Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 4, 5 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4  Kelas 6 Halaman 4, 5 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 1 Halaman 4, 5 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru ini akan menjadi solusi untuk teman-teman semuanya dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tak lama lagi akan di kumpulkan untuk di nilai guru masing-maisng. Nah kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman menyelesaikan tugas sekolah tersebut.

Pada postingan kami yang lalu, kami juga sudah berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2. Teman-teman tentunya juga sudah melihat kunci jawaban tersebut, dan mungkin sudah mendapatkan nilai dari tugas yang sudah dikumpukan. Kami berharap nilai yang di dapat akan bagus dari tugas sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 4, 5 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Tugas-tugas yang diberikan oleh guru sudah menjadi tanggung jawab teman-teman semuanya untuk mengerjakan dan mengumpulkannya. Dari tugas yang di kumpulkan inilah seorang guru dapat meilai kemampuan dan pemahaman teman-teman semua terhadap materi ajar yang sudah di pelajari. Dan nilai yang di dapatpun dijadikan nilai tambahan untuk nanti di tambahkan pada nilai akhir semester di raport, jadi jangan teman-teman sia-siakan tugas ini, kerjakan dan kumpulkan.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Pada halaman 4, 5 ini materi-materi serta soal-soal latihan yang akan di bahas atau di pelajari oleh teman-teman semua ialah tentang kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Setelah membaca dan mempelajari materi ajar teman-teman akan mengerjakan soal-soal latihan yang tentunya juga berkaitan dengan materi yang sudah di pelajari. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan teman-tema lihat pembahasan materi, soal-soal dan kunci jawaban yang sudha kami siapkan berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 4, 5

Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya dengan negara-negara ASEAN?

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 4, 5 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan acara makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri. Tampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagai negara lain.

Tentu saja berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. “It’s for you, a souvenir from Indonesia”, kata Daeng Udjo sang komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

Cermati pertanyaan berikut berdasarkan artikel berita tersebut

1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini?
Bentuk kerja sama Indonesia dengan negara Asia Tenggara yaitu :
  • Kerja sama regional merupakan suatu kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu wilayah yang memiliki tujuan sama. Kerja sama ini mencakup pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Contohnya adalah ASEAN.
  • Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang dilakukan oleh dua negara kerja sama ini mencakup pada bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Kerja sama bilateral untuk menyelesaikan masalah dan perdamaian. Contohnya adalah usaha yang dilakukan untuk penghentian penyelundupan di daerah perbatasan Indonesia Timur dan Malaysia.
  • Kerja sama multilateral merupakan kerjasama yang dilakukan dan memiliki anggota lebih dari dua negara. Contoh kerja sama ini adalah PBB.
2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?
Peran Indonesia dalam kerja sama tersebut ialah:
  • Salah Satu Negara Pendiri ASEAN
  • Memberikan Gagasan Dalam Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN
  • Memberikan Gagasan Dalam Menghormati dan Melindungi HAM
  • Khazanah Budaya Indonesia Adalah Bagian Dari Kebudayaan ASEAN
  • Mendukung Terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN
  • Merupakan anggota dari ASEAN
3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?
Peran angklung dalam acara tersebut adalah sebagai media penyambutan atau pengiring. Angklung sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif sehingga pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses.
Tugas Mandiri
Carilah informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial dan budaya yang dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Kamu bisa mencari informasi tersebut di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, atau artikel-artikel berita di media elektronik.
Tuliskan informasi yang kamu dapat dalam diagram berikut!

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara
di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 4, 5 Buku Tematik Kurikulum 2013 Revisi
Pembahasan jawaban:
Kerja sama antar negara ASEAN di bidang sosial dan budaya antara lain bisa mengadakan kegiatan pesta olahraga antar negara di Asia tenggara Seperti Sea Games. Sesuai dengan Deklarasi kesepakatan ASEAN  ditetapkan kerja sama yang lebih bai untuk bidang berikut ini.

A. Sosial
Kerja sama di bidang sosial meliputi :
Bidang pembangunan sosial dengan menekan pada kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) yang wajar.
Bantuan terutama kepada kaum wanita, dan pemuda dalam usaha usaha pembangunan.
Menanggulangi masalah masalah perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan badan internasional yang bersangkutan.
Pengembangan sumber daya manusia peningkatan kesejahteraan

B. Kebudayaan dan Penerangan
Kerja sama di bidang kebudayaan dan penerangan meliputi bantuan kepada para cendekiawan, penulis, artis, dan media massa yang memungkinkan mereka memainkan peranan yang lebih aktif dalam menumpuk rasa kepribadian dan persahabatan regional. Pertukaran atau festival kebudayaan, kesenian dan film.
Perkenalan ASEAN dan negara negara anggotanya melalui sekolah sekolah dan lembaga lembaga pendidikan. Menyebarluaskan pengkajian masalah masalah asia tenggara melalui kerja sama yang lebih erat antara lembaga-lembaga nasional.
Kerja sama ASEAN dalam bidang sosial budaya dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup dengan melibatkan pertisipasi aktif  dan semua kalangan terutama wanita, pemuda dan komunitas lokal. Kerja sama ini antara lain dalam bidang kesehatan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan budaya dan penanganan masalah sosial.
Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 7, 8. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 4, 5. Semoga dengan kami berbagi kunci jawaban ini bisa meringankan beban teman-teman yang memang sangat kesulitan dalam mencari kunci jawabannya. Dan semoga nilai yang teman-teman dapatpun akan jauh lebih baik lagi dari tugas-tugas sebelumnya.

Jika menurut teman-teman dengan adanya kunci jawaban ini bisa membantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, bantu juga kami untuk berbagi kunci jawaban kepada yang lainnya yang juga membutuhkan kunci jawaban seperti ini. Jika ada pertanyaan terkait kunci jawaban ini, silahkan sampaikan pada kami melalui laman contact, atau tinggalkan komentar langsung, terima kasih.