Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123 Kurikulum 2013 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 3 Perubahan Wujud Benda Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 ini kami buat dan bagikan untuk adik-adik yang saat ini sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas sekolah. Yang mana tugas ini akan segera dikumpulkan kepada guru. Nah kunci jawaban ini akan membantu dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah banyak berbagi kunci jawaban tema 3 kelas 3 subtema 2, terakhir yang kami posting adalah Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 114, 115, 116. Mungkin adik-adik sudah melihat kunci jawabannya untuk digunakan sebagai jawaban mengerjakan tugas yang ada. Semoga saja nilai yang di dapat adik-adik bagus.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

Mengerjakan dan mengumpulkan tugas sekolah kepada guru sudah menjadi keharusan bagi adik-adik dalam bersekolah. Dari tugas-tugas inilah seorang guru dapat menilai pemahaman adik-adik semua, apakah sudah memahami materi ajar atau belum. Dan nilai-nilai yang di dapat dari tugas-tugas harian seperti ini akan membantu meningkatkan nilai akhir semester pada raport. Maka dari itu jangan lalaikan tugas-tugas sekolah yang diberikan guru, kerjakan dengan maksimal dan pelajari juga soal dan jawabannya.

Lihat juga:
Kami sangat senang jika pada akhirnya Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 yang kami bagikan pada blog ini bisa membantu adik-adik semua dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Selain itu semoga nilai yang didapat dari tugas ini akan lebih bagus lagi dari nilai tugas sebelumnya. Dan kamipun selalu mengingatkan adik-adik untuk selalu semangat dalam belajar agar nantinya punya persiapan ketika akan ulangan harian atau ulangan semester. Adik-adik bisa melihat semua kunci jawaban dari tugas-tugas pada buku tema 3 kelas 3 ini di artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3.

Untuk materi di halaman 120, 121, 123 ini yang akan adik-adik pelajari ialah tentang proses mencair. Dimana nantinya adik-adik juga akan melakukan percobaan dan menulis hasil dari percobaan tersebut. Seperti biasanya, kami disini sudah menyiapkan kunci jawaban atau pembahasan dari tugas kali ini, nah silahkan lihat langsung pembahasannya di bawah ini ya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

Ayo Membaca

Mencair

Hari ini sangat terik. Lani membeli es krim bersama teman-temannya. Beberapa saat, es krim berubah menjadi cair. Mengapa hal itu terjadi?

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

Bagaimana jika kamu meletakkan es batu di luar?
Tentu saja, lamakelamaan es tersebut akan berubah menjadi air, bukan? Begitu juga ketika kamu memegang cokelat.
Lama-kelamaan cokelat tersebut akan meleleh. Mengapa?
Cokelat meleleh karena terkena panas tanganmu. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut mencair atau meleleh atau melebur.
Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Apakah yang dimaksud mencair?
Mencair adalah  perubahan wujud dari padat menjadi cair.
2. Pernahkah kamu melihat proses mencair lainnya?
Pernah.
3. Berikan contoh proses mencair dalam kehidupan sehari-hari!
Beberapa contoh mencair dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
  • Es batu yang mencair menjadi air
  • Lilin yang meleleh ketika dibakar
  • Mentega yang dipanaskan
  • Es krim beku yang mencair menjadi cairan
  • Dan Logam besi yang didaur ulang menjadi kerajinan.
4. Pada wacana di atas, proses mencair terjadi pada es. Apakah proses mencair terjadi juga pada logam?
Ya. Proses mencair juga terjadi pada logam, namun proses ini sering disebut dengan meleleh yang terjadi pada suhu tinggi dibanding dengan unsur non logam.
Ayo Mencoba

Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es.
Namun, proses mencair juga terjadi pada bendabenda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan? Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!

Bahan dan Alat
- Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral
- Es batu, cokelat, kapur, dan mentega

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

Langkah-Langkah Percobaan
1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini!
Hasil pengamatanku:
Dari hasil pengamatan es batu mencair paling cepat dibandingkan dengan benda yang lainnya.
Kesimpulanku:
Setiap benda mulai mencair pada suhu yang berbeda-beda.
Informasi Penting!
Es mencair jika suhunya mencapai 0oC. Besi dapat dicairkan jika dipanaskan sampai suhu 600oC. Setiap benda mulai mencair pada suhu yang berbeda-beda. Suhu dimana benda mulai mencair disebut Titik Leleh.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123

Pada postingan kami selanjutnya, kami masih mengulas dan berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3. Dimana kunci jawaban tersebut kami buat berdasarkan materi-materi ajar yang ada pada buku pelajaran atau buku siswa. Tak hanya tugas-tugas dari soal-soal latihan saja, namun kamipun disini berbagi tugas-tugas lainnya yang bisa teman-teman jadikan jawaban untuk mengerjakan tugas sekolah. Nah silah teman-teman lihat langsung untuk kunci jawaban pada halaman berikutnya di artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 125, 126.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 120, 121, 123 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Ayo, adik-adik semua berbagi juga kunci jawaban ini kepada teman sekelas lainnya yang juga sedang mengerjakan tugas yang sama. Dengan itu akan ada banyak lagi teman-teman yang terbantu dan merasakan manfaatnya. Nah jika adik-adik memiliki pertanyaan atau saran silahkan sampaikan pada kami ya melalui komentar atau halaman contact, terima kasih.