Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74 - Kunci jawaban buku tematik siswa kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah pembelajaran 4 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan ini bisa adik-adik jadikan alternatif jawaban untuk mengerjakan atau mengisi jawaban dari soal-soal latihan pada buku pelajaraan. Dengan adanya kunci jawaban ini semoga bisa membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah.

Pada postingan kami yang lalu kami juga sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 4 kelas 3, yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 69, 70, 71. Mungkin adik-adik juga sudah melihat kunci jawaban tersebut dan menggunakannya untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Semoga nilai yang di dapat adik-adik dari tugas yang dikumpulkan bagus dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74

Tema 4 yang di pelajari pada kelas 3 ini merupakan buku tema terkahir yang di pelajari pada semester 1. Setelah selesai menuntaskan pembelajaran pada tema 4 ini adik-adik akan mempersiapkan diri mengikuti ulangan akhir semester. Maka dari itu jadikan juga soal-soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar di rumah.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 yang kami ulas dan bagikan kepada adik-adik semua pada blog ini kami buat berdasarkan pemahaman kami dari materi-materi ajar dan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa tematik kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Namun berpesan untuk adik-adik agar tidak ketergantungan dengan kunci jawaban yang kami bagikan ini, jika soal-soal latihan bisa di jawab sendiri, silahkan gunakan jawaban sendiri. Untuk melihat semua kunci jawaban untuk Tema 4 Kelas 3, silahkan adik-adik buka artikel kami Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi.

Pada tugas kali ini, adik-adik akan menulis manfaat dari kegiatan yang dilakukan. Materi pembelajaran ini sudah adik-adik pelajari sebelumnya. Nah berikut ini kami sudah mempersiapkan materi, soal dan kunci jawabannya yang bisa adik-adik jadikan acuan jawaban.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74

Ayo Mengamati
Kamu memiliki hak belajar di lingkungan sekolah yang sehat.
Diskusikan dengan temanmu kewajiban dan hak di lingkungan sekolah yang sehat!
Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74

Ayo Bercerita
Amati kewajiban dan hak yang kamu tulis pada tabel.
Ceritakan pengalamanmu melaksanakan salah satu kewajiban dan hak!

Salah satu kewajiban siswa di sekolah adalah menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan melaksanakan piket kelas secara rutin. Regu piket bertugas membersihkan dan merapikan ruang kelas dan lingkungan sekitarnya.

Lingkungan kelas yang bersih dan sehat membuat kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Selain itu dengan lingkungan sekolah yang sehat siswa dapat menikmati udara segar yang sangat baik bagi kesehatan.

Ayo Berlatih
Berikut ini gambar cara mengisi waktu luang di lingkungan sekolah yang sehat.
Tunjuk satu kegiatan yang paling kamu sukai! Tuliskan manfaatnya untuk kesehatanmu!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74

Kegiatan 1 :
Nama Kegiatan : Bermain lompat tali.
Manfaatnya :
Bermain lompat tali merupakan suatu kegiatan yang baik bagi tubuh. Secara fisik anak jadi lebih terampil, karena bisa belajar cara dan teknik melompat.
Membantu menurunkan berat badan
Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Ayo Mencoba
Lakukanlah hal-hal berikut ini!
  • Lihat kembali kegiatan pilihanmu sebelum ini!
  • Sebutkan bagian tubuh mana saja yang bergerak!
  • Apa gunanya gerakan itu bagi kesehatanmu?
  • Ceritakan manfaat dari kegiatan tersebut di depan kelas!
Lompat tali merupakan salah satu permainan sederhana. Permainan lompat tali dilakukan secara berkelompok. Salah satu gerakan dalam lompat tali adalah gerakan meloncat tali.

Olahraga lompat tali dilakukan dengan melibatkan berbagai otot tubuh diantaranya, otot lengan, bahu, dada, betis dan otot lutut. Lompat tali adalah salah satu latihan yang dapat melatih otot bagian atas dan bagian bawah tubuh secara bersamaan.

