman-teman buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10, 11

Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita.
Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita.

Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau.

Perhatikan fakta tentang manfaat bakau berikut! Lalu jawablah pertanyaan!
1. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi.Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpunrumpun bakau mampu menyerap energy gelombang yang datang sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.

2. Menahan rembesan air laut ke darat.

3. Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.

4. Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar.Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetapbersih dan segar.

5. Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.

6. Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.

Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau?
Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan.
Apa yang terjadi jika hutan bakau rusak?
Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.
Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan!
Hutan bakau menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi.
Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari?
Hutan bakau harus dijaga kelestarianya agar keseimbangan alam dan keselamatan manusia tetap terjaga.
Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10, 11

Sumber daya alam:
Tumbuhan

Contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya:
  1. Tidak menebang pohon sembarangan
  2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
  3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
  4. Pemeliharaan tanaman dengan benar
Sumber daya alam:
Hewan

Contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya:
  1. Tidak berburu hewan sembarangan
  2. Melindungi hewan hewan langka
  3. Hewan langka dibudi dayakan
  4. Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis
Sampaikan hasil kerjamu kepada gurumu!

Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa yang menciptakan beragam tumbuhan. Yuk, membuat poster untuk menginformasikan pada temanmu di sekolah tentang pentingnya menjaga dan menyayangi tumbuhan yang ada di lingkungan kita.

Selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban yang sama yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 14, 15, 16, 17. Silahkan teman-teman lihat langusng kunci jawabannya, dan jika memang pada halaman tersebut menjadi tugas teman-teman silahkan gunakan sebagai alternatif jawaban. Semoga nilai yang di dapat akan lebih bagus lagi dari tugas sebelumnya.

Baiklah teman-teman semua, sampai disini ulasan kami ya terkait Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10, 11 Buku Siswa Tematik ini. Jangan lupa untuk selalu belajar di rumah untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian atau penilaian harian dan ulangan akhir semester. Kalau teman-teman ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kami melalui komentar, atau laman kontak ya.