Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 161, 162 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 161, 162 - Kunci Jawaban dan Pembahsan Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 5 Wirausaha Subtema 3 Ayo, Belajar Berwirausaha Halaman 161, 162 Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru berikut ini bisa teman-teman jadikan jawaban untuk mengisi tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada Buku Siswa atau buku pelajaran. Kami berbagi kunci jawaban ini tentunya untuk memudahkan teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Pada postingan kami sebelumnyapun kami sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 4 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 156 yang juga harus teman-teman lihat. Atau mungkin teman-teman sudah melihatnya, jika sudah mungkin teman-teman bisa membantu berbagi kepada yang lainnya dengan cara share postingan tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 161, 162 Kurikulum 2013

Semua kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan ataupun tugas yang ada pada Buku Siswa atau Buku Tematik kelas 6. Jadi silahkan teman-teman gunakan jawaban yang kami share ini untuk menjawab setiap soal yang ada pada buku pelajaran.

Baca juga:
Kunci Jawaban Tematik ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang diberika oleh guru. Dan kami juga berharap nilai-nilai yang diperoleh teman-teman dalam tugas-tugas sekolah akan semakin baik lagi. Teman-teman bisa melihat kumpulan lengkap untuk kunci jawaban kelas 6 Tema 5 ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 K13.

Materi dan soal pada Halaman 161, 162 ini masih berkaitan dengan materi dan soal pada halaman sebelumnya. Materi pada Halaman 161, 162 ini adalah tentang formulir. Dimana nantinya teman-teman akan ditugaskan untuk mengidentifikasi formulir dan membuat sebuah formulir berdasarkan perintah. Untuk lebih jaslnya, silahkan simak materi, soal dan kunci jawabannya berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 161, 162

Kita telah belajar banyak hal tentang wirausaha. Sekarang, kita akan belajar menjadi pelaku wirausaha cilik. Apa saja yang harus diperhatikan saat akan memulai suatu wirausaha?

Ayo Membaca
Simak percakapan berikut ini!

Suatu sore, Udin dan teman-teman berkesempatan bertemu dengan Pak Gino. Beliau adalah seorang tokoh wirausahawan sukses yang sederhana dan suka berbagi ilmu. Beliau memulai usaha mainan kayu edukatif beberapa tahun yang lalu. Sekarang, produknya sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai TK dan Taman Bermain.

Udin :
Pak Gino, aku sangat kagum dengan produk buatan Pak Gino. Suatu saat nanti, aku ingin bisa menjadi wirausahawan sukses seperti Bapak. Bagaimana awal mula Pak Gino memulai usaha ini?

Pak Gino :
Bapak saya seorang perajin kayu. Sejak kecil, saya sering membantu bapak. Bapak sering membuatkan saya mainan dari sisa-sisa kayu. Mainan-mainan itu membantu saya untuk lebih mudah memahami pelajaran matematika. Nah, kemudian saya memiliki keinginan untuk membuat berbagai mainan kayu. Saya ingin mainan itu juga membantu anakanak memahami pelajarannya.

Siti :
Oh, jadi kita bisa memulai suatu usaha dengan bekal keterampilan, hobi, dan kreativitas yang kita miliki ya, pak? Aku gemar mencoba berbagai resep masakan. Wah, mungkin suatu saat nanti aku bisa membuka usaha toko kue, ya.

Udin :
Kalau aku suka bermain bola, usaha apa ya, yang bisa aku jalani di masa depan? Apakah membuat bola?

Pak Gino :
Mungkin saja. Biasanya, kalau kita memiliki minat terhadap suatu hal, ide dan kreativitas akan berkembang dengan sendirinya.

Edo :
Apakah ketika bapak bermimpi membuat usaha mainan kayu, bapak yakin akan laku di pasaran?

Pak Gino :
Oh, saya tidak sekadar bermimpi. Saya juga melakukan survei sebelum memulai usaha. Dari sana, saya temukan bahwa banyak anak yang membutuhkan mainan yang mendidik. Ketika saya akan memulai usaha, produk sejenis belum ada di pasaran. Oleh karena itu, saya memberanikan diri memulainya.

Edo :
Lho, kalau hobiku membaca, usaha apa yang bisa aku lakukan nanti, ya? Belum tentu aku bisa menulis buku. Tentu, tidak mudah juga bersaing dengan buku-buku bagus yang ada di toko buku, ya.

Pak Gino :
Usaha yang kamu jalankan nanti tidak selalu berbentuk barang yang dijual. Ada berbagai jasa yang dapat menjadi bidang usaha. Bisa saja kamu membuka perpustakaan kecil dan menyewakan buku-buku koleksimu untuk dibaca oleh anak-anak di sekitar permukimanmu.

