Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Nilai UAS UT (Universitas Terbuka) Pendas dan Non Pendas Terbaru

Cek Nilai UAS UT - Bagi Anda yang berkuliah di Universitas Terbuka, tidak terasa akan memasuki semester baru lagi. Atau bahkan sekarang Anda sudah berada di semester akhir. Perjuangan pada semester sebelumnya sudah Anda lewati dan tentunya, besar sekali harapan agar bisa mendapatkan nilai yang bugus.

Bicara masalah nilai, Anda tahu bahwa di Universitas Terbuka, untuk melihat nilai semester itu bisa dilakukan secara mandiri, Anda bisa melihat nilai semester secara online di situs UT. Namun tentunya jika Anda yang baru pertama kali melihat nilai Anda secara online akan sedikit kebingungan, tenang disini kami akan memandu Anda.

Tidak hanya memandu Anda untuk melihat nilai UAS UT secara online, disini kami juga akan memandu Anda untuk mencetak lembar LKAM (Lembar Kemajuan Akaedmik Mahasiswa Aktif). Nah terus apa bedanya mengecek nilai UT secara online dan mencetak LKAM.

Sebenarnya sama saja, melihat nilai UAS UT secara online dengan mencetak lembar LKAM, yang membedakannya adalah, jika Anda mencetak lembar LKAM, Anda akan melihat rekapan keseluruhan nilai semester Anda dan IPK terakhir, sedangkan jika Anda hanya melihat nilai secara online di situs UT, itu tidak terdapat rekapan nilai dan IPK keseluruhan, Anda harus menghitung secara manual.
Baca Juga :Biaya Kuliah di Universitas Terbuka
Jadi saran kami, alangkah lebih baiknya jika Anda mencetak lembar LKAM (Lembar Kemajuan Akaedmik Mahasiswa Aktif). Kami sudah memaparkan tutorialnya di bawah ini, silahkan disimak.

Nilai Ujian Universitas Terbuka 2018.1

Cara Melihat Nilai UAS UT Secara Online

Untuk melihat nilai UAS di situs UT sangatlah mudah, yang perlu Anda perhatikan yaitu, pastikan PC, Laptop atau Handphone Anda terkoneksi dengan internet, Anda harus tahu NIM (Nomor Induk Mahasiswa) Anda, dan Tanggal lahir Anda, berikut langkah-langkah untuk login dan melihat nilai UAS UT.

#1. Langkah pertama, silahkan Anda klik link dibawah ini:

Link : http://www.ut.ac.id/nilaimatakuliah

Setelah mengklik link di atas, Anda akan di arahkan pada tampilan awal situs, pilih dan klik sesuai dengan jurusan kuliah Anda.

Cek Nilai Universitas Terbuka

Setelah itu Anda akan di hadapkan pada form tampilan login untuk melihat nilai UAS, lihat gambar di bawah ini.

Cek Nilai Ujian UAS Universitas Terbuka

#2. Pada form pertama, silahkan masukan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) Anda, dan pada form yang kedua, silahkan Anda masukan tanggal lahir lengkap Anda (dd/mm/yyyy), kemudian klik menu Tampilkan.

Bagaimana, sangat mudah bukan! Untuk melihat nilai pada semester terakhir, biasanya ada pada bagian bawah, jika nilai Anda belum keluar, kemungkinan memang nilai belum di publish oleh admin pusat atau nilai mata kuliah tersebut bermasalah.

Cara Cetak Lembar LKAM UT Secara Online

Seperti yang telah kami utarakan di awal artikel ini, melihat nilai di situs UT dan mencetak LKAM Mahasiswa itu berbeda, kami telah menyarankan untuk Anda untuk mencetak LKAM Mahasiswa, agar Anda bisa melihat rekapan nilai dan IPK Anda langsung.

Untuk mencetak LKAM Mahasiswa sangatlah mudah, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

#1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs Hallo UT, klik link di bawah ini:

Link : http://www.hallo-ut.ut.ac.id

Kemudian pilih dan klik menu Ticket, Anda akan di arahkan pada form Ticket, Lihat gambar di bawah ini.


#2. Selanjutnya isikan form Ticket Anda dengan lengkap.
  1. Nama Lengkap* : pada form ini masukan nama lengkap Anda.
  2. Email* : pada form ini masukan email Anda, pastikan email ini aktif bisa dibuka (login).
  3. NIM* : pada form ini masukan dengan benar NIM (Nomor Induk Mahasiswa) Anda.
  4. No HP* : form ini masukan nomor HP aktif Anda
  5. Topik* : pilih LKAM
  6. Priority* : pilih Medium
  7. Subject* : pada form ini tulis dengan subject (Cetak LKAM)
  8. Description* : dan pada form ini masukan saja deskripsi (Mohon diinformasikan untuk LKAM atas NIM ***** , terima kasih)
  9. Attachment : Kosongkan saja
Jangan lupa juga untuk mencheklist CAPTCHA pada bagian bawah jika diminta.
Terakhir, klik menu Kirim.

Sampai disini, itu artinya Ticket Anda sudah berhasil dibuat dan dikirim.

Yang perlu Anda ketahui bahwa Ticket ini akan dikirim ke Admin, dan LKAM Anda akan di unduh oleh Admin dan kemudian akan dikirimkan dalam bentuk file ke email aktif Anda yang Anda masukan pada saat pembuatan Ticket pada form.

Biasanya Ticket Anda akan di balas kurang lebih 1 x 24 Jam, pada hari kerja, jadi Anda harus menunggu untuk mendapatkan LKAM Anda yang akan dikirimkan ke email.

File Excel Untuk Menghitung IPK Keseluruhan

Selain dua cara di atas, kami juga telah menyiapkan file dokumen Excel (rumus) untuk menghitung keseluruhan nilai semester, rekapan IPK semester dan menghitung rekapan keseluruhan IPK.

Hal ini kami rasa perlu untuk dibagikan pada Anda Mahasiswa guna untuk memudahkan Anda dalam menghitung nilai dan capaian target IPK yang ingin Anda capai.

Untuk mendownload filenya, silahkan Anda klik link di bawah ini:
Perhatikan, bagian rumus yang ada pada cell dokumen Excel jangan sampai di hapus bagian yang ada rumusnya, silahkan Anda edit sesuai kebutuhan Anda.
Baca Juga :Jurusan Kuliah di Universitas Terbuka

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas terkait, cara melihat nilai UAS UT maupun cara mencetak lembar LKAM Mahasiswa, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika kemungkinan Anda mengalami masalah.
  • Jika Anda tidak bisa login di situs UT untuk melihat nilai UAS Anda, kemungkinan permasalahannya adalah Anda salah menginput NIM atau tanggal lahir Anda, silahkan cek kembali, atau;
  • Jika masih tidak bisa login, kemungkinan server situs sedang mengalami over trafik, sehingga susah untuk di akses, silahkan login pada jam-jam sepi pengguna;
  • Untuk LKAM, jika Anda tidak menerima email balasan, kemungkinan Anda, salah memasukan NIM atau email Anda, silahkan buat Ticket baru lagi, dan pastikan alamat email dan NIM yang Anda input benar.
Sekian artikel kami terkait cara melihat nilai UAS UT secara online dan cara cetak lembar LKAM Mahasiswa UT, semoga artikel ini membantu Anda.

Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat, dan jika Anda mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan Anda di kotak komentar, atau hubungi kami di halaman contact, terim kasih.