Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 3 Ayo, Belajar Berwirausaha Halaman 185, 186, 187, 188 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru berikut ini bisa teman-teman jadikan jawaban untuk mengisi tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada Buku Siswa atau buku pelajaran. Kami berbagi kunci jawaban ini tentunya untuk memudahkan teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Pada postingan kami sebelumnyapun kami sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 183, 184 y yang juga bisa teman-teman lihat jika soal-soal latihan pada halaman tersebut juga menjadi tugas yang sedang di kerjakan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188 Kurikulum 2013

Kunci jawaban yang kami bagikan ini tentunya sudah sesuai dengan materi dan soal-soal pada Buku Siswa. Jadi silahkan teman-teman gunakan untuk mengisi dan mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru pada buku pelajaran.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang diberika oleh guru. Dan kami juga berharap nilai-nilai yang diperoleh teman-teman dalam tugas-tugas sekolah akan semakin baik lagi. Teman-teman bisa melihat kumpulan lengkap untuk kunci jawaban kelas 6 Tema 5 ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6.

Untuk tugas pada halaman 185, 186, 187, 188 ini merupakan tugas evaluasi akhir pada Tema 5 ini dimana nantinya teman-teman akan mengerjakan soal-soal sebanyak 11 soal. Dan untuk materi pada soalnya sendiri adalah semua materi yang sudah dipelajari pada tema 5. Dan kami sudah mengulas soal-soal serta kunci jawabannya berikut ini, silahkan teman-teman lihat langsung.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 185, 186, 187, 188

Untuk tugas pada halaman ini teman-teman akan mengerjakan soal-soal Evaluasi akhir Pembelajaran Tema 5. Nah berikut ini silahkan teman-teman lihat langsung soal-soal serta pembahasan kunci jawabannya.

EVALUASI
1. Apakah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) itu?
MEA adalah bentuk integrasi ekonomu ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN.
2. Apa manfaat dari MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya?
Manfaat dari MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN yaitu:
  • MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka karena lapangan pekerjaan yang banyak tersedia.
  • Produk – produk baik dari Indonesia dan negara lainnya dapat diperdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang di akui khususnya di kawasan Asia Tenggara.
  • MEA juga dapat mendorong peningkatan ekspor dan impor dengan adanya sistem yang bebas tarif dan bebas hambatan.
  • MEA juga dapat mendorong pertumbuhan investasi asing yang dapat memperkuat ketahanan modal di dalam negeri.
3. Apa yang perlu dipersiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu berpartisipasi dalam di MEA?
Ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA, yakni:
  • Mempelajari bahasa Inggris. Di Asia Tenggara dalam ekonomi MEA sangat diperlukan komunikasi berskala internasional agar dapat terjadi interaksi yang memadai. Untuk itulah penguasaan bahasa Inggris perlu dikuasai agar dapat berinteraksi dengan sesama rekan se-Asia Tenggara
  • Menguasai skill-skill tertentu. Artinya adalah dari MEA secara tidak langsung kita akan bersaing dengan rekan se-Asia Tenggara. Agar tidak kalah, kita mengembangkan skill kita supaya mampu bersaing di Asia Tenggara
  • Menguasai beberapa kultur dan bahasa asing dari negara yang akan kita jadikan tempat kita bekerja dan belajar. Jika suatu saat ada yang bekerja di Thailand misalnya, kita harus mempelajari bahasa Thai dan kebudayaannya meskipun secara dasar, agar mampu beradaptasi dengan negara yang akan kita tuju sebagai tempat bekerja kita.
4. Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan.
Magnet memiliki beberapa sifat, antara lain sebagai berikut :
  • Magnet memiliki gaya tarik sehingga dapat menarik benda-benda lain. Gaya tarik magnet terkuat berada di kutub-kutubnya.
  • Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak 
  • Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda.
  • Sifat kemagnetan bisa hilang jika terbakar, dipukul-pukul atau dibanting.
  • Jika digantung bebas magnet akan menunjukkan arah kutub utara dan selatan. Sifat ini dimanfaatkan dalam pembuatan kompas.
Medan magnet adalah ruang di mana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet. Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet.

5. Sebutkan masing-masing 5 contoh benda magnetis dan benda nonmagetis yang ada di  sekitarmu?
Benda Magnetis Yaitu:
  • Logam
  • Peniti
  • Besi
  • Paku
  • Nikel
Benda NonMagnetis Yaitu:
  • Aluminium
  • Kain
  • Kayu
  • Ebonit
  • Kertas
6. Sebutkan 3 cara membuat magnet.
1. Membuat Magnet dengan Cara Menggosok.
2. Membuat magnet dengan cara Induksi.
3. Membuat Magnet Dengan Cara Arus Listrik.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188

Membuat Magnet dengan Gosokan
Besi yang semula bukan magnet, dapat dijadikan magnet. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet.