Edo :
Betul juga ya, Pak. Tidak terpikir olehku sebelumnya. Perpustakaan kecil pasti menarik untuk anak-anak di sekitar rumahku.

Siti :
Berdasarkan pengalaman Pak Gino, apa saja kiat-kiat dalam menjalankan usaha?

Pak Gino :
Modal utamanya adalah kerja keras dan pantang menyerah. Usaha yang dirintis tidak selalu mulus dalam perjalanannya. Tekun, kreatif, serta jujur juga tidak boleh ditinggalkan. Usaha yang dimulai dengan niat dan sikap yang baik akan berbuah hasil yang baik pula.

Udin :
Wah, ternyata banyak ya, yang masih harus kita pelajari untuk menjadi wirausahawan sukses. Tidak cukup sehari kita berguru pada Pak Gino. Boleh ya Pak, lain kali kami bertemu bapak lagi. Siapa tahu, kelak impian kami menjadi wirausahawan kecil bisa terwujud seperti bapak.

Pak Gino :
Tentu saja boleh. Bapak senang melihat anak-anak seumur kalian sudah memiliki impian yang tinggi. Bapak punya keyakinan, dengan bermimpi, kita akan memiliki motivasi kuat untuk mewujudkannya.

Sore itu, Udin, Edo, dan Siti pulang dengan bekal ilmu baru. Semakin kuat keinginan mereka mengikuti jejak Pak Gino suatu hari nanti.

Jawab pertanyaan berikut :

1. Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan?
Adapun sikap tersebut sebagai berikut:
  • Mampu untuk berpikir juga bertindak secara kreatif & inovatif.
  • Mampu untuk bekerja secara tekun, teliti juga produktif.
  • Mampu dalam berkarya dengan berdasar pada etika bisnis sehat.
  • Mampu untuk berkarya dengan semangat berdikari.
  • Mampu dalam memecahkan masalah serta pengambilan keputusan sistematis termasuk keberanian dalam mengambil resiko.
Adapun perilaku wirausaha adalah sebagai berikut:
  • Mempunyai rasa percaya diri yang baik.
  • Lebih berorientasi pada tugas & hasil.
  • Seorang pengambil resiko.
  • Memiliki kepemimpinan dan keorisinilan.
  • Berorientasi ke masa depan.
2. Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat akan melakukan suatu usaha?
Faktor yg harus di perhatikan saat akan melakukan usaha :
  • Memiliki keterampilan.
  • Bisa berkomunikasi dengan luas dan baik.
  • Mpunyai pengalaman yang cukup.
  • Memiliki wawasan usaha.
3. Apa yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat?
Yang harus dilakukan agar usaha kita dikenal oleh masyarakat ialah:
  • Memperkenalkan produk pada usaha yang dijalankan
  • Menjelaskan keunggulan atau manfaat dari produk tersebut
  • Menawarkan produk tersebut kepada masyarakat
  • Menjualkan produk ke berbagai tempat
  • Mengiklankan produk dari usaha tersebut
4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat? Jelaskan.
Manfaat wirausaha yang dilakukan bagi masyarakat adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dan memperluas lapangan kerja bagi masyarakat.
5. Jika kamu adalah Pak Gino, bagaimana kamu melaksanakan tanggung jawabmu sebagai seorang wirausahawan?
Dengan penuh tanggung jawab, jujur dan tidak curang.
6. Jika di sekitar tempat usahamu, ada pengusaha lain yang membuka usaha yang serupa, bagaimana sikapmu?
Sikap saya adalah tetap bersikap baik, menjalin hubungan yang baik, saling sapa, tidak saling menjelekkan dan menjatuhkan, selalu optimis dalam menjalankan usaha karena rezeki masing-masing tidak akan pernah tertukar.
Sekian kunci jawaban yang dapat kami bagikan untuk teman-teman semua terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 161, 162. Kami tentunya sangat berharap kunci jawaban yang kami bagikan ini bisa membantu teman-teman semua dalam menyelsaikan tugas sekolah.

Untuk postingan kami selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 5 Subtema 3. Dan semua kunci jawaban yang kami bagikan tersebut tentunya sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan yang ada pada buku pelajaran. Nah silahkan teman-teman lihat kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 163, 164.

Yuk teman-teman saling berbagi kunci jawaban ini pada teman lainnya dengan cara bagikan artikel ini ke sosial media teman-teman atau group chatingan. Dengan itu akan lebih banyak lagi yang terbantu dengan adanya kunci jawaban ini. Pertanyaan dan saran atai reques silahkan sampaikan pada kami melalui komentar atau laman contat, terima kasih.