Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 99, 100 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 99, 100 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 2 Usaha di Sekitarku Halaman 99, 100 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini bisa teman-teman jadikan solusi dalam mengerjakan soal-soal latihan yang ada pada Buku Siswa atau buku pelajaran tematik. Dengan adanya kunci jawaban ini diharapkan teman-teman bisa terbantu dan bisa mendapatkan nilai lebih baik lagi.

Di postingan kami sebelum ini, kami sudah berbagi juga kunci jawaban yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 93, 96. Yang mungkin teman-teman juga sudah melihatnya dna menjadikan jawaban untuk tugas-tugas sekolah pada halaman sebelumnya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 99, 100 Kurikulum 2013

Semua kunci jawaban yang kami bagikan, kami buat berdasarkan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa, jadi teman-teman jangan ragu untuk menggunakan jawaban ini. Dan tentunya teman-teman juga bisa mengoreksi kunci jawabannya, apa sudah sesuai dengan soal atau belum karena takutnya masih ada yang keliru.

Lihat juga:
Dengan adanya kumpulan Kunci Jawaban Tematik ini, semoga akan memudahkan dan membantu teman-teman semuanya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, serta teman-teman lebih semangat lagi belajar mandiri di luar sekolah. Dan untuk melihat semua kunci jawaban untuk Tema 5 kelas 6 ini, teman-teman bisa melihatnya pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Kurikulum 2013.

Materi dan soal-soal untuk halaman 99, 100 ini tentang kemasan produk, dimana nantinya teman-teman akan banyak membahas materi ini. Dan tentunya materi ini juga sudah di bahas pada halaman sebelumnya. Dan disini teman-teman hanya mengulang kembali. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pembahasannya berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 99, 100

Kamu akan merancang kemasan berbentuk prisma segitiga. Sebelum kamu merancang kemasan, alangkah baiknya kamu membaca penjelasan tentang kemasan produk berikut ini.

Ayo Membaca

Kemasan Produk

Selama berabad-abad, fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai-nilai fungsional. Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar.

Menjelang abad pertengahan, bahan-bahan kemasan terbuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik, dan kaca. Pada zaman itu, kemasan masih terkesan seadanya dan lebih berfungsi untuk melindungi barang terhadap pengaruh cuaca atau proses alam lainnya. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai wadah agar barang mudah dibawa selama perjalanan.

Baru pada tahun 1980-an, persaingan dalam dunia usaha semakin tajam. Kalangan produsen saling berlomba untuk merebut perhatian calon konsumen. Bentuk dan model kemasan dirasakan sangat penting peranannya dalam strategi pemasaran. Di sini, kemasan harus mampu menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, dan “membujuk” konsumen. Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan.

Fungsi Peranan Kemasan
Secara umum, fungsi kemasan adalah :
  1. Melindungi dan mengawetkan produk. Contohnya, melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari kotoran, atau mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
  2. 2Sebagai identitas produk. Dalam hal ini, kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan pengirim informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada bagian luar kemasan.
  3. Meningkatkan efisiensi. Antara lain: memudahkan penghitungan, memudahkan pengiriman, dan memudahkan penyimpanan.
Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu. Contohnya, produk-produk makanan. Dari kemasannya, orang sudah dapat mengenali rasanya. Walaupun tidak ada pesan yang ditulis pada kemasan tersebut, ciri pada kemasannya mengomunikasikan suatu citra yang baik.

Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari suatu wirausaha.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Apa fungsi kemasan pada mulanya?
Untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa.
2. Sebutkan 3 fungsi utama dari kemasan.
  • Melindungi dan mengawetkan produk.
  • Sebagai identitas produk.
  • Meningkatkan efisiensi.
3. Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan
yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari
suatu wirausaha.
Apakah maksud dari pernyataan di atas?
Maksud dari pernyataan di atas ialah banyaknya keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita saat ini mengharuskan pelaku wirausaha untuk lebih kreatif lagi dalam berinovasi, terutama dalam mendesain kemasan yang inovatif dan menarik dan aman untuk konsumen.
Ayo Mengamati
Amati kemasan berbentuk prisma segitiga.


Ayo Berdiskusi
Diskusikan kemasan tersebut dalam kelompok.
Tuliskan sebanyak mungkin hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan pada kolom berikut.
Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dalam kelompok.
Pada tugas kali ini teman-teman di suruh untuk bertanya terkait kemasan pada gambar di atas.

Berikut ini beberapa hal yang bisa teman-teman sampaikan:
  • Bagaimana cara membuat kemasan tersebut
  • Kemasan tersebut berbantuk bangun ruang apa
  • Langkah-langkah dalam membuat kemasan tersebut
Teman-teman bisa menambahkan hal-hal lainnya yang ingin teman-teman tanyakan.

Sekian kunci jawaban yang dapat kami bagikan untuk teman-teman semua terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 99, 100. Harapan kami, setelah teman-tema mengumpulkan tugasnya, nilai yang teman-teman dapat akan semakin baik, sehingga bisa menolong pada nilai raport nantinya.

Pada artikel selanjutnya, teman-teman dapat melihat kunci jawaban untuk halaman berikutnya, yang juga tentunya semua kunci jawaban sudah berdasarkan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban berikutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 101.

Kami berharap dengan adanya kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan soal-soal latihan dan juga semoga nilai yang di dapat akan semakin baik lagi. Jangan lupa ya teman-teman untuk berbagi kunci jawaban ini kepada teman lainnya. Pertanyaan dan reques kunci jawaban lainnya, silahkan tinggalkan pada kolom komentar atau halaman contact, terima kasih.