Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 3 Perubahan Wujud Benda Pembelajaran 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 yang kami bagikan ini kami buat berdasarkan materi ajar pada buku siswa. jadi tentunya jawaban sudah sesuai dengan soal, tinggal adik-adik periksa saja, siapa tahu ada yang keliru dengan soalnya.

Pada postingan kami sebelumnya, kamipun sudah berbagi kunci jawaban untuk tema 3 kelas 3 subtema 3, yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 160, 161. Yang mungkin juga sudah adik-adik lihat dan jadikan jawaban untuk tugas sebelumnya. Semoga nilai yang adik-adik dapatkan bisa bagus ya. Sehingga bisa menjadikan nilai tambahan untuk adik-adik nantinya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163

Semua kunci jawaban ini kami siapkan untuk adik-adik semua yang sedang sibuk-sibuknya mengerjakan soal-soal latihan pada buku pelajaran atau buku siswa tematik. Karena kami juga tahu di buku tematik kurikulum 2013 ini, memang sebagian kunci jawaban tidak ada jawabannya pada materi di buku. Adik-adik harus mandiri mencari jawaban di luar buku. Maka dari itu, kami disini berbagi kunci jawaban, semoga saja dengan jawaban yang kami bagikan ini dapat menghemat waktu adik-adik dalam mencari jawaban.

Lihat juga:
Tugas-tugas yang ada pada buku tematik tema 3 kelas 3 tidak hanya tentang soal-soal latihan saja, namun adik-adik akan menemukan atau menjumpai tugas lainnya seperti tugas percobaan, membuat karya, mewarnai dan lain sebagainya. Kami berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 ini sudah lengkap untuk semua jenis tugas yang ada pada buku pelajaran siswa. Adik-adik bisa menjadikan jawaban tersebut sebagai acuan atau alternatif jawabannya. Nah untuk melihat semua kunci jawaban pada tema 3 kelas 3, silahkan adik-adik lihat pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi.

Materi pada halaman 162, 163 ini yang antinya akan adik-adik pelajari yaitu terkait kegiatan praktek membuat sebuah makanan. Dimana nantinya adik-adik akan membuat sebuah kelompok dan menentukan jenis makanan atau minuman untuk dijadikan sebuah usaha. Seperti biasanya, kami disini juga sudah memaparkan jawaban dari tugas ini, untuk lebih jelasnya, silahkan adik-adik simak langsung.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163

Ayo Berdiskusi

Perubahan wujud benda yang terjadi merupakan perubahan alami di sekitarmu. Hal ini merupakan karunia Tuhan yang Maha Kuasa yang harus disyukuri.

Sifat perubahan wujud dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk makanan dan minuman.
Kerjakan bersama kelompokmu. Pilihlah satu produk makanan atau minuman yang pembuatannya mengalami perubahan wujud. Kamu dapat memperkenalkan produk makanan dan minuman pilihan kelompokmu. Lakukan pada esok hari.

Ikutilah langkah-langkah berikut
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang siswa.
2. Bagilah tugas tiap-tiap anggota kelompok! Tuliskan di kotak yang tersedia!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163

3. Tentukan jenis makanan atau minuman yang akan diteliti!
Agar-Agar Lumut.

4. Carilah informasi tentang makanan atau minuman tersebut. Seperti bahan yang digunakan, cara memasak, dan perubahan wujud yang terjadi.

A. Alat dan Bahan
  • Kompor
  • Panci
  • Sendok
  • Loyang
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 700 ml air
  • 150 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sdt pasta pandan
  • 2 sdm santan kara
B. Cara Membuat Agar – Agar Lumut
  • Campur agar – agar, gula pasir dan air lalu nyalakan kompor dengan api sedang, aduk gula sampai larut.
  • Dalam wadah lain kocok lepas telur, masukan santan dan pasta pandan aduk rata.
  • Jika air agar – agar sudah mendidih dan sudah mulai mengental, tuangkan campuran telur dan santan aduk cepat dengan sendok sayur.
  • Aduk perlahan sampai mendidih, begitu mendidih matikan api, tuang ke loyang, dinginkan, potong-potong.
C. Perubahan Wujud
Perubahan wujud yang terjadi pada proses pembuatan agar-agar adalah membeku yaitu perubahan wujud benda dari cair menjadi padat.

5. Lengkapilah dengan gambarnya. Carilah gambar dari majalah, koran, atau internet.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163

6. Lakukan kegiatan ini di rumah. Salinlah informasi yang didapat di kertas!

Selain kunci jawaban di atas, kami juga tentunya akan memposting kunci jawaban untuk halaman tugas berikutnya pada buku tema 3 kelas 3. Dimana seperti yang sering kami jelaskan kepada adik-adik sekalian, bahwa kunci jawaban yang kami buat ini sudah berdasarkan materi-materi yang ada pada buku tematik siswa. Nah untuk melihat kunci jawaban pada halaman berikutnya, silahkan adik-adik buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 165, 166, 167.

Nah itulah adik-adik semua, yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 162, 163 Kurikulum 2013 Revisi. Manfaatkan juga kunci jawaban di atas sebagai bahan untuk belajar mandiri di rumah. Persiapkan dan bekali diri adik-adik untuk menghadapi ulangan harian dan ulangan semester nantinya.

Kunci jawaban di atas memang akan membantu adik-adik dalam mengisi soal-soal latihan yang ada pada buku siswa atau buku pelajaran. Apalagi jika soal-soalnya cukup sulit, adik-adik bisa belajar juga dari kunci jawabannya. Kami juga mengajak adik-adik untuk bisa berbagi kepada teman sekelas lainnnya, yang juga sangat membutuhkan kunci jawaban seperti ini, terima kasih.