Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran 2 Halaman 17, 18, 19, 20 Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru kami bagikan untuk teman-teman semua sebagai solusi jawaban dalam mengerjakan soal-soal latihan yang ada pada Buku Siswa.

Sebelum ini kami juga sudah berbagi kunci jawaban untuk Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 yaitu Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 16. Teman-teman juga bisa melihat kunci jawaban tersebut, karena materi pada soal tersebut masih terkait dengan materi pada halaman 17, 18, 19, 20.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20

Kunci jawaban yang kami bagikan ini tentunya sudah sesuai dengan materi dan soal-soal pada Buku Siswa. Jadi silahkan teman-teman gunakan untuk mengisi dan mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru pada buku pelajaran.

Lihat juga:
Kunci Jawaban Tematik SD ini kami bagikan semata-mata untuk membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Teman-teman bisa melihat semua kunci jawaban untuk Tema 5 kelas 6 ini pada artikel kami Kunci Jawaban Tematik Tema 5 kelas 6.

Untuk halaman 17, 18, 19, 20 ini, materi-materi yang di bahas masih berkaitan dengan soal halaman 16, yaitu tentang kemasan, balok atau bangun ruang. Nah untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat materi dan kunci jawabannya langsung berikut ini.

Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20

Pada pembelajaran kali ini, kamu akan mendiskusikan terlebih dahulu tentang kemasan berbentuk balok.
Amati kemasan berbentuk balok yang telah disediakan guru, contohnya seperti gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20

Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk balok di rumah? Sebutkan.
Pernah, kotak sepatu,kardus kulkas,kardus mesin cuci.
Amati kemasan berbentuk balok yang telah disediakan guru. Apakah kamu menemukan ciri-ciri khusus pada balok tersebut? Tuliskan.
  • Memiliki 12 rusuk
  • Mempunyai 6 bidang sisi. Permukaan atau sisi yang memiliki ukuran yang sama yaitu, sisi depan dan belaang. Sisi atas dan sisi bawah, sisi kiri dan sisi kanan.
  • Mempunyai 8 titik sudut.
  • Seluruh sudut pada balok berbentuk siku-siku.
  • Mempunyai 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang.
Sekarang, buka balok tersebut sehingga menjadi bangun datar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20

Amati balok yang telah kamu buka. Apakah kamu menemukan ciri khusus yang lain? Tuliskan.
Ciri Khusus Balok
Bangun ruang merupakan sebutan bagi bangun-bangun tiga dimensi yang mempunyai ruang serta sisi-sisi yang membatasinya. Macam macam bangun ruang meliputi Kubus, Balok, Prisma, Tabung, Kerucut, Limas (limas segitiga dan limas segiempat) dan Bola. Tiap tiap bangun ruang ini mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda. Karena bentuk serta jumlah rusuk berbeda maka masing-masing bangun ruang mempunyai ciri dan sifat-sifatnya sendiri. Balok memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan bangun ruang yang lain.
Diskusikan hasil temuanmu dalam kelompok.
Sekarang, bandingkan kemasan yang telah kamu buka tadi dengan gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20 Kurikulum 2013

Kemudian, bandingkan jaring-jaring kemasan yang telah kamu buka dengan jaring-jaring berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20 Kurikulum 2013

Jawab pertanyaan berikut.

1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada balok?
6
2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada balok?
12
3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada balok?
8
4. Berapa banyak diagonal sisi (bidang) yang terdapat pada balok?
12
5. Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok?
3
Isilah diagram frayer tentang balok berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20 Kurikulum 2013

Ciri-ciri Balok
- Mempunyai 12 rusuk
- 6 bidang sisi - 8 titik sudut
- Semua sudut siku-siku
- 4 diagonal ruang
- 12 diagonal bidang
Balok adalah
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, minimal satu pasang di antaranya mempunyai ukuran yang berbeda.
Itulah pembahasan materi, soal dan kunci jawaban yang dapat kami bagikan kepada teman-teman sekalian terkait Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 17, 18, 19, 20. Semoga dengan adanya kunci jawaban di atas bisa memberikan kemudahan untuk teman-teman dalam mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh guru pada buku pelajaran.

Selanjutnya, kami juga berbagi kunci jawaban untuk halaman berikutnya, mungkin teman-teman juga membutuhkan Kunci Jawaban Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 21, 22.

Teman-teman jangan lupa ya untuk berbagi kunci jawaban ini kepada yang lainnya dengan cara share atau bagikan artikel ini agar yang lainnya juga bisa terbantu. Jika teman-teman ada pertanyaan atau ingin reques kunci jawaban lainya, silahkan sampaikan pada kolom komentar, atau halaman Contact, terima kasih.