Selain membentuk banyak otot tubuh bagian atas dan bawah, manfaat lompat tali juga menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi, serta meningkatkan kebugaran.

Kegiatan 2 :
Nama Kegiatan : Bermain Sepak Bola

Manfaatnya :
  • Peningkatan daya tahan sehingga tidak akan mudah lesu atau lelah. 
  • Membangun dan membentuk otot sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. 
  • Dengan otot yang lebih kuat, hal ini juga akan membantu mengurangi risiko cedera. 
  • Bermain sepakbola dapat membangun rasa percaya diri untuk anak-anak dan meningkatkan kebugaran.
Sepak bola adalah salah satu olahraga permainan yang paling banyak digemari dan selalu menjadi perhatian banyak orang. Selain menarik untuk ditonton, banyak orang yang juga lebih memilih untuk terlibat langsung bermain dalam olahraga ini.

Bermain sepak bola dapat membantu membangun otot dan memperkuat otot-otot kaki, paha, perut, dan dada.

Manfaat bermain sepak bola bagi kesehatan antara lain seperti peningkatan daya tahan sehingga tidak akan mudah lesu atau lelah. Membangun dan membentuk otot adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Dengan otot yang lebih kuat, hal ini juga akan membantu mengurangi risiko cedera. Bermain sepakbola dapat membangun rasa percaya diri untuk anak-anak dan meningkatkan kebugaran.

Kegiatan 3 :
Nama Kegiatan : Bermain Engklek
Manfaatnya :
  • Melatih motorik kasar yaitu melatih keaktifan gerak, melenturkan tubuh, melatih ketahanan tubuh.
  • Sarana olahraga yang menyehatkan tubuh. Permainan ini dapat menyehatkan tubuh karena kita dapat melatih pernapasan, melatih ketahanan otot, dan melancarkan peredaran darah.
Engklek adalah permainan anak tradisional yang populer di Indonesia, khususnya dimasyarakat pedesaan. Disetiap wilayahnya dikenal dengan nama yang berbeda. Di jawa permainan ini disebut Engklek dan biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan.

Dalam permainan engklek anak dilatih untuk melompat, berbelok, serta menjaga keseimbangan, dan dapat meninggkatkan kekuatan serta kelenturan otot–otot mereka agar otot mereka tidak kaku dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Permainan engklek ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah melatih motorik kasar. Permainan engklek ini dapat melatih dan meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak, yaitu melatih keaktifan gerak, melenturkan tubuh, melatih ketahanan tubuh.

Permainan engklek juga menjadi sarana olahraga yang menyehatkan tubuh. Permainan ini sekaligus dapat dijadikan olahraga yang menyehatkan tubuh karena kita dapat melatih pernapasan, melatih ketahanan otot, dan melancarkan peredaran darah.

Untuk postingan kami selanjutnya, kami masih berbagi kunci jawaban pada tema 4 kelas 3. Nah silahkan adik-adik lihat kunci jawaban untuk halaman berikutnya pada tema 4 ini, yaitu Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 3 Halaman 76, 77, 78. Kunci jawaban pada halaman tersebutpun kami buat berdasarkan pemahaman sendiri yang mengacu pada materi-materi yang di bahas. Jadi silahkan adik-adik lihat dan jadikan jawaban untuk mengisi soal-soal yang ada.

Sekian ya adik-adik Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 Halaman 72, 73, 74 Kurikulum 2013 Revisi ini. Giatlah belajar di rumah agar nantinya adik-adik punya persiapan untuk ulangan harian dan ulangan semester.

Jangan lupa juga ya adik-adik untuk berbagi kunci jawaban ini kepada teman sekelas lainnya yang juga memerlukan kunci jawaban seperti ini. Caranya cukup adik-adik share atau bagikan saja kunci jawaban ini ya. Nah kalau adik-adik punya pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami ya melalui komentar atau laman kontak, terima kasih.