Membuat Magnet dengan Induksi
Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya adalah besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

Membuat Magnet Dengan Cara Arus Listrik
Besi dan baja dapat juga dijadikan magnet dengan arus listrik. Caranya besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal ini menyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

7. Sebutkan contoh-contoh formulir yang kamu ketahui dan informasi penting apa yang biasa dituliskan pada formulir tersebut?
Beberapa contoh formulir beserta informasi penting yang harus dituliskan anatara lain sebagai berikut:
  • Formulir Pendaftaran Lomba : Informasi penting : Nama, Tempat Tanggal Lahir, Asal Sekolah, dan bidang lomba yang diikuti.
  • Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler : Informasi Penting : Nama, Umur, Kelas, Nomor Induk Siswa
  • Formulir Daftar Riwayat Hidup : Informasi penting : Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan, Agama, Riwayat Pendidikan dan Kecakapan yang dimiliki
  • Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri : Informasi penting : Nama, Alamat, Alamat penerima, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kode Pos.
  • Formulir Ujian Sekolah : Informasi penting : Nama, Nomor Peserta, Tempat dan tanggal lahir, Nama mata pelajaran
8. Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup? Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?
Riwayat hidup adalah sebuah catatan atau sebuah bentuk dari dokumen yang dimana kemudian memberikan sebuah gambaran diri pribadi yang dimana terbentuk secara singkat, berisikan informasi mengenai pendidikan, dan kemudian juga mengenali segala macam pengalaman dari seseorang berdasarkan sebuah kualifikasi lainnya yang dimana dimiliki oleh seseorang.
Secara umum, hal yang harus dicantumkan di dalam riwayat hidup adalah :
  • Data Pribadi : yang dimana berisikan nama, alamat, email, dan berbagai macam identitas pribadi lainnya.
  • Pendidikan : yang dimana berisikan latar belakang pendidikan dimulai dari SMA ke atas dan berbagai macam pendidikan non-formal yang dimana pernah diikuti.
  • Pengalaman Kerja : yang dimana berisikan berbagai macam perusahaan yang dimana pernah menjadi pegawainya.
  • Keterampilan yang dimiliki : Menjelaskan berbagai macam keahlian yang dimiliki
  • Training yang pernah diikuti : Berisikan berbagai macam kegiatan pelatihan yang sebelumnya pernah diikuti.
  • Prestasi : Selain pengalaman bekerja, isikan pula sebuah keunikan yang dimana menjadi prestasi.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler : Berisikan berbagai macam kegiatan yang dimana berupa diluar kegiatan inti.
9. Bagaimana kamu menghargai keberagaman usaha dan ekonomi yang ada di sekitarmu?
Cara menghargai keberagaman ekonomi orang lain antara lain sebagai berikut
  • Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
  • Menghormati orang yang sedang bekerja.
  • Menghargai pekerjaan orang lain.
10. Apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu?
Dengan adanya keberagaman ekonomi kebutuhan ekonomi kita dapat terpenuhi karena tidak semua kebutuhan dapat dicukupi sendiri namun membutuhkan bantuan dari orang lain.
11. Selesaikan soal-soal di bawah ini.
Hitunglah volume bangun gabungan berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188

d. Sebuah bola mempunyai diameter 18 cm. berapakah volume bola tersebut?

Jawaban dan pembahasan No. 11

a. Jawaban a:

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188
Diketahui:V 2 bangunan
V1=kubus
V2=balok
Jawaban:
V1=S³(S×S×S)
=8cm³(8cm×8cm×8cm)
=512cm³
V2=P×L×T
=16cm×8cm×5cm
=640cm³
V gabungan = V1+V2=512cm³+640cm³ = 1.152cm³
Jadi Volume gabungannya adalah=1.152cm³
b. Jawaban b:

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188 Kurikulum 2013

Bangun tersebut terdiri dari prisma segi tiga dan balokVolume Prisma Segitiga
= Luas Alas x Tinggi
= (½ alas x tinggi)  x tinggi
= (½ x 6 x 4) x 10
= 12 x 10
= 120 m³
Volume Balok
Volume = p x l x t
= 10 x 6 x 0,5
= 30 m³
Volume gabungan = 120 m³ + 30 m³ = 150 m³
c. Jawaban c:

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188 Kurikulum 2013
Bangun tersebut merupakan gabungan bangun tabung dan kerucutVolume Tabung = Luas Alas x Tinggi
= πr² x tinggi
= 3,14 x 5² x 12
= 78,5 cm²  x 12
= 942 cm³
Volume Kerucut
Volume = 1.3 x Luas Alas x Tinggi
= ⅓ x πr² x tinggi
= ⅓ x 3,14 x 5² x 12
= ⅓ x 78,5 cm² x 12
= ⅓ x 942 cm³
= 314 cm²
Volume Gabungan = 942 cm³ + 314 cm³ = 1.256 cm³
d. Sebuah bola mempunyai diameter 18 cm. berapakah volume bola tersebut?
Diketahui:
Diameter = 18 cm
↔ Jari - jari
= ½ diameter
= ½ x 18
= 9 cm
Volume Bola= 4/3 x π x r³
= 4/3 x 22/7 x 9³
= 88/21 x 729
= 3054,85 cm³
Jadi volume bola tersebut adalah 3054,85 cm³
Sekian kunci jawaban yang dapat kami bagikan untuk teman-teman semua terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 185, 186, 187, 188. Semoga jawaban yang kami paparkan ini bisa sedikit membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas dari guru. Dan jika ada jawaban yang berkaitan dengan pemikiran sendiri, silahkan teman-teman sesuaikan.

Untuk postingan kami selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 3. Dan semua kunci jawaban yang kami bagikan tersebut tentunya sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6.

Jangan lupa ya teman-teman untuk berbagi kepada teman lainnya yang sekelas yang juga tentunya membutuhkan kunci jawaban ini agar semakin banyak yang terbantu. Nah jika teman-teman ada pertanyaan atau ingin reques soal-soal silahkan sampaikan pada kami melalui kolom komentar atau Contact, terima kasih.