Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2 - Kunci Jawaban  Soal-soal Latihan Buku Siswa Tematik Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 1 Halaman 1, 2 Semester 1 Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru yang kami bagikan ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas Sekolah yang diberikan oleh Guru. Kunci jawaban yang kami bagikan ini sudah berdasarkan materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Pada postingan kami sebelumnya kami juga sudah berbagi Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 3 yang mungkin juga sudah teman-teman lihat dan gunakan untuk menyelesaikan atau mengisi soal-soal latihan pada Tema 3. Semoga nilai yang teman-teman dapat dari tugas yang sudah dikumpulkanpun bagus atau lebih baik lagi dari nilai sebelumnya.


Mengerjakan tugas-tugas Sekolah yang diberikan oleh Guru sudah menjadi tanggung jawab teman-teman semua. Tugas yang diberikan akan menjadi salah satu penilaian Guru untuk menilai pemahaman teman-teman terkait materi yang telah diajarkan. Selain itu nilai dari tugas-tugas harian ini akan menjadi nilai tambah buat teman-teman semuanya. Maka dari itu berlombalah untuk bisa mendapatkan nilai terbaik di setiap tugas yang diberikan Guru.

Lihat juga:
Seperti yang sering kami sampaikan pada tiap postingan kami bahwa kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 ini dengan maksud dan tujuan untuk membantu teman-teman semua menyelesaikan atau mengerjakan tugas-tugas Sekolah. Kunci jawaban pada Tema 4 kelas 6 ini tentunya kami bagikan lengkap untuk teman-teman semua. Nah untuk melihat semua kunci jawabannya, silahkan teman-teman lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6.

Untuk tugas di halaman 1, 2 ini materi-materi ajar yang akan teman-teman pelajari ialah tentang Globalisasi. Mengidentifikasi produk-produk yang dihasilkan dari berbagai negara. Nah untuk lebih jelas silahkan teman-teman lihat pembahasan materi-materi, soal-soal latihan serta kunci jawabannya di bawah ini.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 1, 2

Kita berada di era globalisasi. Dapatkah kamu menyebutkan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi yang ada di sekitarmu?
Berikut adalah contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari atau yang ada di sekitar kita:
  • Banyak produk asing beredar di Indonesia mulai dari busana, alat elektronik, hingga makanan. 
  • Banyak pasar swalayan atau supermarket menggantikan pasar tradisional.
  • Pergantian tenaga manusia dengan tenaga mesin misalnya buruh – buruh pabrik telah digantikan oleh mesin – mesin yang lebih efisien. 
  • Jual beli online terus berkembang sehingga jual beli tidak hanya di lakukan di pasar. 
  • Meningkatnya penggunaan gadget karena gadget mampu menawarkan berbagai fitur yang membuat segala hal lebih efektif dan efisien.
  • Teknologi terbaru bisa diakses semua orang seperti video call, email, sosial media, bukan lagi hal asing bagi masyarakat. 
  • Pandangan baru terhadap etos kerja yang lebih disiplin
  • Banyak tenaga ahli dalam dunia kerja Indonesia
  • Mode busana yang terpengaruh bangsa lain seperti halnya Paris, Milan, dan Tokyo. 
  • Terjadi pertukaran budaya internasional seperti K-POP dan budaya hip hop dari barat. 
  • Peran wanita yang mulai sejajar dengan pria sehingga wanita bisa bekerja di setiap bidang yang dikerjakan oleh pria.
  • Persebaran informasi yang sangat cepat sehingga banyak sekali hal kecil yang bisa merajalela atau viral di dunia maya. 
  • Dibentuknya Perserikatan Bangsa Bangsa yang menjadi wadah yang memungkinkan proses globalisasi berjalan lancar.
  • Pemerintah lebih terbuka dan demokratis mulai dari pemerintahan desa hingga pemerintahan pusat.
  • Masuknya ideologi-ideologi asing sehingga kita harus berpegang teguh pada pancasila.
  • Banyak bahasa asing yang dipelajari di Indonesia seperti bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Jerman, Arab, dan Rusia.
Ayo Mengamati
Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga makanan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Lengkapi tabel di atas berdasarkan peta dunia berikut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Diskusikan bersama teman tentang beragam hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang globalisasi. Tuliskan pada kolom berikut!
Hal-hal yang ingin kami ketahui lebih lanjut tentang Globalisasi ialah:
  • Apa yang dimaksud dengan Globalisasi?
  • Mengapa Globalisasi terjadi?
  • Apa dampak negatif dan dampak positif dari Globalisasi ini?
Pada era globalisasi ini Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara lain, termasuk dengan negara-negara ASEAN.

Pada postingan kami selanjutnya, kami juga masih berbagi kunci jawaban kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku. Nah silahkan teman-teman lihat juga kunci jawaban selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 4 kelas 6 Halaman 4, 5. Kunci jawaban tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal latihan pada buku pelajaran.

Sekian artikel kami terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 2. Kami berharap semoga dengan adanya kunci jawaban ini bisa menjadi solusi untuk teman-teman semuanya dalam menyelesaikan atau mengisi jawaban dari soal-soal latihan yang ada pada Buku Siswa. Dan semoga nilai yang teman-teman dapatpun bisa bagus dari tugas-tugas sebelumnya.

Jika teman-teman rasa kunci jawaban ini membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas Sekolah, jangan lupa ya teman-teman untuk berbagi juga pada teman-teman sekelas lainnya yang juga membutuhkan kunci jawaban seperti ini, agar semakin banyak yang terbantu. Jika teman-teman memiliki pertanyaan seputar konten pada blog ini silahkan sampaikan melalui komentar atau halaman contact, terima kasih.